Hobbies - 27 January 2021

Salurkan Hobi Menulismu Dengan Jadi Reviewer! Simak Tips-nya Yuk!

Nathania Clairine - 27 January 2021
Salurkan Hobi Menulismu Dengan Jadi Reviewer! Simak Tips-nya Yuk!

Biasanya orang yang memiliki hobi menulis itu dikenal sebagai orang yang suka berimajinasi atau berpetualang. Dengan menulis, apa yang ada di hati jadi lebih tersalurkan. Apalagi buat Teman iStyle yang memiliki jiwa introvert, mungkin menulis akan jadi salah satu hobi yang mengasyikkan. Biasanya apa nih yang paling suka kamu tulis? Apakah artikel? Atau mungkin tulisanmu dalam me-review sesuatu? Apapun jenis tulisannya, ternyata hobi-mu itu bisa lebih disalurkan lagi lebih dari apa yang kamu pikirkan sebelumnya lho! Yuk simak tips-nya! 

Jangan Takut Untuk Memulai

Nggak usah dengerin atau takut sama apa kata orang lain. Karena yang lebih mengenal diri kamu adalah kamu sendiri, maka harus memberanikan diri untuk memulai. Memang ketika baru mulai melakukan sesuatu itu, halangannya pasti ada aja. Entah itu males atau mager, atau sekedar ber-prasangka buruk sama hasil akhirnya. Menulis itu proses belajar, jadi pasti akan ada trial & error-nya, yang penting beraniin diri dulu aja ya Teman iStyle! Kalau kata penyanyi Adele, “you never know, if you never try…” So, yuk berani coba dulu!

Catat Apapun Ide atau Topik Yang Terbesit

Yang namanya ide atau topik itu bisa muncul kapan aja dan di mana aja. Bener nggak? Mungkin bisa muncul saat kita lagi makan siang, ngelamun di kamar mandi, bahkan saat bermalas-malasan di tempat tidur. Nah, ketika ada ide yang muncul coba langsung kamu ingat-ingat dan kemudian tulislah di catatan kamu. Hal ini merupakan suatu langkah dasar untuk memulai penulisan di artikel kamu, bahkan dari ide yang ada, hasil output-nya bisa lebih dari satu artikel lho! 

Perbanyak Baca Buku 

Benar, apabila banyak orang yang mengatakan bahwa buku adalah jendela dunia. Dengan membaca buku, perspektif kita akan lebih terbuka dan akan lebih banyak ide baru yang muncul. Bahkan tak hanya itu, kosa katamu juga akan bertambah. Karena, akan lebih banyak kata-kata baru yang kamu temui saat membaca berbagai buku. Ketika menemukan kata baru, kamu pun bisa menuliskannya di notes pribadimu. 

Salurkan Tulisanmu ke Medium Baru

Jika kamu benar-benar memiliki passion untuk menulis, maka kamu pun harus memberanikan diri untuk ‘naik level’ ke jenjang berikutnya, yaitu menyerahkan tulisanmu ke sebuah medium baru. Hal ini akan berguna untuk memperluas jangkauanmu, dan juga dapat menjadi sarana kamu untuk belajar lebih lagi. Salah satu medium baru yang bisa kamu coba adalah K-HUB dari iStyle.id. Sebuah portal baru bagi kamu yang memiliki hobi menulis! Tak hanya dapat menulis artikel, kamu pun dapat meletakkan berbagai review kamu akan sebuah produk. Nggak mesti beli produk dulu, untuk bisa mereview produknya. Untuk penulisan artikelnya sendiri juga, K-HUB memiliki banyak kategori yang bisa kamu eksplor, seperti dunia beauty, fashion, lifestyle, hobbies, sampai dengan Korean! Dengan kamu memberanikan diri untuk eksplor hal baru, maka kamu akan terus berkembang dengan menantang dirimu sendiri. 

Baca Tren Pasar

Jika kamu sudah yakin dengan bidang menulis ini, dan ingin membuat karyamu layak dibaca banyak orang, maka hal lain yang harus kamu lakukan adalah membaca tren pasar! Kamu bisa dengan eksplor media sosial, mungkin membuat beberapa survey singkat, ataupun hal hal lainnya. Setelah kamu dapat membaca tren pasar, dijamin tulisanmu akan bisa lebih tertarget pada market yang memang kamu mau! 



Comments

You must Register or Login to post a comment.