Lifestyle - 13 December 2022

Sering Muncul Di Drama: Alasan di Balik Makan Orang Korea Tahu Setelah Keluar Penjara

Siti Fatimah - 13 December 2022
Sering Muncul Di Drama: Alasan di Balik Makan Orang Korea Tahu Setelah Keluar Penjara

Hai Teman iStyle! Buat para pecinta drama Korea, pasti sering melihat adegan seseorang yang baru keluar dari penjara langsung disuguhi tahu. Tahu yang disajikan biasanya berupa sup tahu, tumis tahu, atau tahu goreng.

Ternyata, tradisi makan tahu setelah keluar penjara ini bukan sekadar adegan dramatis yang dibuat-buat. Tradisi ini sudah ada sejak lama di Korea Selatan, dan memiliki makna yang mendalam.

Baca juga: 5 Fakta Sup Rumput Laut, Makanan yang Disajikan Saat Ulang Tahun di Korea

tahu putih

Sumber foto: Freepik

Tahu sebagai Makanan Pembersihan

Alasan kedua mengapa orang Korea makan tahu setelah keluar penjara adalah karena tahu dianggap sebagai makanan yang dapat membersihkan tubuh dan jiwa. Tahu berwarna putih, yang melambangkan kesucian dan kebangkitan.

Keluar dari penjara berarti memulai hidup baru. Oleh karena itu, makan tahu dianggap sebagai simbol pembersihan diri dan awal yang baru. Makanya, kalo Teman iStyle ngeh, setiap adegan di drama atau film Korea, saat seseorang baru keluar penjara pasti akan langsung disuguhi tahu saat mereka keluar dari penjara.

Tahu sebagai Makanan Bergizi

Alasan pertama mengapa orang Korea makan tahu setelah keluar penjara adalah karena tahu adalah makanan yang bergizi. Tahu terbuat dari kedelai, yang merupakan sumber protein, kalsium, dan zat besi yang baik.

Pada masa lalu, makanan penjara di Korea Selatan tidak terlalu bergizi. Narapidana hanya diberi nasi dan kacang-kacangan, sehingga mereka sering kekurangan gizi. Oleh karena itu, keluarga atau teman dari narapidana akan membawakan tahu sebagai makanan tambahan untuk memenuhi kebutuhan gizi mereka.

Jadi pengin makan tahu setelah baca artikel ini? Kamu bisa beli tahu, tempe, dan bahan masakan lainnya di Lotte Mart atau Market City melalui iStyle.id. Ga perlu ribet keluar rumah, belajaanmu akan diantar sampai depan rumah.

Baca juga: Jeonbokjuk: Bubur Abalon Khas Pulau Jeju

Tradisi yang Masih Dilestarikan

Tradisi makan tahu setelah keluar penjara ini masih dilestarikan hingga saat ini. Tradisi ini sering ditemukan di drama dan film Korea, sehingga semakin dikenal oleh masyarakat luas.

Baca juga: Beda Coklat Putih dan Coklat Hitam

Setiap negara pasti memiliki budaya dan tradisinya masing-masing, termasuk tradisi makan tahu setelah keluar penjara di Korea. Penting banget untuk kita bisa saling menghargai dan menghormati budaya masing-masing agar hubungan tetap berjalan baik.

Kalo Teman iStyle suka makan tahu juga? Sukanya tahu yang diolah menjadi masakan apa?

Comments

You must Register or Login to post a comment.