K-Pop Zone - 12 October 2023

Akankah BLACKPINK Selamat Dari Kutukan 7 Tahun Kpop?

FX Prasetyo - 12 October 2023
Akankah BLACKPINK Selamat Dari Kutukan 7 Tahun Kpop?

Sejak masuknya BLACKPINK ke dunia musik pada tahun 2016, grup Kpop ini telah mengumpulkan banyak sekali penggemar setia. Tetapi saat ini para penggemar pastinya khawatir apakah mereka akan selamat dari kutukan 7 tahun Kpop?

Sebab, gadis-gadis ini telah mengumpulkan banyak kemenangan dan kenangan selama bertahun-tahun, menjadi salah satu nama terbesar yang muncul dari Korea Selatan.

Spekulasi mengenai kemungkinan pembubaran telah mengikuti BLACKPINK selama berbulan-bulan karena semua orang bertanya-tanya apakah mereka akan menjadi korban dari ancaman kutukan tujuh tahun yang terkenal itu.

Baca juga: Keren! JISOO dan JENNIE BLACKPINK Sukses Raih Lagu Kpop Digital Terlaris di China 2023

kutukan 7 tahun kpop

Sumber: Google

Apa Itu Kutukan 7 Tahun Kpop?

Kutukan tujuh tahun mungkin belum banyak diketahui oleh mereka yang baru mengenal dunia K-pop.

Di masa lalu, gak jarang bagi para calon idola menandatangani perjanjian kontrak yang mengikat mereka dengan agensi masing-masing untuk jangka waktu yang lama, bahkan melebihi satu dekade dalam beberapa kasus.

Diberi label sebagai “kontrak budak” oleh media, perjanjian ini menerapkan persyaratan yang sangat ketat, sangat menguntungkan agensi manajemen dan membuat idola Kpop hanya mendapatkan sedikit keuntungan finansial.

Beberapa grup K-pop menentang hal ini dan mengungkap sisi gelap industri musik. Misalnya, pada tahun 2009, tiga anggota boy grup TVXQ menggugat agensi mereka SM Entertainment atas kontrak 13 tahun, menurut Kbizoom.

Sengketa hukum masih menjadi salah satu kasus paling terkenal di industri ini, mengingat popularitas TVXQ dan reputasi SM sebagai raksasa industri.

Menyusul tuntutan hukum tersebut, Komisi Perdagangan Adil Korea Selatan mengeluarkan peraturan baru yang membatasi kontrak hiburan menjadi tujuh tahun, kata sumber yang sama.

Ketika para idola mencapai akhir kontrak mereka, bukan hal yang aneh bagi anggota tertentu untuk memilih karir solo atau jalur yang sama sekali berbeda. Hal ini sering mengakibatkan pembubaran kelompok atau keluarnya anggota setelah tujuh tahun aktif, yang karenanya disebut kutukan tujuh tahun.

Baca juga: Dari BLACKPINK, BTS, dan Kpop Star Lainnya: Seniman yang Kini Jadi Model Kampanye Fashion

kutukan 7 tahun kpop

Sumber: Google

Grup yang Selamat Dari Kutukan 7 Tahun

Boy grup Kpop terbesar, BTS, jadi bukti keberhasilan mereka mengatasi kutukan 7 tahun Kpop tersebut, meskipun ada beberapa hal yang hampir mustahil terjadi.

Pada Mama Awards 2018, salah satu anggotanya Jin menceritakan bahwa grup tersebut telah melalui masa sulit tahun itu. Ia bahkan menyebut ketujuh member BTS sedang mempertimbangkan untuk bubar.

Beruntung bagi para penggemar, hal itu gak terjadi dan boy grup ini menjadi lebih kuat dari sebelumnya, dan merayakan hari jadinya yang ke 10 tahun ini.

Grup populer lainnya, Girls' Generation, juga bertahan dalam ujian waktu, hingga dapat merayakan hari jadinya yang ke-16 tahun ini.

Masih ada grup lainnya yang juga berhasil mengalahkan kutukan tujuh tahun Kpop tersebut. Meskipun ada korban jiwa di sepanjang perjalanannya termasuk Exo, Shinee, Twice, dan BigBang.

Baca juga: Jennie dan Jisoo Dikabarkan Bikin Agensi Sendiri, Ini Tanggapan YG Entertainment

kutukan 7 tahun kpop

Sumber: Google

Apa yang Terjadi dengan Perpanjangan Kontrak BLACKPINK?

Menurut Evening Standard, grup yang beranggotakan Lisa, Jennie, Jisoo, dan Rose itu pertama kali menandatangani kontrak tujuh tahun lalu dengan YG Entertainment pada bulan Agustus 2016.

Ketika kesepakatan tersebut mencapai puncaknya pada musim panas ini, negosiasi kontrak yang akan datang sering ditanggapi dengan kekhawatiran oleh para penggemar.

Mengingat keempat gadis tersebut memiliki basis penggemar yang besar dan aktivitas solo yang sukses, beberapa artikel mengenai pembaruan kontrak BLACKPINK telah beredar selama beberapa bulan terakhir.

Seperti dilansir Evening Standard, Rosé dikabarkan menjadi satu-satunya anggota yang memilih untuk memperpanjang kontraknya dengan YG Entertainment sejauh ini.

Sementara itu, media Korea News1 memberitakan bahwa anggota Jisoo dan Jennie telah membuat keputusan untuk berpisah dengan YG. Mereka memilih untuk mendirikan perusahaan hiburan mereka sendiri.

Media Korea Selatan juga memberitakan bahwa Lisa kemungkinan akan bergabung dengan agensi lain.

Meskipun baik mereka maupun YG belum mengomentari rumor tersebut, YG membuat pernyataan yang mengumumkan, “Belum ada yang diputuskan mengenai perpanjangan kontrak BLACKPINK dan aktivitasnya di masa depan. Kami sedang berdiskusi dengan para anggota.”

Baca juga: Beri Pengaruh Kuat! Ini Bukti Kecintaan Dior Kepada Jisoo BLACKPINK

Masing-masing anggota BLACKPINK saat ini masih disibukkan dengan berbagai aktivitas. Maklum mereka banyak job sebagai brand ambassador merek mewah, sehingga rasanya walaupun kontrak mereka gak diperpanjang ketenaran dan kekayaan keempat membernya gak akan berkurang.

Bagaimana menurut Teman iStyle apakah kutukan 7 tahun Kpop akan terjadi kepada BLACKPINK?



Sumber:

SCMP

J-14

Comments

You must Register or Login to post a comment.