Lifestyle - 01 December 2021

5 Tips Makan Mie Saat Sedang Lakukan Program Diet

Neng Osa Nurohmah - 01 December 2021
5 Tips Makan Mie Saat Sedang Lakukan Program Diet

Mie instan seringkali dikenal sebagai makanan kurang sehat yang bisa bikin badan mudah melebar. Oleh karena itu, orang-orang yang sedang mengikuti program diet biasanya menghindari makanan yang satu ini.

Dalam seporsi mie instan atau sekitar 70 gram mi, terdapat 370 kalori, sedangkan dalam satu porsi nasi hanya terdapat 91 kalori. Itu berarti kalori yang terdapat dalam satu porsi mi sama dengan kalori dalam empat porsi nasi.

Makan mie instan saat sedang diet memang gak dilarang, tapi gak boleh sering-sering juga ya Teman iStyle. Berikut ini ada tips makan mie instan saat sedang lakukan program diet nih. Yuk, langsung simak di bawah ini.

Baca juga: Varian Rasa Indomie Paling Populer, Kamu Suka yang Mana?

Pilih Mie Instan Rendah Kalori

Saat sedang berdiet tapi kamu gak tahan ingin makan mie. Kamu bisa loh memilih mie yang rendah kalori untuk dikonsumsi. 

Kamu harus mengeceknya sendiri untuk mengetahui jumlah kalori di dalamnya. Jangan langsung percaya terhadap iklan dengan klaim diri "mie sehat". Salah satu contoh mie rendah kalori adalah Indomie Rasa Ayam Bawang dan Indomie Rasa Ayam Spesial.

Ganti Bumbu Kemasan

Sebagian besar bumbu mie kemasan memiliki kadar natrium yang sangat tinggi. Oleh sebab itu, jika kamu mau makan mie saat sedang berdiet sebaiknya kamu meracik sendiri bumbunya dengan bahan-bahan yang lebih sehat.

Teman iStyle bisa menggunakan beberapa bumbu seperti minyak wijen, kecap, kecap ikan, pasta kari Thailand,  pasta miso, atau bubuk kari Jepang sebagai alternatif pengganti. Namun, kamu harus tetap memperhatikan kandungan natriumnya ya. Jangan sampai sudah meracik bumbu sendiri, tapi kandungan natrium masih sama tingginya.

Baca juga: Bukan Iklan Indomie Seleraku, Ini Dia Indomie Rasa Nusantara yang Harus Kamu Coba

Masak Mie Setengah Porsi

Saat sedang berdiet biasanya kita memang mempunyai jadwal cheating day, tapi bukan berarti kita jadi kalap terhadap makanan. 

Kalau mau memakan mie saat sedang diet, sebaiknya kamu memangkas porsinya jadi setengah saja. Kelihatannya memang gak akan bikin puas dan kenyang. Tapi diet yang berhasil itu adalah sebuah perjuangan. Dan perjuangan butuh pengorbanan. Jadi, sabar dulu ya untuk gak mengkonsumsi mie dalam porsi banyak.

Tambahkan Protein

Mie instan seringkali disebut sebagai makanan gak sehat terutama saat diet. Untuk mengimbanginya, kamu bisa menambahkan protein ke dalam sajian mie seperti telur atau daging. Protein juga dikenal bisa membuat kamu merasa kenyang lebih lama sehingga setelah makan mie kamu gak merasa lapar dan gak perlu ngemil-ngemil lagi.

Baca juga: Indomie Ramen Series, Gebrakan Baru dari Mie Instan Populer Indonesia

Tambahkan Sayuran

Tips selanjutnya, kamu bisa menambahkan sayuran seperti sawi, bok choy, wortel, dll. untuk mendampingi mie. Sayuran memiliki nutrisi penting untuk kesehatan tubuh seperti vitamin A, vitamin C, potasium, serat makanan, dan folat. Kamu juga bisa membuat porsi sayur lebih banyak daripada mie supaya tetap sehat dan merasa kenyang.

Itulah tips makan mie instan saat sedang lakukan program diet. Meski boleh makan mie saat sedang diet, tapi jangan sering-sering dilakukan ya, Teman iStyle.

Comments

You must Register or Login to post a comment.