K-Entertainment - 06 December 2023

Disney Plus & Netflix Gandakan Gaji Aktor dan Aktrisnya

Rafa Syawalia R - 06 December 2023
Disney Plus & Netflix Gandakan Gaji Aktor dan Aktrisnya

Layanan video seperti Disney dan Netflix menaikkan gaji aktor-aktris terkemuka di Korea Selatan secara signifikan. Sebagai contoh, series terbaik di tahun ini seperti The Glory dari Netflix yang menghabiskan biaya produksi sebesar Rp689 miliar dan Moving dari Disney Korea dengan biaya produksi sebesar Rp746 miliar.

Menyikapi hal ini, salah satu alasan utama kenaikan biaya produksi adalah meningkatnya biaya penampilan aktor dan aktris yang gak masuk akal. Dilansir dari Korean Herald Economy, bayaran untuk membintangi aktor untuk Netflix dan Disney diketahui lebih dari dua kali lipat. 

Baca juga:

Drakor ‘Moving’ Akan Berlanjut ke Season 2? Ini Kata Penulis Naskah

The Glory Lanjut ke Season 2, Yuk Kenalan Dulu Dengan Pemainnya!

Berdasarkan audit Majelis Nasional Korea Selatan mengenai Upah Aktor, rata-rata gaji yang didapatkan aktor dan aktris sebagai pemeran utama mencapai Rp1 miliar. Dengan demikian, baik aktor dan aktris akan menerima gaji sebesar Rp2 miliar. Namun, Disney dan Netflix memberikan upah 2 kali lipat sampai menembus angka Rp4 miliar per episodenya.

Menurut pengamatan Professor Seong Dong Gyu dari Universitas Chung-Ang, adanya kenaikan ini, disebabkan tingginya jumlah pelanggan (subscriber). Terlebih lagi, Netflix dan Disney menjadi aplikasi streaming yang mendunia. 

Baca juga: 3 Drama Korea dengan Biaya Produksi Termahal di Tahun 2023

Sedangkan untuk perusahaan streaming lokal Korea seperti TVING dan Wavve sedang melakukan merger untuk mengurangi biaya produksi dan meningkatkan efisiensi supaya mampu bersaing dengan Netflix dan Disney.

Kabar merge kedua perusahaan streaming lokal Korea jika digabungkan akan mendapatkan 9,33 juta pelanggan (subscriber). Namun, kabar ini masih menjadi pembicaraan saja dan belum jelas apakah akan ada sinergi dari kedua perusahaan tersebut.

Comments

You must Register or Login to post a comment.