Lifestyle - 25 October 2022

5 Fakta Tteokbokki, Makanan Khas Korea yang Sering Muncul di Drama Korea

Siti Fatimah - 25 October 2022
5 Fakta Tteokbokki, Makanan Khas Korea yang Sering Muncul di Drama Korea

Siapa sih yang gak kenal tteokbokki? Yup, jajanan khas Korea yang satu ini terbuat dari olahan kue beras dengan perpaduan saus gochujang. Tteokbokki juga menjadi salah satu jajanan khas Korea yang kini sudah banyak dijual di mana-mana, baik disajikan secara langsung maupun dikemas dalam bentuk instan. 

Baca juga: 5 Fakta Gimbap, Makanan Khas Korea yang Sering Muncul di Drama Korea

Hidangan Para Raja yang Kini Merakyat

Tahukah kamu, dahulu hidangan ini hanya dapat dinikmati untuk kalangan raja hingga bangsawan. Hidangan ini akan disajikan untuk para raja dari Dinasti joseon untuk menyambut awal tahun. 

Baca juga: 5 Fakta Bungeoppang, Makanan Khas Korea yang Sering Muncul di Drama Korea

Cita Rasa Berubah Seiring Berkembangnya Zaman

Mengingat makanan ini diperuntukan untuk para raja hingga bangsawan, tteokbokki harus disajikan dengan rasa yang gak pedas. Hingga pada tahun 1953, tteokbokki mulai dibuat . dengan sedikit tambahan rasa pedas tanpa merubah rasa sebelumnya. 

Sebagai pecinta drama Korea, kamu mungkin tertarik untuk mengulik lebih dalam tentang tteokbokki. Gak perlu khawatir, iStyle sudah merangkum beberapa fakta unik tentang tteokbokki yang dapat menambah wawasan kamu seputar hidangan yang satu ini. 

1. Sindang-dong, Rumahnya Tteokbokki

Jika kamu ingin menikmati tteokbokki langsung dari asalnya kamu dapat mengunjungi sebuah perkampungan sekaligus pusat perbelanjaan ini terletak di wilayah Seoul, Korea Selatan. Tempat itu bernama Sindang-dong yang tak lain tempat tinggal dari Ma Bok-rim yang merupakan pelopor tteokbokki versi pedas. 

2. Sederhana namun Memiliki Banyak Manfaat

Dilansir dari drhealthbenefits.com, mengkonsumsi tteokbokki dapat meningkatkan energi pada tubuh, membantu memenuhi protein pada tubuh serta mencegah masalah pencernaan seperti sembelit dan kembung. 

3. Sajian Simple untuk Camilan

Tertarik untuk mencoba merasakan sesasi jajanan Korea yang satu ini? Kamu bisa mencoba membuat sendiri atau kalo kamu gada waktu, kamu bisa beli yang instan. Sudah banyak varian tteokbokki instan yang dijual dipasaran.

4. Rasa yang Autentik dengan Harga Merakyat

Sekarang bukan zamannya tteokbokki disajikan untuk kalangan raja saja, kamu tentu dapat mencoba jajanan unik ini. Kamu bisa mendapatkan tteokbokki dengan harga mulai dari 20ribuan. Bukan hanya untuk orang dewasa, tteokbokki juga hadir dengan rasa yang sesuai untuk anak-anak.

5. Sudah ada produk Halal

Tteokbokki umumnya terbuat dari tepung beras dengan perpaduan saus gochujang. Namun, ada yang beranggapan kalau beberapa saus gochujang tidak dapat dikonsumsi sebagian kalangan karena mengandung alkohol. Namun, kamu bisa dengan mudah mencari produk tteokbokki yang sudah terdapat sertifikasi halal.

Baca juga: 5 Rekomendasi Parfum Dior Dengan Wangi Eksklusif dan Berkelas

Makanan ini dapat kamu jumpai di Korea, terutama pada saat musim dingin. Namun, kamu gak perlu jauh-jauh datang ke Korea, karena jajanan yang satu ini bisa dengan mudah kamu dapatkan secara online di iStyle.id, karena di iStyle #pastikorea.

Comments

You must Register or Login to post a comment.