Lifestyle - 20 September 2023

5 Jenis Mie khas Korea, Udah Pernah Coba yang Mana Aja?

Siti Fatimah - 20 September 2023
5 Jenis Mie khas Korea, Udah Pernah Coba yang Mana Aja?

Hai Teman iStyle! Kamu suka makan mie? Semain terkenal dengan ramyeon, Korea juga ada jenis mie lain yang bisa jadi referensi untuk Teman iStyle coba. Kebanyakan dari jenis mie tersebut sudah bisa Teman iStyle temukan di restoran di Indonesia, ataupun, kalo Teman iStyle tau resepnya dan mau coba bikin sendiri juga boleh banget.

Baca juga: Doljanchi: Tradisi Ulang Tahun Pertama di Korea Selatan

Sejarah Mie di Korea Selatan

Mie telah ada di Korea Selatan sejak zaman kuno. Mie pertama kali diperkenalkan di Korea Selatan oleh pedagang Tiongkok pada abad ke-7. Mie pada masa itu terbuat dari tepung gandum dan dimasak dalam kuah kaldu sapi atau ayam.

Pada abad ke-14, mie mulai diproduksi secara massal di Korea Selatan. Mie pada masa itu terbuat dari tepung gandum dan tepung kacang-kacangan. Mie ini biasanya disajikan dengan saus gochujang atau saus kacang hitam. Pada abad ke-20, mie instan mulai diperkenalkan di Korea Selatan. Mie instan pertama kali diproduksi di Korea Selatan pada tahun 1963. Mie instan dengan cepat menjadi populer di kalangan masyarakat Korea Selatan, terutama para mahasiswa.

Saat ini, mie merupakan salah satu makanan yang paling populer di Korea Selatan. Mie dapat ditemukan di berbagai tempat, mulai dari restoran hingga warung pinggir jalan.

Baca juga: Resep Chueotang, Sup Ikan Lumpur Khas Korea

Macam-macam jenis Mie

ramyeon

Sumber foto: Google

1. Ramyeon

Ramyeon adalah mie instan yang paling populer di Korea. Mie ini terbuat dari tepung terigu dan dimasak dalam kuah kaldu ayam atau sapi. Ramyeon memiliki rasa yang gurih dan pedas.

jajangmyeon

Sumber foto: Google

2. Jajangmyeon

Jajangmyeon adalah mie goreng dengan saus kacang hitam. Mie ini terbuat dari mie udon dan dimasak dengan saus kacang hitam yang terbuat dari kacang hitam, gula, bawang putih, dan bawang bombay. Jajangmyeon memiliki rasa yang manis dan gurih.

Bibim guksu

Sumber foto: Maangchhi

3. Bibim guksu

Bibim guksu adalah mie campur yang terbuat dari mie somen, sayuran, dan saus gochujang. Mie ini terbuat dari mie somen yang dicampur dengan sayuran, seperti wortel, tauge, dan mentimun, serta saus gochujang yang terbuat dari bubuk cabai, bawang putih, gula, dan cuka. Bibim guksu memiliki rasa yang pedas, manis, dan asam.

Naengmyeon

Sumber foto: Wikipedia

4. Naengmyeon

Naengmyeon adalah mie dingin yang terbuat dari mie soba, kaldu kaldu ayam atau sapi, dan berbagai topping, seperti kimchi, irisan daging sapi, dan telur rebus. Mie ini terbuat dari mie soba yang dimasak dalam kaldu kaldu ayam atau sapi yang dingin. Naengmyeon memiliki rasa yang segar dan menyegarkan.

Jjolmyeon

Sumber foto: Google

5. Jjolmyeon

Jjolmyeon adalah mie kenyal yang terbuat dari tepung terigu dan tepung kanji. Mie ini terbuat dari mie kenyal yang dimasak dengan saus gochujang dan berbagai topping, seperti daging sapi, irisan telur rebus, dan sayuran. Jjolmyeon memiliki rasa yang pedas dan gurih.

Baca juga: Resep Yaksik, Kue Beras Manis Khas Korea

Demikianlah 5 jenis mie asal Korea selain ramyeon yang bisa kamu coba. Kapan nih kamu mau cobain mie tersebut? Kalo kamu coba bikin sendiri, kamu bisa beli bahan-bahannya di Lotte Mart atau Market City melalui iStyle.id. 

Comments

You must Register or Login to post a comment.