Lifestyle - 02 April 2024

Benteng Jinjuseong: Rekomendasi Wisata Bangunan Bersejarah di Korea 

Stefani Ditamei - 02 April 2024
Benteng Jinjuseong: Rekomendasi Wisata Bangunan Bersejarah di Korea 

Banyak hal yang bikin Korea Selatan dikenal oleh kancah internasional, mulai dari dunia KPop yang bertabur bintang, film dan drama, serta kuliner yang menggugah selera. Selain itu, Korea Selatan juga dikenal sebagai negara yang mencintai sejarah dan peninggalannya. Termasuk banyaknya tempat wisata yang bersifat historical dan unik!

Sebagai contoh, K-HUB bakal mengulas salah satu peninggalan bersejarah di Korea yang dibangun sejak ratusan tahun silam. Namanya adalah Benteng Jinjuseong, benteng yang bertahan melewati mratusan tahun dan renovasi. Yuk, kepoin sejarah dan keunikan Benteng Jinjuseong di bawah ini!

benteng jinjuseong

Sumber Foto: Google

Sejarah Benteng Jinjuseong

Secara historis, Benteng Jinjuseong berkaitan dengan Perang Imjin (1592-1298). Semula namanya adalah Benteng Geoyeolseong dan pada masa Dinasti Goryeo ditetapkan dengan nama Benteng Chokseokseong.

Baca juga: 5 Rekomendasi Tempat Bersejarah di Korea yang Jadi Tempat Wisata

Waktu berlalu hingga tiba kekuasaan Dinasti Joseon, benteng tersebut berganti nama menjadi Benteng Jinjuseong dan semakin diperkuat dengan ukuran 1,7600 meter, tinggi 5-8 meter, dan berisi tiga sumur dan mata air.

Sumber Foto: Google

Menurut catatan sejarah Dongguk Yeoja Seungnam, benteng ini  kerap hancur selama invasi dan diperkuat oleh Menteri Jinju, pada pemerintahan Raja Goryeo Woo (1379). Benteng Jinjuseong dikelilingi pemandangan alam yang indah, seperti: aliran sungai Cheongcheon, Sungai Namgang di area selatan, serta kolam yang terletak di antara parit dan kastil (pada masa perang).

Baca juga: Liburan Sambil Belajar, Ini 5 Museum Sejarah di Seoul

Benteng Jinjuseong berfungsi sebagai pertahanan saat perang dan menghalau musuh. Terhitung pada tahun ke-25 pemerintahan Raja Joseon Seonjo (1592), benteng ini berhasil menjadi pelindung dari serangan musuh yang menuju ke Jonam.

benteng jinjuseong

Sumber Foto: Google

Jam Operasional Benteng Jinjuseong

Saat mengunjungi Benteng Jinjuseong, maka Teman iStyle akan menemukan Chokseoknu, Peringatan Kim Shi-min, Kuil Uigisa, Seojangdae, Bukjangdae, Kuil Changyeolsa, Museum Nasional Jinju, dan  Kuil Hoguksa.

Benteng Jinjuseong berlokasi di 626, Namgang-ro, Jinju-si, Gyeongsangnam-do, tiket dibuka pukul 09.00 - 18.00. Khusus untuk bulan Maret - Oktober jam buka pukul 05.00 23.00, November - Februari jam buka pukul 05.00-22.00.

Selain menikmati peninggalan sejarah, pengunjung dapat menikmati keindahan Sungai Namgang dan terdapat outdoor stages, kafe, dan festival kostum hanbok. Cocok untuk menikmati libur bersama keluarga saat musim semi. Tersedia parkir yang luas juga, ya!

Baca juga: Rekomendasi 5 Kuil Korea Terbaik untuk Wisata Spiritualmu!

Demikian informasi tentang Benteng Jinjuseong yang bisa Teman iStyle kunjungi saat liburan awal tahun. Waktu terbaik untuk mengunjungi Benteng Jinjuseong adalah musim semi dan musim gugur. Biar makin fashionable, yuk, lengkapi kebutuhan liburan ke Korea dengan MARHEN.J, fashion bag yang sering dipakai idol KPop. Dapatkan produk MARHEN.J terbaru di iStyle.id, ya!

Comments

You must Register or Login to post a comment.