Lifestyle - 08 May 2023

Sering Muncul di Drakor, Apa itu Gumiho dan Seperti Apa Bentuknya?

Stefani Ditamei - 08 May 2023
Sering Muncul di Drakor, Apa itu Gumiho dan Seperti Apa Bentuknya?

Gak hanya drakor Tale of The Nine Tailed, ada beberapa drama yang sebelumnya merepresentasikan kehadiran Gumiho. Makhluk ini digambarkan sebagai rubah berekor sembilan yang dipercaya hidup selama ribuan tahun. Cerita gumiho masuk kategori folk story atau cerita rakyat yang diwariskan secara turun temurun.

Saking  populernya, cerita gumiho sering dipakai untuk konsep drama Korea genre romance maupun action. Sebelum membahas tentang gumiho, yuk, simak drama Korea apa saja yang mengadaptasi kisah gumiho.

Sumber Foto: Google

Gumiho dalam Drama Korea

Tale of the Nine Tailed adalah drakor populer yang diperankan oleh Lee Dong Wook. Drama ini mengangkat kisah Lee Yeon, mountain god berupa gumiho yang hidup selama seribu tahun. Drama ini sukses menayangkan dua season dan mengusung kisah mountain god lainnya di Tale of the Nine Tailed 1938.

Baca juga: Sinopsis Tale of the Nine Tailed 1938 Season 2

Jauh sebelum Tale of The Nine Tailed ditayangkan, drakor bertema makhluk gumiho sudah ada sejak drama Forbidden Love: Nine Tailed Fox (2004). Drama klasik yang bercerita tentang gumiho yang hampir punah dan bertahan hidup dengan cara menyamar menjadi manusia. Kemudian pada tahun 2010, drama Korea My Girlfriend is Gumiho (2010) diperankan oleh Lee Seung Gi dan Shin Min Ah sukses besar.

Drama ini bercerita tentang gumiho betina yang  tanpa sengaja terlepas dari kurungan dan berubah menjadi wanita cantik yang hobi makan daging sapi. Lepas dari sosok gumiho betina, drama Korea juga mengangkat kisah gumiho jantan di drama Gu Family Book (2013), My Roommate is a Gumiho (2021), dan Tale of the Nine-Tailed 1938 (2022).

Sumber Foto: Google

Gumiho dalam Cerita Rakyat

Dilansir dari website resmi Korean Culture and Information Service, gumiho dijelaskan sebagai salah satu makhluk dalam mitologi Korea. Gumiho digambarkan mirip dengan rubah berekor sembilan yang dapat berubah berbagai bentuk, mulai dari wanita cantik yang hobi menggoda laki-laki dan dapat membunuh. 

Baca juga: Kenapa Ginseng Korea Sangat Mahal? Ini Penjelasannya!

Secara historis, China dan Jepang juga memiliki folklore traditions serupa dengan gumiho, yakni rubah yang berekor sembilan. Itulah sebabnya, dalam drama Korea sosok gumiho kerap digambarkan kejam dan gak segan untuk membunuh lawannya. 

Kepopuleran makhluk gumiho dalam cerita rakyat turut meramaikan berbagai karya film, drama, dan webcomic, seperti: ‘The Fox Sisters’ dan ‘The God of High School’

Sumber Foto: Google

Bentuk Asli Gumiho

Tidak bisa dipastikan seperti apa bentuk asli gumiho. Namun, sudah jelas digambarkan dalam deskripsi cerita rakyat bahwa gumiho adalah mitologi berbentuk rubah berekor sembilan. Berdasarkan penjelasan tersebut, mulai muncul berbagai deskripsi gumiho dalam drama, komik, dan film.

Baca juga: 5 Rekomendasi Drakor Sageuk Terbaru, Tayang 2023 

Demikian informasi tentang apa itu gumiho serta representasinya dalam film maupun drama Korea. Selengkapnya tentang berita KPop dan K-drama terbaru bisa Teman iStyle baca hanya di K-Hub

Comments

You must Register or Login to post a comment.