Lifestyle - 06 June 2021

Bersih-besih ala Jepang dengan Metode Konmari

Siti Fatimah - 06 June 2021
Bersih-besih ala Jepang dengan Metode Konmari

Konmari adalah metode beres-beres atau membersihkan rumah yang pertama kali ditemukan oleh Marie Kondo, seorang konsultan kebersihan terkenal akan ide revolusionernya yang berasal dari Jepang. Marie Kondo ini juga seorang penulis buku berjudul The Life Changing of Tidying Up: The Japanese Art of Decluttering and Organizing. Buku ini diadaptasi menjadi sebuah serial Netfilx dengan judul Tidying Up with Marie Kondo.

Baca juga: Park Eun Bin Bakal Bintangi Drakor tvN Terbaru ‘Diva of the Deserted Island’

Sumber foto: Google

Cara Menerapkan Metode Konmari

1. Kategori Barang

Marie Kondo menyarankan untuk merapikan rumah berdasarkan kategori, bukan berdasarkan ruangan, Dengan cara ini, Teman iStyle akan mengetahui jumlah handuk yang dimiliki dan dapat mengatur serta memilahnya dengan lebih efisien.

Menurut Marie Kondo, kategori pakaian harus menjadi prioritas pertama dalam proses merapikan, karena biasanya memiliki keterikatan emosional yang lebih rendah dibandingkan dengan kategori lainnya seperti buku dan surat.

2. Merapikan Secara Vertikal

Dengan menyimpan barang secara vertikal, terutama pakaian Marie Kondo mengatakan akan membuat tampilan penyimpanan menjadi lebih rapi. Marie Kondo menyarankan menggunakan kotak untuk menyimpan barang-barang tersebut.

3. Memaksimalkan Solusi Penyimpanan

Yaitu dengan menggunakan kotak-kotak penyimpanan. Mulai dari penyimpanan pakaian, buku, kertas, kemudian baru ke barang-barang lain. 

4. Pastikan semuanya memiliki tempat

Segala sesuatu yang dimiliki harus memiliki tempat sendiri. Mengatur semua tempat tersebut akan membuat rutinitas merapikan rumah menjadi lebih mudah.

Beri label cubbies dan keranjang, sehingga semua orang tahu ke mana kotak makan siang dan helm sepedanya harus disimpan.

5. Melepaskan masa lalu

Dalam merapikan ala Konmari, moms dapat membebaskan diri dari perasaan bersalah. Tidak perlu merasa bersalah saat merapikan ruangan dan memindahkan barang-barang karena teringat kenangan. 

Bayangkan betapa indahnya tinggal di rumah yang hanya dipenuhi dengan benda-benda yang 'memancarkan kegembiraan', daripada memiliki potongan-potongan yang tidak lagi mencerminkan diri kita.

Baca juga: Ningning aespa Ungkap Koleksi Parfum yang Selalu Dibawa, Apa Saja?

Langkah Terakhir dari Konmari

Langkah terakhir: ikki, yaitu menaruh semua barang yang sudah disortir saat itu juga. Marie Kondo meyakini bahwa pentingnya merapikan semuanya dalam satu waktu untuk menghindari penundaan.

Baca juga: Otomatis Keren, Cobain Gaya Streetwear Fashion Korea dari FREI

Teman iStyle tertarik untuk cobain metode konmari ini? Kamu bisa untuk mulai dengan memiliki tempat-tempat penyimpanan barang-barang kamu nanti. Di iStyle.id juga menyediakan banyak tempat penyimpanan dengan berbagai macam model dan ukuran sesuai dengan kebutuhan Teman iStyle.

Comments

You must Register or Login to post a comment.