Fashion - 18 September 2022

Inilah Kenapa Dior Saddle Bag Akan Selalu Jadi Ikon Fashion

FX Prasetyo - 18 September 2022
Inilah Kenapa Dior Saddle Bag Akan Selalu Jadi Ikon Fashion

Apa yang membuat sebuah tas menjadi ikon? Ini adalah pertanyaan yang sering direnungkan dalam dunia fashion. Apapun itu, sebagian besar pengamat fashion cukup yakin bahwa Christian Dior Saddle Bag memilikinya.

Mungkin ini kurang bersifat preskriptif menilai bagaimana tas menjadi sebuah ikon. Apakah itu umur panjang? Keabadian? Atau kombinasi dari semua hal di atas?

Semua itu bisa Teman iStyle temukan jawabannya dengan membaca ulasan tas Dior Saddle di bawah ini.

Baca juga: Christian Dior Book Tote: Layakkah Untuk Dikoleksi?

dior saddle bag

Sumber: Google

Awal Debut Dior Saddle Bag

Tas Saddle dari Dior memulai debutnya pada tahun 1999, yang dirancang oleh John Galliano sebagai Direktur Kreatif Dior. Tas Dior ini merupakan bagian dari koleksi musim semi/musim panas Dior tahun 2000.

Dior Saddle ini terinspirasi oleh komposisi ‘Saddle 1’ yang ikonik dan provokatif dari fotografer Helmut Newton pada tahun 1976, meskipun ini masih merupakan informasi yang misterius dan belum dapat dikonfirmasi.

Ditampilkan di puncak milenium, ini adalah bagian dari koleksi yang menandai dimulainya mode tahun sembilan puluhan. Di atas catwalk, para model termasuk Gisele menyelipkan tas Dior Saddle dengan pas di bawah ketiak mereka.

Bentuknya yang pipih memeluk sisi tubuh mereka dan dengan santai dikaitkan pada pengait 'D' yang digantung seperti sanggurdi.

Tas ini menawarkan desain baru dan berbeda, mulai dari bentuk, warna, bahan dan tekstur, hingga bagaimana dirancang untuk dipakai dan pas di tubuh.

Baca juga: 7 Rahasia Parfum Christian Dior dan Keajaibannya

tas dior saddle

Sumber: Google

Tas Dior Saddle di Era Modern

Kita memasuki dekade dimana fashion dan selebriti menjadi hal yang dapat dikonsumsi dan saling terkait erat yang belum pernah terjadi sebelumnya. Seiring dengan meluasnya akses terhadap internet, paparan kita terhadap gaya selebriti juga meningkat.

Film Sex and The City di season ketiganya, memperlihatkan lemari pakaian karakter protagonis Carrie Bradshaw yang eklektik dan penuh desainer menjadi semakin menarik.

Ramuan memabukkan ini membuka panggung bagi era 'It bag', sebuah era yang bisa dibilang dimulai ketika Bradshaw membawa tas Saddle versi cetak rantai berwarna putih, merah muda, dan emas di episode lima season ketiga.

Pada tahun 2001, tas tersebut telah membantu penjualan aksesori Dior melonjak sebesar 60% karena banyak selebritis tahun sembilan puluhan termasuk Paris Hilton, Nicole Richie, dan Mischa Barton yang dikabarkan membawanya.

Baca juga: 5 Womens Designer Handbag Terkenal yang Namanya Sesuai dengan Ikon Wanita

tas dior saddle

Sumber: Google

Puncak Popularitas Saddle Bag

Popularitas Saddle bag mencapai puncaknya pada tahun 2003, sebelum menurun untuk digantikan oleh berbagai penerus It bag, termasuk Roxy dari Mulberry, Paddington dari Chloe, dan Stam dari Marc Jacobs.

Meski begitu, hal ini telah memicu sebuah fenomena yang membuat tas tangan menjadi simbol status tertinggi.

Setelah menghilang, pada tahun 2014, Christian Dior Saddle Bag tiba-tiba muncul kembali dan digenggam oleh tangan Beyonce yang terawat sempurna. Dua tahun kemudian sensasi K-Pop CL melalui Instagram membawa Saddle 2003 edisi terbatas beludru vintage dengan tulisan 'Adiorable 69' di atasnya. Gak lama kemudian, model dan influencer terkenal juga terlihat membawa Sadel vintage.

Pada tahun 2018, dengan Dior yang kini berada di bawah kepemimpinan kreatif Maria Grazia Chiuri, merek tersebut secara resmi memperkenalkan kembali tas tersebut sebagai bagian dari koleksi musim gugur/dingin 2018.

Desainnya disesuaikan dengan kehidupan modern, dengan kapasitas yang sedikit lebih besar untuk menampung ponsel dan gadget lainnya, serta tambahan tali yang dapat dilepas, namun fitur utamanya tetap tidak tersentuh.

Kampanye di media sosial merayakan peluncuran ritel pada bulan Juli tahun itu, dengan 100 influencer mode terbesar di dunia yang secara bersamaan memposting foto diri mereka dengan Saddle baru. Penelusuran tas baik vintage maupun baru meningkat 957% dalam 48 jam, menurut Lyst.

Kembalinya tren ini berjalan seiring dengan kebangkitan tren fashion awal tahun 90-an. Ditambah lagi dengan meningkatnya selera orang-orang terhadap fashion vintage dan bekas.

Tas Dior Saddle telah tertanam kuat dalam sejarah dan memberikan bukti nyata bahwa fashion memang bersifat siklus.

Hype Dior Saddle Sampai ke Artis Korea

Gak hanya selebriti Hollywood yang membawa kembali tas Dior Saddle, tetapi beberapa artis Korea juga ikut hype dari tas tersebut.

dior saddle bag

Sumber: Instagram

1. Gong Hyo Jin

Lewat akun Instagram pribadinya, Gong Hyo Jin mengunggah foto dirinya saat tampil santai. Hyo Jin memakai overall denim dan large saddle bag bermotif yang trendi, membuat tampilannya semakin terlihat chic.

Sumber: Instagram

2. Suzy

Lalu ada Suzy yang juga gak kalah tampil stylish dengan mengenakan beberapa jenis saddle bag di beberapa kesempatan. Salah satu tas yang dipakainya adalah mini saddle bag pink calfskin saat menghadiri pembukaan toko Dior di Taipei, Taiwan pada 2018 silam.

dior saddle bag

Sumber: Instagram

3. Tiffany

Tiffany juga tampil mempesona dengan membawa saddle bag saat hadir ke pesta ulang tahunnya tanggal beberapa tahun silam. Member SNSD itu memilih mengenakan large saddle bag red yang senada dengan dress warna merah.

Dior Saddle Bag kini banyak dijual di berbagai platform e-commerce online termasuk iStyle.id yang menyediakan beberapa model dari tas Dior tersebut. Gak hanya itu, iStyle juga memberikan penawaran harga terbaik hingga 34%.

So, jangan sampai kehabisan untuk check out tasnya! Soal keaslian produk gak perlu khawatir, karena iStyle hanya menjual produk premium dengan kualitas terbaik dan original.

Sumber:

Marie Claire

Lyst

Gaya Hidup Dreamers

Comments

You must Register or Login to post a comment.