Tips & Trick - 25 September 2022

3 Tips Mudah untuk Merawat Rice Cooker Supaya Lebih Awet dan Tahan Lama

Khansa Zhafira - 25 September 2022
3 Tips Mudah untuk Merawat Rice Cooker Supaya Lebih Awet dan Tahan Lama

Kehadiran rice cooker tentu semakin memudahkan banyak orang untuk dapat menikmati nasi dengan cara yang lebih simpel daripada menanak di atas kompor.

Namun seringnya penggunaan rice cooker pada berbagai rumah tangga ini, ternyata membuatnya seringkali lebih rentan untuk mengalami kerusakan.

Oleh karena itu, supaya rice cooker milikmu bisa terus digunakan untuk waktu yang lama tanpa perlu khawatir mengalami kerusakan, maka ada beberapa tips yang dapat Teman iStyle ikuti, diantaranya adalah:

1. Pastikan untuk Membersihkan Rice Cooker Rutin

Setelah menggunakan rice cooker, pastikan untuk membersihkannya secara menyeluruh. Matikan aliran listrik dan biarkan alat mendingin sebelum membersihkannya. Jangan menggunakan air mengalir langsung pada bagian listrik atau kabel. 

Bersihkan sela-sela besi bagian dalam jika memungkinkan sehingga seluruh bagian rice cooker bisa terbebas dari nasi-nasi sisa yang telah mengeras.

2. Hindari Penggunaan Alat Besi

Saat mengambil nasi, pastikan untuk menggunakan sendok seperti kayu untuk menghindari merusak lapisan anti lengket pada wadahnya.

Selain itu, pastikan juga untuk mencuci rice cooker dengan spons lembut bukan sabut besi untuk menghindari goresan yang merusak estetika wadah.

JIka masih banyak nasi lengket yang menempel, dibandingkan dengan menggosoknya menggunakan sabut besi, lebih baik wadah direndam terlebih dahulu.

Setelah nasinya melunak dan tidak lengket barulah bisa dibersihkan seperti biasa dengan spons yang lembut.

3. Gunakan Air Bersih

Terakhir, pastikan untuk selalu menggunakan air bersih dan segar untuk memasak nasi. Air yang kotor atau berminyak dapat merusak bagian dalam rice cooker dan mempengaruhi hasil masakan nasi.

Nah demikianlah 3 tips mudah yang dapat Teman iStyle lakukan untuk merawat rice cooker supaya lebih awet dan tahan lama.

Kabar baiknya, berbagai jenis rice cooker berkualitas dengan promo dan diskon menarik sudah bisa kamu dapatkan di iStyle.id loh! Yuk cek sekarang!

Comments

You must Register or Login to post a comment.