Beauty - 17 November 2021

Cara Merawat Rambut Berhijab Agar Tetap Sehat

Neng Osa Nurohmah - 17 November 2021
Cara Merawat Rambut Berhijab Agar Tetap Sehat

Perawatan rambut berhijab memiliki sedikit perbedaan dengan perawatan rambut biasa. Meskipun tidak terlihat, rambut yang ditutupi hijab juga harus dirawat dengan baik agar tidak mengalami kerusakan.

Kerusakan yang bisa dialami oleh rambut berhijab diantaranya adalah rambut rontok, berminyak, gampang lepek, rusak, rapuh, dan mudah patah. Teman iStyle pasti gak mau dong rambut kalian mengalami masalah tersebut. Sebelum semakin parah lebih baik lakukan perawatan mulai dari sekarang.

Berikut ini adalah cara merawat rambut berhijab agar tetap sehat.

Baca juga: Cara Merawat Rambut yang Diwarnai Agar Tetap Sehat

Keramas secara Teratur

Teman iStyle pasti tahu salah satu cara merawat rambut adalah dengan rajin keramas. Tapi hal ini gak bisa dilakukan sembarangan loh. Ingat, beda jenis rambut tentu beda pula cara merawatnya. 

Kalau Teman iStyle memiliki rambut kering dan rusak sebaiknya pilih shampoo yang bisa menutrisi dan menjaga kelembapan rambut. Sedangkan buat kamu yang punya rambut berminyak, kamu harus keramas sering-sering nih supaya rambutmu tidak mudah lepek dan berminyak. Jarang keramas bisa membuat bakteri menumpuk dan rambut jadi gatal dan bau.

Sumber foto: Katalog iStyle

Shampo dan Conditioner khusus Rambut Hijab

Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, perawatan rambut berhijab agak berbeda dari perawatan rambut biasa, termasuk shampoo dan kondisioner. Saat ini sudah banyak tersedia produk sampo dan kondisioner di pasaran. Kamu bisa memilih produk dengan kandungan yang paling cocok dengan masalah rambut yang sedang kamu alami.

Jaga Kebersihan Hijab 

Selain menjaga kebersihan rambut, Teman iStyle juga harus menjaga kebersihan apa yang dikenakan pada rambut. Hijab yang kotor dan bau dapat menularkan aroma tak sedap pada rambut. Jadi, jangan ragu untuk berganti ke hijab yang lebih bersih.

Baca juga: Rambut Bau Apak? Ini Cara Membuat Rambut Wangi dengan Grafen Perfume Hair Shampoo

Keringkan Rambut sebelum Menggunakan Hijab

Jangan coba-coba mengenakan hijab saat rambut masih basah ya, Teman iStyle. Rambut yang baru dicuci sangat rentan dan mudah rontok karena kulit kepala melunak. Jadi tunggu hingga rambut benar-benar kering baru setelah itu pakai hijab. Kebiasaan baik ini bisa membantu mengurangi masalah rambutmu loh.

Jangan Mengikat Rambut Terlalu Kencang

Mengikat rambut terlalu kencang bisa menarik akar rambut dan membuatnya rapuh. Hal ini bisa menyebabkan rambut mudah rontok. Selain itu, kebiasaan menguncir rambut di tempat yang sama juga bisa mengurangi kekuatan batang rambut. Oleh sebab itu, jangan mengikat rambut terlalu kencang agar kekuatan rambut tetap terjaga.

Baca juga: Ini Cara Menghilangkan Ketombe dengan Tiga Produk Shampoo Anti-Dandruff

Sering Menggerai Rambut

Rambut juga butuh udara dan istirahat loh, Teman iStyle. Jadi saat sudah dirumah, sebaiknya langsung lepas hijab dan gerai rambutmu. Namun, jika situasi membuatmu harus memakai hijab seharian atau lebih lama dari itu, sebaiknya Teman iStyle gunakan hijab yang breathable dan jangan terlalu kencang menggunakannya. Dengan cara ini, kemungkinan rambutmu masih mendapatkan sirkulasi udara.

Pilih Hijab dengan Bahan yang Nyaman

Pemilihan bahan hijab juga harus diberikan perhatian khusus nih, Teman iStyle. Menggunakan hijab dengan bahan panas dan kasar seharian tentu gak akan terasa nyaman. Oleh sebab itu, pilihlah hijab dengan bahan kain yang lembut dan breathable supaya kulit kepala dan rambutmu tetap merasa nyaman.

Itulah beberapa cara merawat rambut berhijab agar tetap sehat. Teman iStyle bisa membeli produk perawatan rambut hijab di olshop kesayangan kalian, iStyle.id

Comments

You must Register or Login to post a comment.