Hobbies - 19 February 2021

5 Hobi Baru yang Seru dan Harus Teman iStyle Coba di Tahun Ini

Berlin Belladina - 19 February 2021
5 Hobi Baru yang Seru dan Harus Teman iStyle Coba di Tahun Ini

Bosan melakukan hal yang itu-itu saja, Teman iStyle? Mungkin ini saatnya bagi kita untuk mulai berani mencoba hal-hal baru yang bisa bikin hari-hari kita jadi tambah seru di tahun ini. Walaupun lebih banyak menghabiskan waktu di rumah, bukan berarti kita boleh bermalas-malasan begitu saja. Kita tetap butuh rutinitas harian untuk menjaga kesehatan mental kita tetap baik dan justru ini waktu yang tepat bagi kita untuk eksplor kegiatan yang selama ini ingin kita coba tapi belum punya waktu dan kesempatan.

Hobi-hobi berikut ini bisa kita coba lakukan di rumah dan diharapkan bisa membuat hari kita makin exciting dan pastinya terhindar dari stres. Kamu mau coba yang mana nih, Teman iStyle?

  1. Bermain Gitar

Selain mendengarkan musik, belajar bermain alat musik pun termasuk dalam terapi musik yang gak cuma fun tapi juga memiliki banyak manfaat kesehatan baik untuk fisik maupun mental kita, Teman iStyle. “Duh tapi nanti jarinya kapalan deh kalau baru belajar gitar?” Mungkin kecemasan itu memang betul, tapi semua pengorbanan itu gak bakal sia-sia karena manfaatnya jauh lebih besar. Bermain gitar bisa melatih konsentrasi kita, mempertajam daya ingat, melatih koordinasi mata dan jari, serta meningkatkan kepercayaan diri. Agar manfaat kesehatannya lebih terasa, jangan cuma duduk santai, bermain gitar dengan cara berdiri yang benar bisa membakar kalori dan memperkuat lengan kita. Seiring waktu, tidak hanya kita makin jago memainkan lagu-lagu favorit, tapi fleksibilitas tangan terutama jari juga akan terasah, begitu pun pergelangan dan tulang bahu yang terlatih makin kuat. Tapi manfaat terbesar dari bermain gitar dan alat musik lainnya adalah melepas stres. Sesi bermain gitar selama 15 menit saja sudah cukup untuk membangkitkan mood lagi dan menghilangkan rasa cemas, so say goodbye to anxiety!

  1. Baca Buku untuk Belajar Ilmu Baru

Daripada hanya menghabiskan waktu untuk scrolling media sosial, sepertinya kita perlu deh menyisihkan waktu untuk lepas sebentar dari gadget dan membaca buku dalam bentuk fisik untuk menenangkan pikiran sekaligus melatih lebih fokus. Selain novel dan buku fiksi, yang juga seru dibaca adalah buku-buku yang memberikan informasi dan ilmu baru seperti koleksi buku For Dummies yang menjelaskan berbagai topik dengan cara yang mudah dipahami dan tak membosankan untuk dibaca. Kita tinggal memilih nih mau belajar tentang apa, dari mulai bahasa asing, bisnis, ilmu sosial, ilmu ekonomi, sains, hingga ilmu-ilmu yang sangat relevan di zaman sekarang seperti Social Media Marketing, dan YouTube Marketing bisa kita pelajari lewat koleksi buku ini.

  1. Belajar Merajut

Kegiatan merajut mungkin sebelumnya lebih identik dengan kegiatan yang dilakukan nenek-nenek, tapi pada perkembangannya makin banyak orang dari berbagai lapisan umur dan gender yang tertarik menekuni kegiatan ini karena memang menyenangkan. Selain untuk mengekspresikan kreativitas, kegiatan merajut juga sangat membantu sebagai latihan otak dan mental sekaligus mampu meredakan stres. Duduk merajut dengan konsentrasi penuh dan gerakan tangan yang ritmis mampu menurunkan denyut jantung dan tekanan darah kita yang juga bermanfaat saat kita merasakan emosi yang membuat tubuh kita menegang atau ketika kita merasa rasa cemas dan depresi mulai mendatangi kita. Gak perlu takut mencoba walau belum pernah merajut sekalipun karena kita bisa belajar sendiri lewat buku-buku panduan merajut yang sudah banyak diterbitkan di pasaran.

  1. Bermain Kartu Pokemon

“Hah? Main kartu Pokemon? Itu bukannya buat anak-anak ya?” Eits, kata siapa? Bermain permainan kartu koleksi seperti Pokemon Trading Card Game bisa untuk semua umur dan gender lho. Selain memang seru, bermain kartu Pokemon juga punya banyak manfaat mulai dari melatih skill menghitung cepat untuk anak-anak dan orang dewasa sampai berpikir kritis. Setiap kartu punya instruksi masing-masing yang harus kita baca dan perhatikan untuk memenangkan permainan, hal ini melatih kemampuan analisa kita, belajar membuat strategi ke depan, melatih kesabaran, sekaligus membuat kita terbiasa dengan bermain sportif, jujur, dan kemampuan sosial lainnya sejak usia dini. Tapi, walaupun tidak dimainkan, mengoleksi kartu Pokemon dengan mengumpulkannya di album khusus bisa menjadi kegiatan seru karena artwork-nya penuh dengan karakter yang imut dari Pikachu dan semua teman-temannya. It’s so fun!

  1. Belajar Bikin Kue dan Roti

Belajar bikin kue alias baking bisa jadi salah satu kegiatan menyenangkan di rumah karena selain hasilnya bisa dinikmati bersama orang tersayang, kegiatan ini juga punya banyak manfaat positif untuk kesehatan mental kita, Teman iStyle. Setiap kegiatan yang membutuhkan fokus penuh, walau terdengar simple dan repetitif, punya efek menenangkan yang sama seperti kalau kita bermeditasi. Proses membuat kue dari mulai menimbang bahan, mengaduk adonan, menghias, dan segala proses lainnya membantu pikiran kita fokus, mengusir pikiran negatif, mengasah kreativitas, dan akhirnya menimbulkan perasaan bahagia saat kue kita selesai dan hasilnya memuaskan. Jadi, jangan ragu untuk mulai belajar membuat kue dari resep yang sederhana terlebih dahulu. Biar makin semangat, kamu bisa nih membeli berbagai perangkat memanggang menarik di iStyle.id. Berawal dari hobi iseng-iseng, siapa tahu baking bisa menjadi peluang bisnis baru kamu di tahun ini. Berani coba?

 

Comments

You must Register or Login to post a comment.