Lifestyle - 22 February 2024

Gak Boleh di Skip, Ini 5 Makanan Tradisional Korea Halal yang Wajib Dicoba!

Rafa Syawalia R - 22 February 2024
Gak Boleh di Skip, Ini 5 Makanan Tradisional Korea Halal yang Wajib Dicoba!

Ada filosofi unik warga Korea Selatan ketika membicarakan makanan yaitu, ‘obat dan makanan merupakan satu sumber’. Secara sederhana, makanan pokok harus menyembuhkan atau menyehatkan tubuh manusia. Setiap menonton drama Korea atau acara-acara TV Korea, pasti ngiler banget gak sih sama makanan-makanan Korea yang ditampilkan tersebut?

Siapa sangka kalau makanan-makanan tersebut merupakan makanan tradisional Korea yang menjadi makanan pokok warga Korea sendiri. Maka dari itu, warga Korea memiliki filosofi bahwa makanan adalah sumber kesehatan. Adanya Korea wave ini tentunya beberapa makanan Korea tersebut bisa dibuat dengan bahan-bahan halal. Apa saja makanan tradisional Korea yang bisa kalian nikmati? Yuk, cek artikel ini bersama-sama:

1. Kimchi

Makanan tradisional Korea yang sudah dikenal oleh seluruh dunia yaitu, kimchi. Kimchi adalah sayuran yang difermentasi menggunakan bumbu khas Korea yaitu gochujang. Kimchi dimakan sebagai makanan pendamping yang wajib untuk warga Korea sendiri. Sayuran tersebut difermentasi karena dapat disimpan dan dimakan dalam waktu jangka panjang. Selain itu, sudah banyak bumbu gochujang yang halal dan kimchi langsung jadi yang juga halal di Indonesia. Maka dari itu wajib banget nih mencoba kimchi!

2. Bibimbab

Jika Indonesia memiliki nasi padang, nasi uduk, dan macam-macam nasi di setiap daerah provinsi, maka Korea Selatan memiliki Bibimbab! Bibimbab adalah nasi yang dicampur dengan macam-macam lauk pauk baik itu sayuran atau daging. Cara membuatnya mudah, dan bahannya juga sederhana yaitu hanya memerlukan gochujang, minyak wijen dan kecap asin untuk rasa lebih gurih!

3. Miyeokguk

Makanan tradisional Korea yang biasanya dimasak untuk seseorang yang berulang tahun, yaitu sup rumput laut atau miyeokguk. Miyeokguk juga merupakan makanan tradisional yang sangat mudah dibikin, kandungan vitamin dan mineral yang dikandung ini sangat memiliki manfaat untuk kesehatan tubuh. 

Baca juga:

Harus Coba! 6 Makanan Minimarket Korea Lezat yang Terlihat Ada di K-Drama

5 Rekomendasi Jajanan Musim Dingin di Korea Selatan

4. Sundubu Jigae

Paling enak kalau dimakan ketika hujan, sundubu jugae merupakan makanan tradisional Korea yang wajib banget nih dicoba. Umumnya, sup khas Korea ini memiliki cita rasa pedas dan terbuat dari berbagai seafood yang dicampur tofu, telur dan macam-macam sayuran. Untuk menambah enak, kamu bisa menambahkan bubuk cabai supaya cita rasa lebih gurih.

5. Haemul Pajeon

Terakhir ada makanan tradisional yang wajib banget dicoba yaitu haemul pajeon. Terbuat dari bahan-bahan seperti telur, daun bawang, cabai dan jenis-jenis makanan laut. Jika dibayangkan dengan makanan Indonesia, haemul pajeon ini mirip dengan martabak asin! Selain dicampur dengan seafood, haemul pajeon bisa disajikan dengan jenis-jenis daging kornet atau ayam.

Baca juga: 5 Deretan Makanan Korea Musim Panas yang Wajib Dicoba

Itu dia makanan tradisional Korea yang bisa kamu coba serta buat di rumah dan terjamin kehalalannya! Ada yang mau coba gak kira-kira makanan tradisional Korea di atas? Coba komen di bawah, ya!

Misalnya Teman iStyle ada yang mau pergi ke pasar atau supermarket untuk membeli kebutuhan makanan di atas, maka perlu banget nih beli tas dengan kapasitas besar. MARHEN.J menjadi jawaban Teman iStyle karena menawarkan banyak jenis tas yang bisa kamu sesuaikan dengan kebutuhan gaya kamu! Selain itu juga, banyaknya pilihan warna dan model membuat kamu gak mati gaya dan bisa tampil maksimal meskipun sedang belanja. Yuk, kunjungi MARHEN.J di iStyle.id!

Comments

You must Register or Login to post a comment.