Lifestyle - 05 October 2023

5 Olahan Rumput Laut ala Korea, Coba Bikin Dirumah, yuk!

Siti Fatimah - 05 October 2023
5 Olahan Rumput Laut ala Korea, Coba Bikin Dirumah, yuk!

Halo Teman iStyle! Buat kamu yang sering nonton drama Korea pasti sering banget liat adegan makan dalam drama yang menggunakan rumput laut sebagai bahan masakannya. Ya, rumput laut merupakan salah satu bahan masakan yang populer di Korea.

Biasanya yang sering muncul adalah Miyeok Guk, yaitu sup rumput laut Korea, makanan yang disajikan saat ulang tahun. Selain Miyeok Guk, masih ada olahan rumput laut ala Korea lainnya. Yuk simak artikel dibawah ini untuk cari tau.

Baca juga:

5 Fakta Sup Rumput Laut, Makanan yang Disajikan Saat Ulang Tahun di Korea

5 Jenis Mie khas Korea, Udah Pernah Coba yang Mana Aja?

olahan rumput laut ala Korea

Sumber foto: Google

1. Miyeok Guk (Sup Rumput Laut Korea)

Miyeok Guk adalah sup rumput laut yang sangat populer di Korea. Sup ini biasanya disajikan di hari ulang tahun atau acara-acara khusus lainnya. Miyeok Guk dipercaya dapat membawa keberuntungan dan kesehatan.

Untuk membuat Miyeok Guk, kamu cukup merebus rumput laut kering dengan air, bawang putih, dan jahe. Kamu juga bisa menambahkan kerang, daging sapi, atau tahu ke dalam sup ini.

olahan rumput laut ala korea

Sumber foto: Freepik.com

2. Kimbab

Sering banget muncul di drama Korea, kimbab adalah sushi ala Korea yang menggunakan rumput laut sebagai pembungkusnya. Kimbab biasanya diisi dengan nasi, daging bulgogi, telur dadar, sayuran, dan kimchi.

Untuk membuat Kimbab, kamu cukup mengoleskan nasi tipis-tipis di atas lembaran rumput laut. Kemudian, tambahkan isian Kimbab di atas nasi dan gulung rapat-rapat. Setelah digulung, potong Kimbab menjadi beberapa bagian dan sajikan dengan saus gochujang dan wasabi.

olahan rumput laut ala Korea

Sumber foto: Google

3. Jumeok Bap (Nasi Kepal Rumput Laut Korea)

Sekilas mirip dengan kimbab, jumeok bap adalah nasi kepal ala Korea yang menggunakan rumput laut sebagai bahan utamanya. Jumeok bap biasanya dibuat dengan nasi putih, rumput laut, minyak wijen, biji wijen, dan kecap asin.

Untuk membuat Jumeok bap, cukup campur semua bahan menjadi satu dan bentuk menjadi nasi kepal. Kamu bisa menambahkan isian lain ke dalam Jumeok bap, seperti kimchi, daging bulgogi, atau telur dadar.

olahan rumput laut ala Korea

Sumber foto: Google

4. Gimmari

Gimmari adalah camilan ala Korea yang terbuat dari rumput laut dan bihun. Gimmari biasanya dibumbui dengan minyak wijen, kecap asin, dan garam.

Untuk membuat Gimmari, cukup rebus bihun hingga matang dan tiriskan. Kemudian, campurkan bihun dengan bumbu dan rumput laut yang sudah dipotong-potong. Gulung adonan Gimmari menjadi bentuk silinder dan potong menjadi beberapa bagian. Goreng Gimmari hingga kecokelatan dan sajikan.

olahan rumput laut ala Korea

Sumber foto: maangchi.com

5. Miyeok Muchim (Salad Rumput Laut Korea)

Miyeok Muchim adalah salad rumput laut ala Korea yang sangat menyegarkan. Salad ini biasanya dibumbui dengan minyak wijen, kecap asin, gula, dan biji wijen.

Untuk membuat Miyeok Muchim, cukup rendam rumput laut kering dengan air hingga lunak. Kemudian, potong-potong rumput laut dan campurkan dengan bumbu. Kamu juga bisa menambahkan sayuran lain ke dalam salad ini, seperti wortel, mentimun, dan jamur.

Baca juga: 5 Insiprasi Outfit Olahraga ala Artis Korea

Nah, itulah 5 olahan rumput laut ala Korea yang enak dan mudah dibuat. Kamu bisa mencoba membuat olahan rumput laut ini di rumah. Biar ga ribet buat nyiapin bahan-bahannya kamu bisa banget belanja di Lotte Mart. Special anniversary iStyle.id yang ke-6 ada Oktober Meriah Promo Berlimpah yang bikin belanja kamu makin hemat!

Comments

You must Register or Login to post a comment.