Lifestyle - 22 February 2024

3 Rekomendasi Kuil Budha Terkenal di Korea Selatan untuk Wisata Religi!

Adinda Fitriayu - 22 February 2024
3 Rekomendasi Kuil Budha Terkenal di Korea Selatan untuk Wisata Religi!

Saat ini, budaya populer dari Korea Selatan seperti K-Pop, K-Drama, hingga makanannya sudah sangat mendunia. Harus diakui bahwa pada dasarnya Negeri Ginseng ini memang memiliki kebudayaan yang kaya dan masih sangat terjaga.

Korea Selatan juga sudah menjadi salah satu negara destinasi favorit bagi para turis manca negara. Kehidupan gemerlap, makanan khas dan pemandangan alam serta kota modern menjadi incaran para turis.

Salah satu objek wisata yang juga gak kalah terkenal adalah kuil Budha. Korea Selatan sendiri memiliki jumlah kuil Budha yang sangat banyak, sekitar 20.000, beberapa di antaranya berusia lebih dari 1.000 tahun lho.

Kalau kamu berencana untuk melakukan perjalan spiritual dengan mengunjungi kuil-kuil Budha yang ada di Korea Selatan, K-Hub udah punya rekomendasinya nih. Berikut 3 rekomendasi Kuil Budha di Korea Selatan yang wajib kamu kunjungi!

Baca Juga:

4 Pantai di Korea yang Wajib Dikunjungi Untuk Menikmati Liburan Musim Panas 

5 Kuil Budha di Korea Selatan

kuil jogyesa korea

Sumber foto: Google

1. Kuil Jogyesa

Pertama ada kuil Jogyesa, kuil Budha ini dibangun pada tahun 1395 dan merupakan kuil terpenting di Korea Selatan. Kuil Jogyesa terletak tengah-tengah kota Seoul yang dikelilingi oleh gedung-gedung tinggi, menciptakan pemandangan menarik dari perpaduan kuno dan modern.

Di kuil Jogyesa ini pengunjung bisa menyaksikan pertunjukan keagamaan, mempelajari teks-teks Budha, dan juga bisa mengelilingi pohon Sophora Japonica (pohon cendekiawan) yang berusia 500 tahun lebih. Saat yang tepat untuk mengunjungi kuil Jogyesa ini adalah di pertengahan bulan April hingga Mei, atau saat musim semi.

Pada waktu tersebut, adalah waktu menjelang hari libur nasional hali lahir Budha (Buchonim oshin nal), Dimana lentera warna-warni akan dan tulisan do’a-do’a umat akan digantung dan memerikan nuansa yang meriah.

kuil buseoksa korea

Sumber foto: Google

2. Kuil Buseoksa

Kuil Buseoksa ini terletak di dekat Gunung Bonghwang di Buseok-myeon, Kota Yeongju, Gyeongsangbuk-do. Kuil Budha ini didirikan oleh biksu-sarjana terkemuka Uisang pada tahun 676, tahun ke-16 Munmu dari Silla.

Kuil Buseoksa yang juga dikenal dengan julukan ‘Temple of the Floating Stone’ ini merupakan salah satu bangunan kayu tertua yang ada di Korea. Karena nilai sejarah dan budayanya yang tinggi, terdapat 5 elemen di destinasi wisata kuil Buseoksa ini yang telah diakui sebagai ‘National Treasure’ oleh pemerintah Korea Selatan.

Kelima ‘harta nasional’ tersebut meliputi Lentera batu di depan Alua Muryangsujeon Hall, Aula Muryangsujeon Kuil Buseoksa, Aula Josadang di kuil Buseoksa, Patung Buddha Amitabha duduk dari tanah liat, serta Lukisan dinding di Aula Josadang kuil Buseoksa.

kuil hwagyesa korea

Sumber foto: Google

3. Kuil Hwagyesa

Kuil Hwagyesa dibangun sekitar tahun 1522, merupakan kompleks kuil Budha yang tenang karena dikelilingi kaki Gunung Samgak. Kuil Budha ini juga memiliki ikatan yang kuat dengan alam karena dikelilingi juga oleh hutan, sehingga sangat cocok untuk wisata perjalanan spiritual.

Kuil Hwagyesa juga merupakan kuil yang popular bagi para biksu asing untuk berkunjung dan menjalani pendidikan di pusat Pendidikan Budha. Untuk para pengunjung, kuil ini menawarkan kursus meditasi tiga bulan di setiap musim panas, dan juga menawarkan kelar mingguan setiap hari sabtu untuk yang ingin belajar tentang agama Budha.

Baca Juga:

Korean Folk Village: Menelusuri Jejak-Jejak Dinasti Joseon di Korea Selatan

Nah itu dia 3 rekomendasi kuil Budah terkenal yang bisa kamu kunjungi jika ingin merasakan perjalanan spiritual. Saat pergi berlibur jangan lupa memakai tas yang fungsional dan juga fashionable untuk membawa barang-barang esensialmu.

Seperti koleksi tas dari brand Marhen J, yang gak cuma fashionable tapi juga fungsional untuk membawa segala barang-barang esesnsial. Kamu bisa beli tas ini di Marhen J iStyle.id, karena dijamin original authentic Korea, koleksinya cukup lengkap dan juga lagi banyak promo menarik yang bisa kamu dapetin lho. Buruan check out!

Baca Juga:

Kapan Musim yang Bagus untuk Liburan ke Korea?

Comments

You must Register or Login to post a comment.