Lifestyle - 20 July 2023

Yuk, Manfaatkan Daun Kucai dengan Resep Buchu Kimchi

Stefani Ditamei - 20 July 2023
Yuk, Manfaatkan Daun Kucai dengan Resep Buchu Kimchi

Tahukah Teman iStyle kalau Korea Selatan punya banyak jenis kimchi? Dalam artikel K-Hub yang berjudul ‘Macam-Macam Kimchi Korea Yang Gak Kalah Enak’, beberapa contoh jenis kimchi yang populer di Korea adalah kimchi timun, kimchi sawi hijau, kimchi lobak, dan chonggak kimchi yang menggunakan lobak berukuran kecil.

Jenis kimchi dapat dibedakan dari bahan utamanya. Meski yang paling populer adalah sawi putih, ternyata kimchi dapat diolah dengan memanfaatkan sayuran. Bumbunya pun kurang lebih sama, yakni menggunakan gochugaru (bubuk cabai Korea), daun bawang, bawang putih, fermentasi seafood, dan jahe.

Nah, biar makin banyak jenis kimchi yang kalian coba, yuk, bikin kimchi dari daun kucai! Kimchi yang satu ini gak kalah populer dan lezat. Simak resep buchi kimchi di bawah ini, ya!

buchu kimchi daun kucai

Sumber Foto: Google

Resep Buchu Kimchi

Buchu kimchi adalah kimchi yang terbuat dari daun kucai, istilah populernya dalam bahasa Inggris adalah garlic chives. Berbeda dengan daun bawang yang ukurannya besar, daun kucai cenderung tipis dan berukuran ramping.

Seperti apakah cara pengolahan daun kucai menjadi buchu kimchi? Teman iStyle dapat memulai dengan mempersiapkan bahan-bahannya terlebih dahulu. Berikut daftar bahan yang harus dipersiapkan.

Bahan-bahan:

  • Daun kucai segar (bisa beli 8-9 ikat karena ukurannya kecil)
  • 1 buah wortel ukuran besar
  • 1 siung bawang bombay ukuran besar
  • 5 sendok gochugaru (bubuk cabai asli Korea)
  • Kecap ikan secukupnya
  • 5 siung bawang putih dicincang atau dihaluskan
  • Jahe secukupnya yang sudah dihaluskan
  • Gula pasir secukupnya

buchu kimchi daun kucai

Sumber Foto: Google

Cara Membuat Buchu Kimchi Daun Kucai

Setelah mempersiapkan bahan-bahannya, langkah selanjutnya adalah mengolah bahan tersebut menjadi buchu kimchi. Pertama, bersihkan terlebih dahulu daun kucai dan potong sedikit bagian bawahnya (sampai benar-benar bersih). Kemudian rendam daun kucai dengan garam dan air matang, diamkan sampai 10 menit, setelah layu daun kucai dapat dibilas sampai bersih.

Baca juga: Rekomendasi Korean Food Instan Populer, Cocok untuk Temani Nonton Drakor

Langkah kedua, Teman iStyle bisa memulai untuk memotong wortel dengan ukuran kecil (sebesar korek api atau lebih panjang) dan daun bombay yang dipotong secara tipis.

Setelah selesai, silahkan mengolah bumbu dengan cara menghaluskan bawang putih dan cabai yang dicampurkan dengan kecap asin dan gochugaru. Jangan lupa tambahkan gula pasir dan aduk sampai rata.

Baca juga: Macam-macam Tempura Sayur Ala Korea (Yache Twigim)

Siapkan wadah besar untuk mencampurkan daun kucai, potongan wortel, bawang bombay, dan gochugaru. Aduk merata dan cicipi sampai rasanya sesuai selera.

Sumber Foto: Google

Supaya tampilan buchu kimchi semakin cantik, kalian bisa tambahkan irisan cabai merah besar dan tuang di wadah yang tertutup rapat. Apabila ingin rasanya lebih asam, silahkan letakkan di luar kulkas supaya proses fermentasinya berjalan cepat. 

Demikian informasi tentang resep buchu kimchi daun kucai. Teman iStyle bisa mencoba resep ini dan dapatkan bumbu asli Korea, seperti gochugaru di iStyle.id! Terdapat berbagai bumbu dan makanan instan ala Korea, 100% original dan berkualitas. 

Comments

You must Register or Login to post a comment.