Lifestyle - 26 September 2023

5 Fakta Bungeoppang, Makanan Khas Korea yang Sering Muncul di Drama Korea

Siti Fatimah - 26 September 2023
5 Fakta Bungeoppang, Makanan Khas Korea yang Sering Muncul di Drama Korea

Hai Teman iStyle! Kita bahas tentang makanan Korea lagi, yuk! Kali ini adalah Bungeoppang.

Baca juga: 5 Fakta Sup Rumput Laut, Makanan yang Disajikan Saat Ulang Tahun di Korea

Waffle Berbentuk Ikan Mas Asal Korea

Bungeoppang merupakan kreasi jajanan unik asal Korea. Nama Bungeoppang terdiri dari dua kata yakni “bungeo” yang berarti “ikan mas” dan “ppang” yang berarti “roti”.

Makanan ini terbuat dari adonan telur, tepung terigu, gula dan air yang dibentuk menyerupai ikan kemudian diberi isian pasta kacang merah yang manis. Makanya, kue ini juga dikenal dengan sebutan kue ikan. 

Selain fun fact diatas, masih banyak lagi hal unik dari makanan yang satu ini. Berikut sekilas fakta unik Bungeoppang, makanan khas Korea yang sering muncul di K-Drama:

Baca juga: Cemilan Korea Tteokkochi dan Tteokbokki, Serupa tapi Tak Sama

Fakta Bungeoppang

Sumber foto: Freepik

1. Jajanan Berkelas Kedai Kaki Lima

Untuk menikmati makanan yang satu ini, kamu nggak perlu mengeluarkan uang lebih untuk sekadar mencicipi. Jajanan ini dapat dengan mudah kamu jumpai di penjaja kaki lima yang ada di Korea.

2. Cara Makan Menunjukkan Karakter Seseorang

Menurut kepercayaan orang Korea, cara makan Bungeoppang dapat menunjukkan karakter seseorang. 

Memakan bagian kepala terlebih dahulu, menandakan seseorang memiliki jiwa kepemimpinan yang kuat. Kemudian, memakan bagian sirip atas terlebih dahi menandakan seseorang memiliki sosok yang senang bekerja sendiri. Sedangkan mengkonsumsi bagian ekor menandakan seseorang tersebut bijaksana.

3. Nggak Ada Kandungan Ikan

Layaknya waffle biasa, Bungeoppang hanya menggunakan adonan yang digunakan untuk pembuatan waffle pada umumnya. Bentuk Bungeoppang menjadi alasannya penamaannya, oleh karena itu bukan berarti Bungeoppang yang berbentuk ikan mas dibuat dengan campuran ikan.

4. Renyah diluar Lembut didalam

Perpaduan antara renyahnya waffle dengan lembutnya selai kacang merah membuat sensasi Bungeoppang banyak digemari orang-orang. Apalagi mengkonsumsi Bungeoppang dalam keadaan hangat selesai dipanggang. 

5. Camilan Simple yang Mudah dibuat

Nggak perlu jauh-jauh terbang ke Korea untuk mencicipi Bungeoppang, kamu dapat berkreasi di dapur untuk membuat makanan yang satu ini. Kamu hanya perlu menyiapkan bahan-bahan serta cetakan khusus berbentuk ikan sehingga mirip dengan Bungeoppang. 

Baca juga: 5 Jenis Mie khas Korea, Udah Pernah Coba yang Mana Aja?

Itu tadi fakta unik terkait Bungeoppang. Teman iStyle tertarik mencoba makanan satu ini? atau mungkin tertarik untuk coba bikin sendiri dirumah? Kamu bisa beli bahan-bahannya di Lotte Mart melalui iStyle.id.  Lagi ada Promo Gajian yang ngasih diskon up to 50%. Bikin belanja makin irit!

Comments

You must Register or Login to post a comment.