K-Pop Zone - 23 April 2024

ADOR Merilis Respon Terkait Audit HYBE Menyangkut NewJeans dan ILLIT

Berlin Belladina - 23 April 2024
ADOR Merilis Respon Terkait Audit HYBE Menyangkut NewJeans dan ILLIT

Kemarin HYBE melakukan audit secara tiba-tiba terhadap manajemen ADOR termasuk CEO Min Hee Jin yang diminta mundur dari jabatannya. Menanggapi hal ini, ADOR memberikan respon alasan awal dibalik masalah yang menyangkut NewJeans serta ILLIT.

“Halo. Ini ADOR Co., Ltd.

Untuk melindungi artisnya, NewJeans, dan demi perkembangan industri dan budaya musik negara kita yang sehat, ADOR membuat pernyataan publik. HYBE mengoperasikan sistem multi-label di mana banyak label secara mandiri menciptakan musik mereka sendiri dan mengejar keragaman budaya melalui sistem ini.

ADOR adalah salah satu label tersebut. Namun ironisnya, pencapaian budaya yang dicapai oleh ADORE dan artisnya NewJeans dilanggar secara serius oleh HYBE.

BELIFT LAB, salah satu label rekaman HYBE, mendebutkan grup idola perempuan beranggotakan 5 orang yaitu ILLIT pada bulan Maret tahun ini. Setelah foto teaser ILLIT dirilis, reaksi seperti ‘Aku kira itu NewJeans' membanjiri dunia online.

ILLIT meniru NewJeans di semua bidang aktivitas hiburan, termasuk rambut, makeup, kostum, koreografi, fotografi, video, dan penampilan acara. ILLIT dievaluasi sebagai 'gaya Min Hee Jin', ‘tipe Min Hee Jin’ dan ‘Imitasi NewJeans’. Ini sangat memalukan.

Baca Juga:

Mengenal Istilah Payola, Dugaan Praktik Ilegal yang Dilakukan HYBE untuk Boost Lagu Debut ILLIT

Trendi Abis, Ini 5 Idol Kpop dengan Gaya Fashion Terbaik!

Presiden HYBE Bang Si-hyuk memproduseri album debut ILLIT. Gak hanya ILLIT meniru NewJeans yang dibuat oleh label BELIFT LAB, tetapi HYBE juga terlibat.

HYBE, perusahaan K-POP terkemuka, dibutakan oleh keuntungan jangka pendek dan menyalin konten budaya yang sukses tanpa ragu-ragu, menghasilkan hal-hal yang dangkal alih-alih menunjukkan hal-hal baru. NewJeans saat ini sedang bersiap untuk comeback pada bulan Mei.

Sumber foto: Instagram (illit_official, newjeans_official)

Namun, ILLIT menyebabkan NewJeans yang sedang gak aktif diungkit. Kemunculan tiruan tersebut merusak citra NewJeans, menjadi bahan kontroversi yang gak perlu sehingga menimbulkan kekhawatiran dan kelelahan di kalangan penggemar dan masyarakat.

Pelaku yang menciptakan situasi ini adalah HYBE dan BELIFT LAB, namun kerusakan yang diakibatkannya adalah tanggung jawab ADOR dan NewJeans sepenuhnya.

Ada jawaban yang bisa dimaklumi bahwa ILLIT mirip dengan NewJeans karena berlabel HYBE. Bahkan ada yang mengatakan bahwa ADOR dan NewJeans akan membiarkan atau memahami kesamaan ini.

Namun, reaksi tersebut jelas merupakan kesalahpahaman dan kami ingin memperbaikinya. Multi-label adalah sistem yang memungkinkan setiap label rekaman memproduksi musik yang mereka inginkan secara mandiri, dan sama sekali bukan sistem yang mengizinkan label rekaman lain mengikuti pencapaian budaya suatu label hanya karena label tersebut merupakan label afiliasi.

Dan ADOR gak pernah mengizinkan atau menyetujui peniruan NewJeans untuk siapa pun, termasuk HYBE dan BELIFT LAB. ADOR gak ingin NewJeans dan ILLIT dikaitkan dengan cara apa pun.

Hanya karena kami debut di bawah label HYBE, kami gak berniat menoleransi promosi apa pun yang mengklaim kami adalah grup termuda seseorang. ADOR telah mengangkat masalah resmi dengan HYBE dan BELIFT LAB gak hanya mengenai insiden peniruan ini, tetapi juga serangkaian tindakan yang diambil oleh HYBE terkait NewJeans, termasuk yang satu ini.

Namun HYBE dan BELIFT LAB gak mengakui kesalahannya melainkan sibuk mencari alasan dan meluangkan waktu untuk memberikan respon yang spesifik. Sementara itu, HYBE tiba-tiba mengumumkan hari ini (22 April 2024) bahwa mereka akan mengambil tindakan untuk memberhentikan dan memberhentikan Min Hee Jin sebagai CEO, dengan alasan kekhawatiran bahwa CEO Min Hee Jin akan merugikan nilai perusahaan ADOR secara signifikan.

Pada saat yang sama, media mencoba mempermainkan media dengan konten konyol, seperti mengatakan bahwa CEO Min Hee Jin “mencoba menyita hak manajemen”. Bagaimana protes yang sah untuk melindungi pencapaian budaya artisnya, NewJeans, dapat merugikan kepentingan ADOR, atau bagaimana hal tersebut dapat menjadi tindakan perampasan hak pengelolaan ADOR? Waspadalah.

HYBE, BELIFT LAB, dan Presiden Bang Si Hyuk belum cukup meminta maaf atau menyiapkan tindakan pencegahan atas insiden ini, tetapi mereka tampaknya berpikir bahwa semuanya akan berakhir jika mereka mengeluarkan CEO Min Hee Jin dari perusahaan. ADOR akan menggunakan segala cara dan metode yang mungkin untuk melindungi pencapaian budaya yang telah dicapai NewJeans dan mencegah pelanggaran lebih lanjut akibat peniruan”.

Comments

You must Register or Login to post a comment.