Fashion - 21 July 2021

6 Cara Mudah Bedakan Jam Tangan Rolex Datejust Asli dan Palsu

FX Prasetyo - 21 July 2021
6 Cara Mudah Bedakan Jam Tangan Rolex Datejust Asli dan Palsu

Rolex Datejust merupakan salah satu jam tangan paling ikonik yang seringkali dipakai sejumlah kalangan selebriti hingga sosialita.

Statusnya sebagai jam tangan termasyhur gak membuatnya aman dari produk-produk palsu. Untuk itu, Teman iStyle yang berencana ingin berinvestasi pada jam tangan mewah ini harus bisa mengetahui Rolex yang asli.

Untuk membantu Teman iStyle mencari tahu, berikut ini beberapa panduan untuk bisa mengetahui jam tangan Rolex dari seri Datejust mana yang asli dan yang palsu.

Baca juga: Invicta Pro Diver 35853: Sebuah Berlian Dalam Jam Tangan Penyelam Otomatis

Sejarah Jam Tangan Rolex Datejust

Rolex adalah brand jam tangan paling mewah dan terkenal asal Swiss yang berdiri pada tahun 1905. Merek ini unggul dalam pembuatan jam tangan yang bagus dan inovasi teknisnya, serta banyak dipakai oleh orang-orang cerdas di seluruh dunia.

Salah satu jam tangan paling legendaris dan ikonik dari Maison adalah Rolex Datejust yang diperkenalkan pada tahun 1945. Datejust adalah berarti jam tangan pemuntir otomatis pertama yang punya bukaan jendela tanggal.

Arloji tersebut telah mengubah dunia horologi dengan fitur-fiturnya yang khas dan mekanisme kompleks yang sangat berkembang. Tampilan Datejust mengesankan dan unik untuk dikoleksi.

Salah satunya adalah Datejust 28 Dark Grey Oyster Steel. Jam Rolex ini memiliki gesper lipat oysterclap dengan tautan ekstensi kenyamanan easylink 5 mm, dan gelangnya terbuat dari oystersteel.

Selama bertahun-tahun, Datejust masih mempertahankan teka-teki yang gak tertandingi dan terus berkembang secara spektakuler, sehingga menghasilkan popularitas yang meningkat setiap tahunnya.

Tips Mengetahui Jam Tangan Rolex yang Palsu

Panduan berikut ini akan membantu Teman iStyle bermanuver dengan terampil untuk bisa menemukan jam tangan Rolex yang asli.

rolex datejust

Sumber: Google

1. The Date Window

Datejust punya fitur yang paling luar biasa, yaitu the date window atau jendela tanggal. Jam tangan yang asli menggunakan lensa cyclops yang memperbesar angka dan diletakkan tepat di tengah penanda jam tiga.

Kalau yang palsu, lensanya bisa saja gak pas di jendela. Selain itu, lensa untuk memperbesar angka tanggalnya terlihat gak merata.

Sumber: Google

2. Dial

Dial adalah titik fokus jam tangannya, karenanya pemeriksaan yang cermat bisa mengungkapkan banyak hal mengenai keaslian jam tangan tersebut. Mulai dari bentuk dan ukuran penanda, logo mahkota, dan label merek pada Datejust yang asli lebih tajam, presisi, serta bersih.

Sementara yang palsu ukuran font bisa berbeda-beda. Kalau diperhatikan banyak versi palsunya yang menampilkan label merek dengan huruf yang lebih tebal. Penandanya bisa sedikit besar dan gak beraturan. Selain itu pangkal logo mahkotanya terkadang berbentuk bulat, sedangkan bentuk aslinya lonjong.

Baca juga: 4 Rekomendasi Jam Tangan Oris Terbaik, Jaminan Kualitas Dunia!

rolex datejust

Sumber: Google

3. Rehaut

Jam tangan Rolex seri Datejust yang asli punya ukuran “ROLEX” berulang kali pada rehautnya. Menariknya, semua huruf R di Rolex harus bertepatan dengan penanda jam di sebelah kiri dial, dan semua X harus sesuai dengan penanda jam di sebelah kanan.

Logo mahkota harus ada di rehaut sejajar dengan indikator jam 12. Di sini, keselarasan memainkan peran penting dan merupakan detail yang sering disalin dengan buruk oleh tiruannya.

4. Mekanisme

Sebagian besar, jam tangan seri Datejust digerakkan oleh gerakan otomatis. Oleh karena itu, jarum detik pada dial akan bergerak dengan cepat seperti gerakan menyapu. Datejust palsu, jarum detik mungkin melompat dari satu detik ke detik berikutnya mengikuti suara detak, menunjukkan gerakan kuarsa.

Saat mengautentikasi Datejust, pastikan untuk mengecek bagaimana tanggal berubah. Tanggal harus berubah seketika pada tengah malam. Kalau jam tangan Teman iStyle membutuhkan waktu untuk mengubah tanggal, itu pasti palsu.

Baca juga: Tips Bergaya dengan Jam Tangan Mewah ala Karakter di Drakor

Sumber: Google

5. Nomor Seri

Nomor seri juga harus di cek saat akan membeli jam tangan Rolex ini. Setiap jam tangan Rolex disesuaikan dengan nomor seri yang unik. Sementara versi lamanya Datejust membawa ukiran nomor seri di antara lugs di bagian dalam pada posisi jam 6 (harus lepas gelang untuk melihatnya), dan versi barunya ada pada rehaut pada jam 6.

rolex datejust

Sumber: Google

6. Bahan dan Batu Permata

Rolex punya reputasi yang dibangun di atas keahlian yang sempurna. Setiap jam tangan dirakit dengan presisi dan kehalusan sedemikian rupa sehingga konstruksi dan detailnya sulit ditiru. Saat menemukan Datejust yang palsu, seseorang bisa mencari tahu pada bahan yang dipakai.

Jam tangan Datejust yang asli terbuat dari baja tahan karat atau emas 18 karat. Jika jam tangan menampilkan berlian, mereka akan punya rentang kejernihan yang tinggi dan diatur dengan cermat.

Datejust adalah paradigma utama kemewahan dan keunggulan horologis dari Rolex. Dengan modus operandi Maison yang luar biasa dan dedikasi untuk memproduksi jam tangan terbaik, Rolex Datejust yang asli memancarkan pesona misterius dan penyempurnaan yang mustahil untuk ditiru.

Namun, seiring berkembangnya pasar replika semakin sulit membedakan yang asli dan yang palsu. Untuk memastikan bahwa Teman iStyle berinvestasi pada Rolex asli, berbelanja dengan cerdas di iStyle.id dan menggunakan panduan ini untuk menemukan arloji yang palsu dengan mudah.

Di iStyle, ada beberapa varian Datejust dari Rolex yang bisa dibeli dengan potongan harga hingga 30%. Cek sekarang juga di situs resminya!

Sumber:

Blog The Luxury Closet

Comments

You must Register or Login to post a comment.