K-Pop Zone - 24 October 2023

Kontroversi Konsep Album Taemin SHINee yang Dianggap Plagiat Album Milik V BTS

Adinda Fitriayu - 24 October 2023
Kontroversi Konsep Album Taemin SHINee yang Dianggap Plagiat Album Milik V BTS

Di dunia K-Pop yang serba cepat dan terus berkembang, gak jarang idol dan agensi menjadi sorotan karena berbagai alasan, mulai dari pencapaian yang memecahkan rekor hingga kontroversi dan skandal.

Baru-baru ini, SM Entertainment, salah satu agensi hiburan paling terkemuka di Korea Selatan, menjadi pusat perdebatan sengit dan mendapat kecaman karena dugaan plagiarisme mengenai desain album milik Taemin SHINee.

Tuduhan tersebut gak hanya menimbulkan keheranan tetapi juga memicu kemarahan di kalangan penggemar BTS. Awal tahun ini, dunia K-Pop menyaksikan perilisan album debut V BTS yang bertajuk ‘Layover’ yang langsung membuat heboh karena konsepnya yang inovatif dan berbeda.

Para ARMY (fans BTS) terkagum-kagum dengan album fisik unik yang seolah mewakili V dalam berbagai cara artistik, melepaskan diri dari desain konvensional. Desain album ini menangkap esensi individualitas dan kreativitas artis, sehingga mendapat pujian dan kekaguman.

Baca Juga:

Album SEVENTEEN ‘SEVENTEENTH HEAVEN’ Pecahkan Rekor Pre-Order Stok Tertinggi Dalam Sejarah K-Pop

Namun, kontroversi bermula ketika SM Entertainment mulai memberikan bocoran perilisan album baru Taemin SHINee yang bertajuk ‘Guilty’. Pada tanggal 22 Oktober, akun Twitter resmi SHINee meluncurkan sebuah foto yang memberikan gambaran sekilas tentang apa yang diharapkan para penggemar dari album Taemin mendatang, yang mencakup preview lagu, foto konsep, dan kemasan luar album.

ARMY dengan cepat bereaksi, mengungkapkan kekecewaan mereka ketika mereka mengklaim bahwa SM Entertainment diduga meniru konsep dan elemen desain dari album ‘Layover’ milik V.

Suber foto: Twitter (v_hotrends)

Kesamaan mencolok yang menarik perhatian mereka antara lain kemiripan kotak album bagian luar, gaya foto konsep, dan fakta bahwa salah satu lagu Taemin memiliki judul ‘Blue’ yang sama dengan lagu dari album V.

Berikut beberapa komentar dari para K-Netz:

"Woah, ini Terinspirasi dari Layover karya V? Woahhhhh Kim Taehyung itu cetak birunya. Idol of Idol~"

"Serius, SM Entertainment? Gak bisakah kamu membuat sesuatu yang orisinal? Ini plagiarisme terang-terangan!"

"Aku gak percaya mereka akan bertindak serendah itu dengan meniru desain album BTS V. SM Entertainment harus bertanggung jawab atas ini!"

"Sangat mengecewakan melihat perusahaan sebesar SM Entertainment melakukan plagiarisme. Mereka seharusnya lebih tahu!"

"Entah disengaja atau gak, kemiripan antara kedua desain album ini sungguh luar biasa. SM Entertainment harus mengatasi masalah ini."

"Aku merasa kasihan pada Taemin karena dia gak pantas terlibat dalam kontroversi ini. Ini adalah tanggung jawab SM Entertainment untuk memastikan orisinalitasnya."

"Ini hanyalah contoh lain dari kurangnya kreativitas SM Entertainment. Mereka perlu belajar menghargai karya artis lain."

Baca Juga:

Resmi Dibubarkan! Ini Nasib Keena dan Tiga Member FIFTY FIFTY Lainnya

Tuduhan plagiarisme telah menyebabkan perdebatan online yang sengit, dari para penggemar yang  berbagi pendapat dan emosi mereka di platform media sosial, terutama Twitter. Kontroversi ini menyoroti kesetiaan dan semangat yang kuat yang dimiliki penggemar terhadap idol kesayangan mereka dan kesediaan untuk melawan apa yang mereka anggap sebagai praktik gak adil.

Seiring dengan perkembangan situasi, masih harus dilihat apakah SM Entertainment akan mengatasi tuduhan ini dan memberikan kejelasan mengenai pilihan desain untuk album Taemin mendtang.

Wah gimana nih menurut Teman iStyle dengan kehebohan ini? Coba komen di bawah ya!

Baca Juga:

Tracklist & Jadwal Rilis Comeback KISS OF LIFE 'Born to be XX'

Comments

You must Register or Login to post a comment.