K-Pop Zone - 22 November 2023

Kontrak BLACKPINK dengan YG Entertainment Masih Rumit, Dimana Letak Permasalahannya?

FX Prasetyo - 22 November 2023
Kontrak BLACKPINK dengan YG Entertainment Masih Rumit, Dimana Letak Permasalahannya?

Rumor terus beredar terkait dengan kontrak BLACKPINK dengan YG Entertainment. Pada tanggal 20 November lalu, Munhwa Ilbo mengabarkan bahwa keempat anggota BLACKPINK telah sepakat untuk melanjutkan aktivitas grup di bawah YG.

Meski belum ada tanda-tanda yang pasti soal pengumuman renewal contract tersebut, sampai hari ini YG mengklaim nama BLACKPINK masih terdaftar sebagai artis mereka.

Belum adanya pernyataan resmi dari YG membuat banyak orang berspekulasi tentang masa depan BLACKPINK. Apa sih yang membuat kedua belah pihak sulit untuk saling sepakat terkait kontrak baru? Yuk, kita bahas!

Baca juga: Komentar YG Entertainment Soal Rumor Status Kontrak BLACKPINK

kontrak blackpink dengan yg entertainment

Sumber: Google

Kontrak BLACKPINK dengan YG Entertainment Yes, Tapi Terkendala Kontrak Individu

Memang benar jika baru-baru ini, keempat member BLACKPINK telah mencapai kata sepakat soal aktivitas grup di bawah YG Entertainment. Dua anggota sudah lebih dulu menyetujui niat tersebut dan telah menyelesaikan kontrak dengan YG.

YG baru akan menyampaikan pernyataan resminya jika dua anggota tersisa sudah menandatangani kontrak.

Hal itu disampaikan pihak agensi dalam laporan triwulan mereka, yang menyatakan, “Pada tanggal pengungkapan, negosiasi kontrak eksklusif dengan artis (BLACKPINK) sedang dalam proses. Hasil akhir akan diumumkan kemudian melalui pengungkapan 'Masalah Manajemen Utama Terkait Keputusan Investasi'.”

Di sisi lain, jika para anggota ingin melakukan aktivitas individu di tempat lain selain YG Entertainment, mereka harus memutuskannya terlebih dahulu kemudian mengatur ketentuan kontrak BLACKPINK dengan menghubungkannya dari perusahaan ke perusahaan lain.

Masalahnya adalah gak mungkin untuk menandatangani kontrak BLACKPINK terlebih dahulu. Situasi keuntungan setiap perusahaan berbeda-beda tergantung pada prioritas kegiatannya.

Oleh karena, gak ada kasus preseden penandatanganan kontrak kegiatan kelompok sebelum menentukan lembaga individu.

Tahun ini, isu paling kritis di dunia Kpop adalah perpanjangan kontrak BLACKPINK dengan YG Entertainment. Meskipun ada banyak IP idol (hak kekayaan intelektual) yang diamankan sejauh ini, tapi di antara idol group yang aktif saat ini, hanya BLACKPINK jadi satu-satunya yang gak punya IP.

Baca juga: BLACKPINK Bakal Collab dengan Artis Kontemporer Jepang, Takashi Murakami Bikin Koleksi Limited

kontrak blackpink dengan yg entertainment

Sumber: Google

Pengaruh BLACPINK Terhadap Bisnis YG Entertainment

Gak dipungkiri bahwa BLACKPINK dan para anggotanya punya pengaruh signifikan terhadap bisnis YG, seperti harga saham, sehingga wajar jika mereka berupaya untuk memperbarui kontrak BLACKPINK. Tujuannya gak lain untuk kelangsungan dan aktivitas regular grup, bukan pembubaran.

Namun, pemikiran masing-masing anggota BLACKPINK berbeda-beda. Meskipun terdapat keuntungan dari kegiatan kelompok, ada juga keinginan yang kuat dari setiap anggota untuk memberi merek pada diri mereka sendiri, sehingga gak mudah untuk menemukan titik terangnya.

Meski begitu, beberapa anggotanya masih mempertimbangkan untuk menandatangani kontrak individu dengan YG. Orang dalam industri musik bahkan mengatakan, “Ada tempat yang menawarkan bonus penandatanganan ratusan miliar won untuk mendapatkannya. Namun beberapa member masih menganggap kolaborasi dengan YG yang selama ini mendukung aktivitas BLACKPINK lebih efisien dan tetap berkomunikasi dengan YG.”

Sementara itu, BLACKPINK menyelesaikan tur dunia mereka bertajuk “Born Pink” dengan mengumpulkan 1,8 juta peserta dan menghasilkan pendapatan kumulatif hampir 300 miliar won.

Bahkan jika kontrak BLACKPINK dengan YG Entertainment secara individu gak terwujud, aktivitas grup sendiri diperkirakan bakal menghasilkan pendapatan yang sangat besar bagi YG dan masing-masing anggota.

Baca juga: Apakah BLACKPINK Bakal Lolos Dari Kutukan 7 Tahun Kpop?

kontrak blackpink dengan yg entertainment

Sumber: Google

Dilema YG Soal Kontrak BLACKPINK

Meskipun jumlah anggotanya relatif kecil dibandingkan grup lain, untuk menemukan konsensus jadi tantangan yang sama.

OIeh karena itu, dilema yang dirasakan pihak YG Entertainment sangat dalam. Mereka sedang menjajaki cara untuk mempertahankan BLACKPINK sebagai sebuah grup, namun sulit untuk mencapai kompromi dan mempersempit opini, sehingga sulit untuk mengonfirmasi pembaruan kontrak.

Jadi memang sesulit itu ya Teman iStyle untuk bisa memperpanjang kontrak BLACKPINK dengan YG Entertainment.

Yuk, dukung terus grup kesayangan kalian dengan berbelanja merchandise, lightstick, hingga album BLACKPINK hanya di iStyle.id. Menariknya nih di iStyle kalian bisa membeli semua produk Kpop di Withmuu store online-nya loh.

Comments

You must Register or Login to post a comment.