Lifestyle - 12 September 2021

Beda Cokelat Putih dan Cokelat Hitam

Siti Fatimah - 12 September 2021
Beda Cokelat Putih dan Cokelat Hitam

Hai Teman iStyle! Cokelat adalah salah satu makanan yang paling populer di dunia. Ada banyak jenis cokelat yang berbeda, tetapi yang paling umum adalah cokelat putih dan cokelat hitam. Kedua jenis cokelat ini memiliki perbedaan yang signifikan, mulai dari bahan pembuatan, rasa, hingga manfaatnya untuk kesehatan.

Baca juga: 5 Fakta Bungeoppang, Makanan Khas Korea yang Sering Muncul di Drama Korea

Cokelat Putih dan Cokelat Hitam: Dua Sisi Cokelat yang Berbeda

Berikut adalah perbedaan dari cokelat putih dan cokelat hitam:

Sejarah

Cokelat putih pertama kali dibuat pada tahun 1930-an di Swiss. Awalnya, cokelat putih ga populer karena ga memiliki rasa cokelat yang khas. Namun, seiring berjalannya waktu, cokelat putih mulai populer di kalangan masyarakat.

Cokelat hitam, di sisi lain, telah ada sejak zaman prasejarah. Cokelat hitam terbuat dari biji kakao yang telah difermentasi, dipanggang, dan digiling.

Bahan Pembuatan

Cokelat putih terbuat dari mentega kakao, gula, susu, dan terkadang vanila. Mentega kakao adalah lemak yang diekstraksi dari biji kakao. Susu biasanya digunakan dalam bentuk susu bubuk atau susu kental manis. Vanila digunakan untuk menambah rasa.

Sedangkan cokelat hitam terbuat dari padatan kakao, mentega kakao, dan gula. Padatan kakao adalah bubuk yang terbuat dari biji kakao yang telah difermentasi, dipanggang, dan digiling.

Baca juga: Berbentuk Palu, Ini Makna dari Lightstick BLACKPINK

Rasa

Cokelat putih memiliki rasa yang manis dan creamy. Rasanya mirip dengan permen karamel atau susu kental manis. Cokelat hitam memiliki rasa yang lebih kompleks, dengan sedikit rasa pahit.

Manfaat

Cokelat putih dan cokelat hitam memiliki beberapa manfaat untuk kesehatan. Keduanya mengandung antioksidan yang dapat membantu melindungi tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas. Cokelat hitam juga mengandung flavonoid yang dapat membantu menurunkan tekanan darah dan meningkatkan fungsi otak/.

Baca juga: Kamu Suka Pasta? 7 Jenis Pasta ini Wajib Kamu Coba

Meskipun memiliki manfaat untuk kesehatan, cokelat putih dan cokelat hitam tetaplah makanan yang tinggi kalori dan lemak. Oleh karena itu, sebaiknya konsumsi cokelat dalam jumlah yang moderat. Dewasa: 28 gram per hari dan untuk Anak-anak: 14 gram per hari. 

Ada banyak jenis dan variasi cokelat yang bisa kamu temukan di iStyle.id. Selain itu, Lotte Mart dan Market City di iStyle juga menyediakan kebutuhan harian kamu sehingga kamu ga perlu ribet belanja keluar rumah. Kamu bisa juga dapatkan diskon hingga gratis ongkir juga, loh! 

Comments

You must Register or Login to post a comment.