Beauty - 14 December 2023

Tips Kulit Sehat ala Korea, Seberapa Sering Harus Reapply Sunscreen?

Siti Fatimah - 14 December 2023
Tips Kulit Sehat ala Korea, Seberapa Sering Harus Reapply Sunscreen?

Kulit sehat dan mulus seperti orang Korea merupakan dambaan banyak orang. Tak heran jika banyak orang yang rela menghabiskan banyak uang untuk perawatan kulit. Namun, tahukah kamu bahwa ada banyak cara untuk mendapatkan kulit sehat tanpa perlu mengeluarkan biaya yang besar?

Salah satu kunci utama untuk mendapatkan kulit sehat ala Korea adalah dengan rutin sekali menggunakan sunscreen. Sunscreen berfungsi untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari yang berbahaya, seperti sinar UVB dan UVA. Sinar UVB dapat menyebabkan kulit terbakar dan UVA dapat menyebabkan penuaan dini.

Baca juga: Berikut Produk Skincare Korea Terlaris di Tahun 2023

Reapply sunscreen

Sumber foto: instagram @skinfood_indonesia

Jenis-Jenis Sunscreen

Umumnya ada dua jenis sunscreen:

Chemical Sunscreen

Chemical Sunscreen bekerja dengan menyerap ke dalam kulit lalu menyerap sinar UV, mengubah sinar tersebut menjadi panas, dan melepaskannya dari tubuh. Bahan aktif dalam tabir surya kimia antara lain avobenzone, octinoxate, dan oxybenzone.

Physical Sunscreen

Physical Sunscreen (yang juga biasa disebut tabir surya mineral) bekerja dengan menciptakan penghalang pada kulit yang memantulkan sinar UV. Mineral yang paling umum digunakan dalam Physical Sunscreen adalah zinc oxide dan titanium dioxide.

Baca juga: Berikut Produk Skincare Korea Terlaris di Tahun 2023

Sunscreen Mana yang lebih baik?

Pemilihan sunscreen yang tepat tergantung pada jenis kulit dan kebutuhan masing-masing individu. Untuk kulit sensitif, physical sunscreen umumnya lebih direkomendasikan karena lebih aman dan minim menimbulkan iritasi.

Sedangkan untuk kulit berminyak, chemical sunscreen umumnya lebih direkomendasikan karena teksturnya lebih ringan dan ngga menyumbat pori-pori.

Baca juga: Rangkaian Skincare Rutin Kim Yoo Jung; Semua Pakai Produk LANEIGE!

Seberapa Sering untuk Reapply Sunscreen?

Secara umum, sunscreen perlu di-reapply setiap 2 jam sekali. Hal ini dikarenakan sunscreen dapat luntur atau terhapus oleh keringat, air, atau gesekan. Selain itu, sunscreen juga dapat berkurang efektivitasnya seiring berjalannya waktu.

Selain itu ada beberapa tips untuk kamu yang ingin membeli sunscreen, seperti:

  • Pilih sunscreen dengan SPF minimal 30
  • Pilih sunscreen dengan PA+++ atau PA++++
  • Pilih sunscreen yang sesuai dengan jenis kulit

Oleh karena itu, penting untuk menggunakan sunscreen setiap hari, bahkan saat cuaca mendung. kamu juga perlu reapply sunscreen setiap 2 jam sekali, atau lebih sering jika kamu berkeringat atau berenang.

Kebetulan kalo sunscreen kamu udah abis atau lagi mau restock skincare lainnya, kamu bisa beli di iStyle.id. Lagi ada promo HALBONAS 12.12 yang ngasih promo akhir tahun besar-besaran! Yuk, cek katalognya sekarang!

Comments

You must Register or Login to post a comment.