K-Pop Zone - 04 July 2023

Jenis-jenis Album K-Pop, K-Popers Kalian Harus Tahu!

Neng Osa Nurohmah - 04 July 2023
Jenis-jenis Album K-Pop, K-Popers Kalian Harus Tahu!

Album K-Pop merupakan salah satu merchant yang paling banyak dikoleksi oleh para penggemar K-Pop. Meskipun saat ini sudah marak sekali platform musik digital, tetapi album K-Pop masih sangat laku di kalangan para penggemar.

Salah satu hal yang membuat album K-Pop tetap laris manis adalah karena desainnya yang unik dan menarik. Selain itu, saat membeli album, para penggemar biasanya akan mendapatkan item lain seperti photocard, audio CD, poster, photobook, dan lain-lain.

Nah, Teman iStyle tahu gak kalau album K-Pop ternyata punya beberapa jenis. Beda jenis album, isian albumnya juga bisa berbeda, loh. Lalu, apa saja jenis-jenis album K-Pop? Berikut penjelasannya.

Baca juga: FIND YOUR TREASURE, Ini Koleksi Merchandise TREASURE yang Harus Teume Miliki

Jenis-jenis Album K-Pop

Sumber foto: Katalog iStyle

Mini Album

Mini album adalah salah satu jenis album paling umum di kalangan K-Popers. Bisa dikatakan bahwa mini album adalah yang paling banyak dirilis oleh grup K-Pop. Biasanya grup yang baru debut akan mengeluarkan mini album sebelum akhirnya merilis full album.

Mini album biasanya berisi 5-7 lagu. Bentuknya gak sebesar full album atau repackaged album, tetapi mini album masih sangat worth to buy banget loh, Teman iStyle.

Jenis-jenis Album K-Pop

Sumber foto: Katalog iStyle

Full Album

Salah satu jenis album yang sering ditemukan lainnya adalah full album. Album jenis ini adalah yang paling dinantikan oleh para penggemar. Bagaimana tidak, isi dalam full album biasanya lebih lengkap dan totalitas dibandingkan dengan jenis album lainnya.

Full album biasanya berisi 10-16 lagu. Comeback full album juga bisa jadi penanda bahwa sang idola akan melakukan tur konser. Nah, kalau idola kalian merilis full album, siap-siap untuk bertemu mereka di tur konser musiknya.

Baca juga: Apa Saja Isi Album K-Pop? Ini yang Akan Kamu Dapatkan Saat Beli Album K-Pop

Repackaged Album

Sumber foto: Katalog iStyle

Repackaged Album

Repackaged album adalah salah satu jenis album yang cukup langka karena hanya dirilis di waktu-waktu tertentu saja. K-Popers banyak melabeli album ini sebagai special album

Repackaged album bisa dikatakan sebagai pelengkap dari full album. Album jenis ini biasanya dirilis sekitar sebulan atau dua bulan setelah full album. Lagu-lagu dalam repackaged bisa juga kamu temukan di full album, tetapi ada tambahan lagu di jenis album ini yang sudah pasti gak akan kamu temukan di full album.

Single Album

Sumber foto: Katalog iStyle

Single Album

Kalau mau diurutkan, jenis album mungkin bisa diurutkan seperti ini, full album, mini album, lalu single album. Single album biasanya hanya berisi gak lebih dari 4 lagu, lebih sedikit dibandingkan mini album. Ukurannya juga jauh lebih kecil dibandingkan dengan full album.

Baca juga: Merchandise K-Pop, BLACKPINK Keluarkan BLACKPINK Photo Keyring

Kihno Album

Album jenis ini bisa dibilang hanya ada di musik K-Pop atau dimulai oleh para musisi K-Pop. Album khusus dari salah satu versi mini atau full album ini sering disebut sebagai reguler album, padahal kedua jenis album ini punya perbedaan.

Isi album kihno adalah photocard, kihno atau muz kit, serta kertas petunjuk cara pemakaian. Di album ini gak terdapat audio CD karena lagu tersedia secara digital dalam kihno kit. 

Untuk penggunaan, kamu harus install aplikasi Kihno Player supaya bisa mengoperasikannya. Selain lagu, Kihno Kit juga berisi photocard dalam bentuk digital.

Digital Single Album

Album jenis ini gak ada bentuk fisiknya karena hanya tersedia dalam bentuk digital. Digital single album biasanya hanya berisi satu lagu saja. 

Gimana para K-Popers, sekarang sudah tahu kan jenis-jenis album K-Pop? Sekarang kalian pasti lebih bisa memutuskan mau membeli jenis album yang mana. Namun, jenis album apapun yang kalian beli, jangan lupa untuk membelinya di olshop kepercayaan kalian, iStyle.id.

Comments

You must Register or Login to post a comment.