Beauty - 26 October 2023

Kulit Tanganmu Kering? Yuk Coba 4 Tips Merawat Kulit Tangan a la Beauty Expert Korea Ini!

Risti Fauziyah Habibie - 26 October 2023
Kulit Tanganmu Kering? Yuk Coba 4 Tips Merawat Kulit Tangan a la Beauty Expert Korea Ini!

Perubahan musim yang menentu bisa aja membawa banyak pengaruh buat kulit kita, nih. Terutama kulit tangan.

Selain karena faktor cuaca, kulit tangan bisa aja kering karena produk sabun yang kita pakai nih. Kira-kira gimana ya cara merawat kulit tangan yang baik?

Biar tahu jawabannya, yuk simak ulasan tentang tips merawat kulit tangan a la beauty expert Korea di bawah ini! 

Tips Merawat Kulit Tangan a la Beauty Expert Korea

tips merawat kulit tangan

Sumber Foto: Freepik

Hindari Detergen yang Terlalu Kuat

Dilansir dari Elle Korea, cara pertama yang bisa kamu lakukan buat merawat kulit tangan adalah menghindari detergen yang terlalu kuat, nih. Deterjen yang berbahan utama surfaktan dapat melarutkan minyak dalam air. 

Akibatnya kulit tangan yang hanya memproduksi sedikit minyak bisa jadi kering dan membentuk kerutan halus karena zat ini. Gak hanya itu eksim bisa aja terjadi, nih.

Jadi pastikan kamu menggunakan sabun lembut yang bisa melembabkan kulit, ya. 

Selain itu, jangan lupa buat menggunakan sarung tangan karet saat mencuci piring atau baju. Kamu juga bisa menggunakan hand cream yang bisa membentuk lapisan pelindung tambahan buat kulitmu. 

Kamu bisa menggunakan hand cream Nature Republic yang bisa melembutkan kulitmu dengan berbagai aroma yang lembut, nih. Selain itu, kamu juga bisa coba hand cream MUTOUCH yang punya pH seimbang.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Skincare Korea saat Musim Dingin

tips merawat kulit tangan

Sumber Foto: Unsplash

Gunakan Retinol dan AHA di Malam Hari

Kulit tangan punya struktur yang berbeda dengan kulit wajah nih. Kulit tangan dan kulit kaki punya bagian transparan yang melindungi bagian dalam dari rangsangan fisik dan stratum korneum yang tebal. 

Karenanya, kamu mungkin perlu bahan-bahan aktif yang mampu melembapkan kulit secara maksimal. Kamu bisa menggunakan produk yang mengandung AHA di malam hari, nih.

Selain itu, kamu juga bisa melakukan perawatan sendiri. Cukup rendam tangan dengan handuk hangat, hilangkan sel kulit mati dengan scrub dan oleskan hand cream. Oh iya, saat scrubbing, sebaiknya jangan berlebihan ya.

Baca Juga: 3 Rekomendasi Sunscreen Skinfood, Cegah Bahaya Sinar UV dengan Efektif

tips merawat kulit tangan

Sumber Foto: Unsplash

Gunakan Sunscreen 

Agar kulit tangan terlindungi maksimal, kamu bisa menggunakan sunscreen. Selain dapat melembabkan kulit, sunscreen dapat melindungi kulit dari sinar UV.

Dilansir dari Elle Korea, sebuah penelitian yang dimuat di jurnal Nature Communications menunjukkan kalo sinar UV bisa menyebabkan kematian sel kulit bahkan kerusakan DNA. 

Karena itu, saat mengeringkan cat kuku dengan sinar UV, jangan lupa juga untuk melindungi kulit tanganmu dengan mengoleskan sunscreen di ujung jari dan menggunakan sarung tangan, ya.

Baca Juga: 5 Hand Cream Korea yang Bikin Tangan Lembut Seharian

tips merawat kulit tangan

Sumber Foto: Freepik

Menjalani Gaya Hidup Sehat

Seiring bertambahnya usia, kolagen dan lemak bakal berkurang dari kulit sehingga kulit makin rentan mengalami kekeringan. Buat mengetes elastisitas kulit, kamu bisa melakukan tes mencubit kulit tangan yang disarankan oleh dokter kulit, salah satunya Dr. Banwell yang merupakan dokter bedah kulit dari Inggris. 

Caranya, kamu bisa menarik kulit punggung tangan dan seberapa cepat kulit akan kembali ke bentuk semula. Kulit orang di usia kurang dari 30 tahun butuh waktu 1-2 detik, sementara orang usia 30-45 tahun butuh waktu 3-4 buat kembali ke bentuk semula. 

Sedangkan orang usia 45 tahunan ke atas butuh waktu sekitar 5-9 detik. Selain itu, kamu juga bisa merawat kulitmu dengan hidup sehat.

Mulai dari makan makanan yang seimbang, minum air dan tidur yang cukup serta berolahraga. 

Itu dia tips merawat kulit tangan a la beauty expert Korea. Gimana, kamu udah siap buat mencobanya, Teman iStyle?

Oh iya, kamu juga bisa dapetin beragam skincare kebutuhanmu di iStyle.id. Apalagi sekarang ada promo Amazin6 Beautiversarry, nih.

Kamu bisa dapetin beragam beauty item dengan harga under 100K. Ada juga diskon up to 25% yang menunggumu. 

Tunggu apa lagi? Yuk cus checkout wishlist-mu!

Comments

You must Register or Login to post a comment.