Lifestyle - 18 December 2023

Punya Beragam Bentuk, Ini 7 Jenis Hanbok Korea dan Ciri Khasnya

Risti Fauziyah Habibie - 18 December 2023
Punya Beragam Bentuk, Ini 7 Jenis Hanbok Korea dan Ciri Khasnya

Pakaian tradisional Korea ini banyak dikenal berkat beragamdrama Korea bertema sejarah. Ternyata, hanbok punya banyak jenis, loh. 

Biar gak penasaran, yuk simak ulasan seputar jenis hanbok Korea dan ciri khasnya di bawah ini!

7 Jenis Hanbok Korea dan Ciri Khasnya

jenis hanbok

Sumber Foto: Google

Jeogori

Yang pertama ada jeogori. Di Korea, hanbok jenis ini dikenal sebagai hanbok dengan atasan yang pendek dan kerah berbentuk segitiga. 

Untuk pria, hanbok ini berukuran lebih besar dan menutupi sampai badan bagian tengah. Sedangkan untuk wanita, hanbok ini hanya menutupi badan bagian atas. 

jenis hanbok

Sumber Foto: Google

Dangui

Selanjutnya ada dangui yang merupakan hanbok berbentuk jaket dari zaman Joseon. Sebenarnya, hanbok ini digunakan sebagai pakaian santai wanita istana dan pakaian resmi warga sipil biasa. 

Dangui yang digunakan oleh ratu dan putri kerajaan biasanya punya detail emas khusus, beda dengan dangui milik wanita bangsawan yang lebih polos. 

Uniknya, hanbok ini berbentuk panjang dan punya lengkungan di bagian ujung pakaiannya. 

Baca Juga: 5 Tempat Seru Saat Liburan ke Gangnam, Korea Selatan

jenis hanbok

Sumber Foto: Google

Durumagi 

Beda dengan yang lain, hanbok ini sering digunakan untuk menghangatkan tubuh saat musim dingin. Kerah durumagi sendiri mirip dengan jeogori dengan bentuk bagian badan yang lebar.

Sejak dulu, durumagi juga biasa digunakan seperti mantel oleh pria dan wanita. 

jenis hanbok

Sumber Foto: Google

Gwanbok

Gwanbok sendiri adalah pakaian seragam sipil atau anggota bela diri di zaman Joseon, nih. Keunikannya terletak di bagian kerah yang melingkar dan terdapat lencana yang menunjukkan pangkat di bagian depan dan belakang. 

Biasanya, hanbok ini digunakan oleh para pria nih, Teman iStyle. 

Baca Juga: 5 Rekomendasi Jajanan Musim Dingin di Korea Selatan

jenis hanbok

Sumber Foto: Google

Dopo

Hanbok jenis ini biasa digunakan sebagai mantel oleh raja dan anak bangsawan di akhir era Joseon. Selain itu, dopo juga digunakan sebagai pakaian resmi dan dipakai saat ritual. 

Selain itu, dopo juga sering dipakai oleh murid terpelajar neo-konfusianisme karena mengandung nilai konfusius yang kuat. 

jenis hanbok

Sumber Foto: Google

Hwarot

Selanjutnya ada hwarot, hanbok untuk mempelai wanita yang diadaptasi dari hongjangsam, jubah pengantin merah kaum bangsawan. Selain itu, hwarot juga digunakan saat berbagai upacara adat. 

Biasanya, hwarot memiliki motif yang cantik, mulai dari bunga sampai kupu-kupu.

Baca Juga: 7 Etika Budaya Korea Selatan yang Perlu Diketahui Jika Ingin Ke Korea

jenis hanbok

Sumber Foto: Google

Gonryongpo

Gonryongpo sering digunakan para raja. Karena terdapat gambar naga, hanbok ini juga disebut dengan jubah naga yang menunjukkan kekuasaan. 

Selain raja, hanbok ini juga digunakan para putra mahkota. Bedanya, putra mahkota menggunakan gonryongpo warna biru dengan naga empat cakar. Sementara itu, raja mengenakan gonryongpo merah dengan naga lima cakar. 

Itu dia tadi info seputar jenis hanbok Korea dan ciri khasnya, Teman iStyle. Kamu paling suka desain hanbok yang mana nih?

Comments

You must Register or Login to post a comment.