Lifestyle - 21 February 2024

Yuk, Perhatikan 5 Peraturan Tak Tertulis Saat Liburan Korea Selatan

Stefani Ditamei - 21 February 2024
Yuk, Perhatikan 5 Peraturan Tak Tertulis Saat Liburan Korea Selatan

Memilih Korea Selatan sebagai destinasi wisata adalah pilihan yang tepat. Di sana, Teman iStyle memiliki kesempatan untuk melakukan berbagai hal seru dan pilihan wisata yang menarik. Hal yang disukai turis saat berlibur ke Korea Selatan adalah kuliner, wisata alam yang indah, dan wisata budaya. Silahkan dipilih sesuai selera dan keinginan, ya!

Apapun destinasi wisata yang terpilih, jangan lupa untuk memerhatikan aturan tak tertulis. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi perbedaan budaya negara asal kita dan Korea Selatan. Simak beberapa aturannya di bawah ini:

Peraturan Tak Tertulis Saat Liburan Korea Selatan

Sumber Foto: Google

Hindari Menerima Barang dengan Satu Tangan

Pada umumnya, budaya di negara Indonesia mostly mengajarkan untuk menerima dengan tangan kanan. Namun, di Korea Selatan menerapkan budaya untuk memberi dan memberikan barang dengan kedua tangan. Sama halnya dengan menerima kartu tanda pengenal, hadiah, maupun barang, sebaiknya menerima dengan kedua tangan.

Baca juga: 5 Tempat Wisata di Seoul yang Jadi Lokasi Syuting Drakor

Peraturan Tak Tertulis Saat Liburan Korea Selatan

Sumber Foto: Google

Jangan Minum Berhadapan Langsung dengan Orang yang Lebih Tua

Aturan yang satu ini seringkali muncul di film dan drama Korea. Teman iStyle pasti pernah melihat scene dimana seseorang yang lebih muda akan memalingkan mukanya saat minum di depan orang yang lebih tua. Hal ini dilakukan sebagai bentuk respect dan hormat, lho. Itulah sebabnya, sebaiknya hindari minum secara langsung di depan orang yang lebih tua.

Sumber Foto: Google

Tunggu Orang Tua Makan Lebih Dulu

Sama halnya dengan budaya minum, di Korea Selatan menerapkan aturan tak tertulis saat di meja makan. Upayakan untuk menunggu orang tua terlebih dahulu untuk mengambil makanan. Ini juga bentuk hormat dan respect terhadap seseorang yang usianya lebih tua dari kita. Selain itu, usahakan untuk gak meninggalkan meja sebelum selesai makan. 

Baca juga: Lagi Trend! 5 Tempat Wisata Daegu, Korea Selatan

Peraturan Tak Tertulis Saat Liburan Korea Selatan

Sumber Foto: Google

Buah Sampah Sesuai Jenisnya

Nah, selanjutnya adalah peraturan tak terulis tentang membuang sampah di Korea Selatan. Negara yang populer dengan tanaman ginseng ini memberlakukan sistem jongnyangie atau pemilahan terhadap jenis sampah. 

Jangan kaget jika berkunjung ke Korea Selatan akan melihat tong sampah yang terbagi dalam beberapa jenis, yakni: khusus untuk membuang botol, plastik, kaleng, dan kertas. 

Sumber Foto: Google

Makan dan Minum di dalam Bus

Berlibur ke Korea Selatan memang direkomendasikan untuk menggunakan transportasi publik. Selain murah, transportasi publik mampu menjangkau di berbagai tempat dan tentunya memberikan kenyamanan. Namun, perhatikan aturan tak tertulis tentang makan dan minum di bus, ya! Jika dilakukan, aktivitas tersebut dapat mengganggu penumpang yang lain dan mengotori bus. 

Baca juga: Hemat Budget, 5 Wisata Gratis di Pulau Jeju

Itulah informasi singkat tentang 5 peraturan tak tertulis saat mengunjungi Korea Selatan. Semoga informasi ini bermanfaat buat Teman iStyle yang berniat untuk berlibur ke sana. Baca terus artikel di K-HUB iStyle.id, ya! Banyak artikel yang membahas tentang destinasi wisata di Korea Selatan. Selain itu, dapatkan juga berbagai produk fashion untuk melengkapi liburanmu. Salah satunya adalah Marhen J, Vegan Eco Fashion Bag asal Korea Selatan yang sering dipakai oleh idol dan artis Korea Selatan. Dapatkan tas Marhen J pilihanmu di iStyle.id!

Comments

You must Register or Login to post a comment.