Lifestyle - 19 September 2023

Doljanchi: Tradisi Ulang Tahun Pertama di Korea Selatan

Stefani Ditamei - 19 September 2023
Doljanchi: Tradisi Ulang Tahun Pertama di Korea Selatan

Pernahkah Teman iStyle melihat atau membaca tentang Doljanchi? Tradisi ulang tahun bayi berusia satu tahun di Korea Selatan disebut dengan doljanchi/doljabi. Perayaan tersebut dilakukan secara tradisional dan seringkali muncul dalam scene drakor. 

Anak yang baru menginjak usia 1 tahun dibuatkan pesta perayaan dan tradisi memilih salah satu benda yang diharapkan menjadi pertanda baik bagi masa depan sang anak. Berikut adalah penjelasan selengkapnya tentang tradisi ulang tahun pertama di Korea Selatan, Doljanchi!

Tujuan Doljanchi: Pesta Perayaan Ulang Tahun Tradisional di Korea Selatan

Seperti perayaan ulang tahun pada umumnya, orangtua dan keluarga besar berharap anak tersebut dilimpahi dengan berkat, kasih sayang, dan tentunya masa depan yang cerah. Highlight utama perayaan Doljanchi atau Doljabi adalah ketika sang anak dihadapkan dengan beberapa benda (umumnya berjumlah 6 - 8 barang).

Baca juga: Teh Tradisional Khas Korea, Intip Cara Membuat Teh Omija

Nah, barang tersebut dapat berupa mainan yang mewakili sebuah profesi atau hal simbolik lainnya. Apa saja benda atau barang yang biasa dipakai saat Doljanchi? Berikut penjelasan tentang arti barang yang biasa digunakan saat merayakan tradisi Doljanchi/Doljabi:

doljanchi doljabi

Sumber Foto: Google

Arti Benda-benda yang Biasa Dipakai Perayaan Doljanchi

Gak jarang scene perayaan doljanchi  muncul dalam drama Korea. Anak perempuan atau laki-laki yang berulang tahun untuk pertama kalinya menggunakan hanbok atau baju tradisional. Sang anak kemudian disuruh untuk mengambil salah satu benda yang ada di depannya. Nah, berikut ini adalah benda-benda yang biasa dipakai saat perayaan doljanchi beserta dengan maknanya!

  • Palu: artinya, sang anak siap menjadi lawyer dan menjunjung keadilan di sekitarnya/
  • Stetoskop: artinya, stetoskop erat kaitannya dengan profesi medis.
  • Celengan, uang: sang anak diharapkan berlimpah dengan berkat dan kesuksesan sebagai pengusaha.

doljanchi doljabi

Sumber Foto: Google

  • Buku, topi wisuda: harapan supaya anak diberkati dengan kecerdasan.
  • Bola peralatan olahraga: artinya, anak bertumbuh dengan kuat dan erat kaitannya dengan profesi atlet.
  • Mikrofon: harapan sang anak dilimpahi dengan bakat seni. 
  • Mainan luar angkasa: sebagian orang tua terkadang menggunakan mainan modern dan berharap suatu hari anaknya menjadi astronot yang hebat!

Baca juga: Sujeonggwa: Minuman Tradisional Korea yang Segar dan Menyehatkan

Apakah pilihan benda-benda saat perayaan Doljanchi hanya itu saja? Tentu saja banyak! Gak ada batasan untuk pilihan benda yang akan dipakai untuk perayaan Doljanchi. Tujuan utama perayaan ulang tahun tradisional atau Doljanchi adalah mendoakan anak supaya punya cita-cita dan masa depan yang cerah. Jadi, benda apapun gak jadi masalah! 

Nah, itulah informasi tentang Doljanchi/Doljabi, tradisi ulang tahun pertama di Korea Selatan. Teman iStyle juga bisa baca ‘5 Tradisi Korea Selatan yang Unik’ untuk ulasan tradisi lainnya. Selain itu, kalian juga bisa mendapatkan hanbok gaya modern di iStyle.id, lho! Salah satunya adalah Envylook Daily Hanbok Skirt yang bikin kamu tampil semakin stylish dan Korea banget.

Comments

You must Register or Login to post a comment.