Foodies - 18 March 2022

10 Jenis Pasta Lezat untuk Berbagai Hidangan Istimewa

Khansa Zhafira - 18 March 2022
10 Jenis Pasta Lezat untuk Berbagai Hidangan Istimewa

Sudah sejak lama, pasta telah menjadi hidangan klasik asal Italia yang fenomenal. Hidangan ini biasanya terbuat dari tepung terigu dan air dan datang dari berbagai macam bentuk serta ukuran.

Oleh karena itu, setiap jenis pasta memiliki tujuan hidangan yang berbeda sehingga perlu disesuaikan dengan kebutuhan. Memang apa saja sih jenis pasta yang saat ini bisa Anda temukan di pasaran dengan mudah? Berikut adalah listnya!

1. Spaghetti

Spaghetti adalah salah satu jenis pasta paling terkenal dan sering digunakan. Bentuknya panjang dan tipis, ideal untuk saus yang menempel seperti bolognese, carbonara, atau marinara. 

Cara memasaknya pun cukup mudah, rebus dalam air mendidih yang diberi garam selama 8-12 menit hingga al dente.

2. Penne

Penne memiliki bentuk tabung dengan ujung yang miring. Permukaannya yang bergelombang membuatnya bagus menampung saus tebal. Rebus penne dalam air mendidih selama sekitar 10-12 menit hingga al dente.

3. Fettuccine 

Fettuccine adalah pasta lebar dan datar yang sempurna untuk saus krim, terutama saus Alfredo. Rebus dalam air mendidih selama 8-10 menit hingga lembut.

4. Farfalle

Dikenal juga sebagai "bowtie" pasta, farfalle memiliki bentuk seperti kupu-kupu atau dasi kupu-kupu. Permukaan yang lebar membuatnya cocok untuk saus ringan atau salad pasta. Rebus selama 10-12 menit hingga al dente.

5. Rotini

Rotini adalah pasta berbentuk spiral atau corkscrew yang bagus untuk menangkap saus. Cukup rebus selama 8-10 menit dan Anda akan mendapatkan pasta yang lezat dan mudah diolah.

6. Linguine

Linguine mirip dengan spaghetti, tetapi lebih lebar dan pipih. Cocok untuk saus cair atau saus ikan. Rebus dalam air mendidih selama 9-11 menit.

7. Rigatoni

Rigatoni adalah tabung pasta berukuran besar dengan permukaan bergerigi. Cocok untuk saus kental dan dipanggang. Rebus selama 12-14 menit hingga al dente.

8. Orzo

Meskipun bentuknya mirip dengan nasi, orzo sebenarnya adalah pasta. Cocok untuk sup atau salad pasta. Rebus dalam air mendidih selama 8-10 menit.

9. Lasagna

Lasagna adalah lembaran pasta datar yang digunakan dalam hidangan lasagna yang terkenal. Umumnya direndam dalam air panas sebelum digunakan dalam lapisan hidangan lasagna.

10. Tortellini

Tortellini adalah pasta berbentuk cincin yang biasanya diisi dengan daging, keju, atau sayuran. Cara memasaknya pun juga cukup mudah, yaitu tunggu selama 7-10 menit hingga mengapung dan tambahkan bumbu sesuai selera hingga siap disajikan.

Kabar baiknya, berbagai jenis pasta ini sudah bisa Teman iStyle dapatkan semua loh secara lengkap di Lotte Mart iStyle.id! Yuk kreasikan pasta untuk menjadi jenis hidangan istimewa!

Comments

You must Register or Login to post a comment.