Lifestyle - 14 March 2024

Hindari 5 Penyebab Bibir Kering Saat Puasa, Sering Tak Disadari!

Rafa Syawalia R - 14 March 2024
Hindari 5 Penyebab Bibir Kering Saat Puasa, Sering Tak Disadari!

Berpuasa merupakan kewajiban umat islam. Sering kali, ketika menjalani puasa, kulit kering menjadi keluhan karena tubuh kekurangan cairan. Begitu juga masalah bibir yang bagian tersebut merupakan daerah sensitif pada tubuh. 

Menurut penelitian salah satu dokter gigi, drg. Yudha Rismanto, Sp. Perio, yang dilansir dari laman HelloSehat, ketika seseorang berpuasa, kondisi mulut tidaklah kering, melainkan menjadi kesat. Hal ini wajar karena kurangnya asupan cairan yang masuk dan memicu kulit kering sampai menimbulkan kondisi bibir pecah-pecah. Lantas, apa saja penyebab bibir kering yang perlu dihindari? 

1. Kurang Minum

Ketika berpuasa memang cairan tubuh akan mengurang. Namun, kamu bisa menukarnya dengan mencukupi asupan air putih ketika berbuka dan sahur. Selain itu, hindari minuman berkafein karena akan membuat buang air kecil berlebihan dan akan mengurangi cairan tubuh ketika beraktivitas. Jadi, usahakan minum air putih, memakan sayur dan buah yang mengandung banyak air ketika sahur.

2. Kebiasaan Menjilat Bibir

Ketika berpuasa, sering kali beberapa orang sering menjilat bibirnya karena kering dan kulit yang pecah-pecah. Pada dasarnya iklim tropis Indonesia memang dapat membuat kulit siapa pun kering dan pecah. Nah, kebiasaan ini lah penyebab bibir kering karena air liur bisa menguap dengan cepat dan justru memperparah bibir semakin kering. 

3. Penggunaan Lipstik

Untuk penampilan lebih on, lipstik memang gak bisa dihindari banget nih. Namun, lipstik juga bisa menjadi penyebab bibir semakin kering karena kandungan pewangi dan alkohol lho. Ketika puasa, disarankan menggunakan lip balm yang lebih melindungi kulit dari sinar UV dan menghidrasi kulit bibir.

Baca juga:

2 Tips Bibir Senantiasa Lembab Saat Puasa ala K-Beauty

5 Manfaat Puasa Ramadhan untuk Kesehatan dan Ketenangan Jiwa, Dijamin Terkesima!

4. Madu sebagai Pelembab Bibir Sebelum Tidur

Kalau Teman iStyle memiliki bibir yang sensitif, maka perawatan bibir dengan madu perlu banget nih! Rajin mengeksfo bibir juga dapat membuat bibir lebih sehat, namun perlu juga nih mengoles madu murni setiap malam sebelum tidur supaya bibir lebih halus dan lembut. Selain efeknya yang lebih halus dan lembut, warna bibir kamu akan kembali dan juga mencerahkan bibir secara alami.

5. Hindari Makanan Tinggi Garam ketika Berbuka dan Sahur

Paling susah dihindari nih, ternyata makanan asin yang mengandung garam tinggi dapat mengikat cairan yang ada pada tubuh kita nih. Hal ini bisa membuat kita lebih lemas ketika di siang hari dan tengah berpuasa. Maka dari itu, kurangi konsumsi garam yang tinggi dan jaga keseimbangan porsi makanan ketika berbuka serta sahur ya!

Baca juga: Jadwal Imsakiyah Jakarta Ramadhan 2024 (1455 H) Selama Satu Bulan Penuh. Cek Sekarang!

Itu dia 5 penyebab bibir kering yang gak kita sadari nih! Selain menyehatkan batiniah, puasa juga harus dijadikan ajang menyehatkan tubuh! Saatnya membeli makanan, minuman serta vitamin sehat untuk menyokong kebutuhan kamu! Di iStyle sedang berlangsung promo Bukan Ramadhan Biasa yang bisa kamu lihat langsung di iStyle.id nih! Dapatkan penawaran terbaik dari beberapa brand terbaik serta pengiriman gratis bebas ongkir!

Comments

You must Register or Login to post a comment.