Lifestyle - 11 May 2021

Review Anatomic Habit: 1% kebiasan kecil setiap hari untuk perubahan besar

Siti Fatimah - 11 May 2021
Review Anatomic Habit: 1% kebiasan kecil setiap hari untuk perubahan besar

Penulis buku Anatomic Habits, James Clear, menjelaskan bahwa diri kita sekarang adalah buah dari hasil kebiasan-kebiasan kecil kita di masa lalu. Hal itu menjelaskan bahwa jangan pernah untuk meremehkan hal-hal kecil yang teman iStyle sekarang lakukan, karena itu akan mempengaruhi masa depan Teman iStyle sekalian, baik itu kebiasan baik maupun kebiasaan buruk.

Perubahan baik 1% setiap harinya namun dilakukan secara konsisten akan memberikan perubahan besar. Ga perlu harus langsung melakukan hal tersebut secara berlebihan kok, karena sejatinya kebiasan bisa terjadi karena terbiasa.

Baca juga: 5 Rekomendasi Buku Keren Yang Dibaca Oleh RM BTS dan Harus Kamu Baca!

Buat goal yang jelas dan realistis

Terukur dan tercatat. Contohnya Teman iStyle pengen banget menurunkan berat badan dan melakukan diet. Daripada Teman iStyle bilang untuk hanya makan sayur setiap harinya, Teman iStyle bisa bilang untuk akan lebih banyak memasukkan sayur kedalam menu makan malam setiap harinya dan boleh saya makan daging dan makanan yang Teman iStyle suka untuk makan siang. Perubahan perlahan yang tidak akan membebani diri sendiri.

Teman iStyle juga bisa mencatat habit kalian untuk mencegah kebiasan buruk terulang dan menjaga kebiasaan baik tetap dilakukan.

Baca juga: Gak Cuma Tas, ini Dia Koleksi Wallet Gemes dari MARHEN J 

Temukan cara yang menyenangkan

Untuk mencapai goal yang Teman iStyle mau, kamu dapat menggabungkan habit yang kamu mau bentuk dengan hal yang kamu suka. Misalnya, Teman iStyle mau banget punya kebiasaan lari pagi setiap hari, namun ga mau untuk lari sendirian. Nah, kamu bisa banget coba untuk mengajak teman atau pasangan kamu melakukan hal itu. Pokoknya kamu harus nemuin cara yang menyenangkan agar tetap semangat dan konsisten melakukan hal tersebut.

Sumber foto: iStyle

Buat kebiasaan menjadi lebih mudah

Terkadang hal yang membuat kita ga konsisten atau jadi males ngelakuin kebiasaan baru adalah karena hal kecil yang ternyata menjadi penghalang. Contohnya kali ini adalah misalnya Teman iStyle mau menjalani hidup sehat karena dari hasil pemeriksaan kesehatan, menunjukkan kolesterol kamu tinggi nih. Namun masalahnya, Teman iStyle terlalu sibuk untuk bisa memasak masakan sehat sendiri, solusi yang dapat memudahkan teman iStyle untuk bisa hidup sehat tapi ga punya waktu adalah dengan menggunakan jasa katering makanan sehat.

Tentu saja kebiasaan setiap orang beda-beda, dan kamu bisa temukan caramu sendiri.

Beri rewards pada diri sendiri

Setiap orang menyukai hadiah. Misalnya, bagi Teman iStyle gym adalah hal melelahkan dan membosankan. Namun setelah selesai gym Teman iStyle boleh untuk singgah ke coffee shop langganan Teman iStyle dan minum kopi favorite kamu. Rewardnya asik banget kan?

Baca juga: Lucas Keluar dari NCT dan WayV, SM Entertainment Rilis Pernyataan Resmi 

Untuk Teman iStyle yang ingin menjadi seseorang yang lebih baik dari sebelumnya dan dengan mengembangkan dan membangun kebiasaan baik dan menghilangkan kebiasaan buruk bisa membaca buku Anatomic Habits. Teman iStyle bisa mendapatkan buku Anatomic Habits di iStyle.id atau klik link disini

Selamat membaca untuk menjadi lebih baik, Teman iStyle!

Comments

You must Register or Login to post a comment.