Lifestyle - 04 March 2024

Wajib Diingat! Ini 5 Peraturan Tak Tertulis yang harus Dipatuhi Saat Wisata ke Korea

Adinda Fitriayu - 04 March 2024
Wajib Diingat! Ini 5 Peraturan Tak Tertulis yang harus Dipatuhi Saat Wisata ke Korea

Berkunjung atau berwisata ke suatu negara berarti juga harus menghormati dan manaati segala regulasi dan peraturan di negara tersebut, termasuk Korea. Karena beda negara, beda juga tingkah laku, kebiasaaan tradisi dan etika Masyarakat setempat.

Korea gak hanya pemandangannya yang menakjubkan, tetapi juga budaya dan adat istiadatnya yang kaya. Agar perjalanan wisata ke Korea semakin menyenangkan, berikut adalah lima peraturan tak tertulis yang sebaiknya diperhatikan saat berwisata ke Korea.

Apa aja peraturnnya? Simak di bawah ya!

Baca Juga:

Anti Boncos! Ini 5 Tips Hemat Budget Wisata ke Korea Selatan

1. Jaga Kehormatan dan Hormati Sesama Wisatawan dan Warga Lokal

Korea dikenal dengan budaya yang sangat menghargai sopan santun. Oleh karena itu pastikan untuk selalu menjaga kehormatan saat berinteraksi dengan penduduk setempat dan sesama wisatawan. Berbicara dengan suara pelan, menghindari tingkah laku yang berlebihan, dan memberikan senyuman ramah dapat menciptakan pengalaman yang lebih positif.

2. Gak Boleh Sembarangan Memfoto Orang Lain

Korea terkenal sangat menjunjung tinggi privasi, maka haram hukumnya untuk mengambil foto orang lain secara diam-diam tanpa izin.  Contohnya, menonton acara Korea Selatan, wajah orang biasa di kamera diburamkan dan hanya selebriti dan artis yang ditampilkan.

Ketika kamu melihat sesuatu yang menarik dan ingin mengabadikannya, pastikan untuk bertanya izin sebelum mengambil gambar orang lain, terutama dalam situasi yang lebih pribadi atau di dalam tempat ibadah. Menghargai privasi orang lain adalah tindakan yang sangat dihargai, dan hal ini mencerminkan etika fotografi yang baik.

Baca Juga:

Belajar Kebudayaan Korea Lewat 5 Museum Seoul Ini!

3. Dilarang Memainkan Sumpit

Di Korea sumpit merupakan salah satu alam makan utama, seperti layaknya di Jepang. Sebagian besar makanan Korea selalu dimakan menggunakan sumpit.

Sumpit juga telah menjadi kebudayaan orang Korea, oleh karena itu sumpit jadi salah satu benda yang gak boleh dipakai sembarangan. Contohnya seperti menuduk makanan menggunakan sumpit dan membenamlan sumpet ke tengah-tengah nasi. Karena hal itu dianggap gak menghargai makanan dan orang yang menyediakan makanan itu.

4. Makan dan Minum di Transportasi Umum

Seperti yang sering terlihat dalam drama Korea, bus dan subway adalah salah satu alat transportasi umum yang paling populer yang digunakan oleh orang Korea. Jika mengunjungi Korea untuk pertama kalinya, kamu harus mengetahui hal ini.

Terlepas dari situasinya, makan dan minum di dalam transportasi umum itu dilarang. Bahkan dilarang pula membawa makanan ke dalam bus atau subway. Jika petugas memergoki kamu makan atau minum di dalam bus atau subway, kamu akan langsunng disuruh turun atau akan dikenakan denda.

5. Antri dengan Sabar: Prinsip Utama di Tempat Umum

Korea dikenal karena kekayaan budayanya, dan salah satu aspek yang harus dihormati adalah budaya mengantri. Saat berada di tempat umum seperti stasiun kereta, tempat wisata, atau restoran yang populer, pastikan untuk antri dengan rapi dan sabar. Ini menciptakan suasana yang lebih damai dan membantu mempertahankan keharmonisan dalam keramaian.

Baca Juga:

3 Rekomendasi Kuil Budha Terkenal di Korea Selatan untuk Wisata Religi!

Itu dia 5 peraturan tak tertulis yang wajib kamu patuhi saat berwisata ke Korea. Dengan memahami dan menghormati peraturan tak tertulis ini, kamu akan dapat menikmati perjalanan ke Korea dengan lebih menyenangkan.

Saat pergi berlibur jangan lupa memakai tas yang fungsional dan juga fashionable untuk membawa barang-barang esensialmu. Seperti koleksi tas dari brand Marhen J, yang gak cuma fashionable tapi juga fungsional untuk membawa segala barang-barang esesnsial. Kamu bisa belinya di Marhen J iStyle.id, karena dijamin original authentic Korea, koleksinya cukup lengkap dan juga lagi banyak promo menarik yang bisa kamu dapetin lho. Buruan check out!

Comments

You must Register or Login to post a comment.