K-Pop Zone - 04 December 2023

Album K-Pop yang Masuk List PopCrush 30 Album Terbaik 2023

Rafa Syawalia R - 04 December 2023
Album K-Pop yang Masuk List PopCrush 30 Album Terbaik 2023

Tahun 2023 hampir berakhir, jadi inilah waktunya untuk melihat kembali album-album pop yang terkenal di PopCrush yang dikurasi sebagai album pop terbaik di tahun ini. Musik pop menawarkan sesuatu untuk semua orang di tahun 2023, baik itu kembalinya seorang veteran pop legendaris atau debut gemilang dari bintang pop masa depan.

Salah satu musisi dari Amerika Serikat, Taylor Swift, memecahkan rekor dan memicu nostalgia dengan dirilisnya tahun 1989 (Taylor’s Version), sementara Renee Rapp memberikan gambaran sekilas yang menjanjikan tentang masa depan pop yang cerah di album debutnya.

Nah, sedangkan untuk K-Pop sendiri, dari SHINee, NewJeans, TWICE dan masih banyak lagi masuk deretan album K-Pop terbaik di tahun 2023 ini, lho! Ada siapa aja nih kira-kira?

Sumber foto: ADOR

NewJeans - Get Up!

Meskipun baru debut pada tahun 2022, NewJeans berhasil menjadi grup pendatang baru di K-Pop yang memberikan single hits di tahun 2022 lalu. Super Shy dan Cool With You menjadi dua lagu yang berhasil masuk Top 40 Chart Billboard! Gak heran, NewJeans dengan mini albumnya, Get Up! Masuk ke dalam list album K-Pop terbaik di tahun 2023 ini!

Sumber foto: BIGHIT MUSIC

August D - D-Day

D-Day merupakan album terbaik untuk August D, Suga atau Yoongi sendiri. Lagu Haegeum salah satunya yang membuat album D-Day memiliki makna personal untuk Suga sebagai musisi, penulis lagu, dan produser. Selain itu juga, lagu Snooze sendiri menunjukan prestasi Suga sebagai musisi karena mampu membawakan komposer Ryuichi Sakamoto.

Baca juga: Congrats! NewJeans dan Suga BTS Masuk Daftar ‘100 Album Terbaik Tahun 2023’ Rolling Stone

Sumber foto: BIGHIT MUSIC

Jimin - Face

Membawa musik K-Pop dengan sensasional, Jimin dengan album Face mampu menunjukan gambaran memikat mengenai dunia batin sebagai ikon Pop di Korea Selatan. Jimin, diakui memiliki suara yang halus serta tariannya yang anggun ini, berhasil memberikan dunia baru mengenai pengalaman personal ikon pop. Lagunya FACE memiliki makna mengenai perasaannya ketika pandemi COVID-19 mewabah di seluruh dunia dan berhasil menduduki tangga musik Billboard.

Sumber foto: BIGHIT MUSIC

Jungkook - Golden

Baru saja rilis, Jungkook dengan albumnya Golden masuk dalam Album K-Pop Terbaik di tahun 2023 ini. Yap, si Golden Maknae ini memang memiliki suara lembut dan ikoniknya yang mampu mengukuhkan statusnya ikon pop di tahun 2020! Salah satu lagunya, Standing Next to You merupakan lagu dengan genre disco-funky ini sangat sesuai dengan vokal begitu juga tariannya yang indah.

Sumber foto: SM Entertainment

SHINee - Hard

Veteran K-Pop, SHINee kembali mencetak sejarah dalam K-Pop! Kembalinya Taemin setelah menyelesaikan dinas militernya ini, SHINee dengan album Hard meraih posisi Album K-Pop terbaik di tahun 2023 ini. SHINee sendiri memang dikenal sebagai boy group yang berani untuk bereksperimen dalam semua jenis musik. Salah satunya lagu Hard sendiri ini merupakan titik balik SHINee bersinar layaknya kumpulan Diva!

Baca juga: Jadi 4th Line-Up Performer, SHINee Akan Rayakan Anniversary Ke-15 di Panggung MMA 2023

Sumber foto: JYP Entertainment/Republic Records

TWICE - Ready to Be

Berhasil melewati kutukan tujuh tahun; sebuah takhayul yang rata-rata hanya bertahan lama bagi grup K-Pop,TWICE, membuka babak baru dalam karier mereka dengan EP yang penting ini. Ready to Be melambangkan perjalanan berkelanjutan TWICE ini sebagai salah satu artis musik K-Pop yang paling dicintai di Korea Selatan. Berangkat dari citra mereka yang cerah dan imut sewaktu debut, lalu sepenuhnya bertransisi menjadi sekelompok perempuan dewasa yang terbuka untuk berbicara tentang berbagai tahap cinta dan patah hati. Ready to Be merupakan Album K-Pop Terbaik untuk TWICE di tahun 2023 ini.

Sumber foto: JYP Entertainment

Stray Kids - 樂-STAR (ROCKSTAR)

Stray Kids menjadi grup yang gak bisa dihentikan! Album 樂-STAR (ROCK-STAR) sendiri menjadi album ke-4 yang berhasil debut di No.1 Billboard 200 yang sebelumnya diduduki oleh 5-STAR, MAXIDENT dan ODDINARY. Fakta bahwa Stray Kids memiliki tim produksi khusus, 3RACHA, sebagai otak untuk kreativitas para anggota lainnya, Stray Kids mampu menulis semua musik mereka sendiri membuat keunikan dan kesuksesan mereka semakin mengesankan. Stray Kids menentang genre, aturan, dan ekspektasi terhadap sebuah lagu atau album untuk melakukan berbagai hal dengan cara mereka yang unik, dan itulah yang membuat mereka menjadi bintang rock bagi generasi baru saat ini.

Baca juga: Stray Kids dengan LALALALA Duduki Peringkat ke-90 Hot 100 Billboard

Sumber foto: BIG HIT MUSIC

TOMORROW X TOGETHER - The Name Chapter: Temptation

Album The Name Chapter: Temptation adalah titik balik bagi TXT, karena album lima lagu tersebut berhasil mengisyaratkan jalan grup tersebut menuju pasar Barat sambil mempertahankan genre dance-pop mereka yang berbeda dan ceria. Album mereka saat ini, menggambarkan bagaimana masa muda yang perlahan menuju ambang kedewasaan di mana, sebuah konflik dan kekacauan adalah proses yang cukup rumit dan membuatnya hendak berlama-lama di semesta Neverland.

Comments

You must Register or Login to post a comment.