K-Pop Zone - 20 December 2023

IVE vs NewJeans: Siapa yang Menjiplak Siapa

FX Prasetyo - 20 December 2023
IVE vs NewJeans: Siapa yang Menjiplak Siapa

Tagar IVE vs NewJeans sepertinya bakal cocok menggambarkan persaingan panas dua girl group dari generasi ke-4 teratas ini. Namun, akhir-akhir ini muncul tuduhan dari para penggemar Kpop bahwa IVE menjiplak NewJeans, benarkah begitu?

Gak dipungkiri bahwa NewJeans yang paling menonjol diantara grup Kpop generasi ke-4. Pada bulan Agustus 2022 NewJeans membuat heboh dengan debut mereka, mengadopsi konsep Y2K.

Melihat pertumbuhannya yang pesat, NewJeans dengan cepat jadi pesaing IVE di Korea. Bahkan IVE dan NewJeans menduduki puncak tangga lagu digital dan punya popularitas nasional. Seperti apa sih persaingan diantara mereka? Lalu siapa yang benar-benar menjiplak diantara mereka? Simak ulasannya berikut ini.

Baca juga: Nama-Nama Idol K-Pop Wanita yang Punya Kemampuan Bermain Gitar Memukau

IVE vs NewJeans

Sumber: Google

Persaingan Panas Dua Girl Group Kpop IVE vs NewJeans

Pada musim penghargaan akhir tahun 2023, NewJeans membuat sejarah dengan menjadi girl group pertama yang memenangkan “double Daesangs” di tiga penghargaan MAMA, MMA, dan AAA berturut-turut.

Dengan puncak kesuksesannya, NewJeans menjadi cetak biru bagi banyak perusahaan hiburan yang mencari inspirasi kreatif untuk konsep girl group.

Meskipun NewJeans memiliki mega hits seperti “Hype Boy” dan “Ditto”, IVE memiliki “Love Dive” dan trio hits PAK tahun 2023: “Kistch - I AM,” dan “Baddie.” Pengaruh Jang Wonyoung juga sangat berpengaruh di Korea. Dia telah menetapkan standar visual untuk idola wanita generasi ke-4.

Beberapa waktu belakangan ini, diskusi di komunitas online Korea seringkali berkisar pada persaingan dua girl group generasi ke-4 ini untuk memperebutkan posisi No.1. Topik “IVE menyalin NewJeans” memicu beragam pendapat.

Beberapa netizen menyebutkan kesamaan antara kedua grup tersebut, seperti NewJeans merilis lagu untuk Coca Cola dan IVE merilis musik untuk Pepsi. Sementara Danielle mengisi suara untuk Disney, dan Ahn Yujin juga mengisi suara untuk Disney.

Tema IVE vs NewJeans semakin memanas terutama ketika NewJeans bereksperimen dengan merilis tiga judul lagu untuk EP mereka “Get Up” (termasuk “NewJeans”, “Super Shy”, “Cool With You”). IVE juga melakukan hal yang sama beberapa bulan kemudian dengan album “I’ve Mine” dan tiga judul lagunya “Either Way”, “Off The Record”, dan “Baddie”.

Kedua album tersebut tampil baik di tangga lagu. Banyak yang berpendapat bahwa Starship mungkin “mengambil inspirasi” dari arahan Min Hee Jin untuk NewJeans dan menerapkannya pada IVE. Bahkan gaya Y2K yang baru-baru ini diikuti IVE dalam comeback mereka dikatakan “terinspirasi” oleh NewJeans.

Baca juga: Evolusi Gaya Outfit NewJeans Picu Ragam Reaksi, Dari Gadis Lugu hingga Vibes 2NE1

IVE vs NewJeans

Sumber: Google

Bukti-Buktinya Terlalu Subyektif

Sayangnya, bukti-bukti ini kontroversial dan subyektif baik IVE maupun NewJeans adalah salah satu artis Kpop yang paling dicari. Gak mengherankan jika banyak brand mendekati IVE dan NewJeans.

Fans berpendapat bahwa IVE bekerja dengan Pepsi bahkan sebelum debut NewJeans, dan Starship memiliki SISTAR dan Hyorin yang bernyanyi untuk Disney satu dekade lalu. Maka dari itu, tuduhan “meniru” sepertinya gak berdasar.

Sementara mengenai kesamaan strategi promosi, mereka punya tiga title track atau mengadopsi gaya Y2K, gak ada logika untuk menyimpulkan bahwa IVE mengikuti NewJeans.

Konsep spesifik, suara, dan koreografi kedua grup gak pernah tumpang tindih. Memilih satu atau tiga judul lagu untuk sebuah album adalah keputusan yang dapat diambil sendiri oleh perusahaan.

Sebelum NewJeans debut, Y2K telah menjadi tren fashion global yang kuat. NewJeans bukan satu-satunya ikon “Y2K”, dan bukan hal yang aneh bagi girl group untuk memasukkan tren ke dalam rilisan mereka.

Baca juga: Dinyanyikan Yujin IVE, Disney Korea Rilis Teaser MV 'This Wish' untuk Film Animasi 'Wish'

Berikut ini beberapa komentar netizen Korea tentang persaingan IVE vs NewJeans di media sosial:

  • NewJeans bukan satu-satunya “ikon Y2K”, mengapa semuanya harus berkisar pada NewJeans?
  • Apakah dianggap meniru jika memilih 2-3 judul lagu untuk comeback?
  • Pepsi telah secara konsisten bekerja dengan artis Starship sejak tahun 2018. Baik kampanye Pepsi Jang Wonyoung dari tahun 2021 hingga 2023 maupun kolaborasi NewJeans tampaknya merupakan suatu kebetulan. Siapa yang meniru siapa?
  • Tapi apa hubungannya kolaborasi dengan Disney? Gak masuk akal jika Starship menghubungi Disney karena kesuksesan NewJeans.
  • Pepsi telah bekerja dengan IVE sebelum NewJeans debut.
  • Jika kita membicarakan hal ini, Hyorin dari Starship juga menyanyikan OST untuk “Frozen”.
  • NewJeans sukses tetapi mereka gak “membuka jalan.”

Comments

You must Register or Login to post a comment.