K-Entertainment - 11 October 2023

Perubahan Jadwal, Rating Drakor Arthdal Chronicles 2 Turun

Rafa Syawalia R - 11 October 2023
Perubahan Jadwal, Rating Drakor Arthdal Chronicles 2 Turun

tvN menghadapi reaksi dari pemirsa Arthdal Chronicles 2 dan mendapat penurunan rating yang signifikan karena perubahan jadwal yang tiba-tiba. Arthdal Chronicles: The Sword of Aramun yang mendapat ulasan positif meskipun ada perubahan pemeran yang berisiko, mengalami penurunan rating yang tajam. Episode 6 yang tayang pada 23 September mencatatkan rating 2,2%, jauh lebih rendah dibandingkan 4 episode pertama.

Penurunan rating ini disebabkan oleh keputusan untuk menayangkan episode 5 dan 6 berturut-turut pada tanggal 23 September dan membatalkan drama tersebut pada tanggal 24 September. Drama ini memiliki durasi yang lama dan episode 6 ditayangkan lewat tengah malam, sehingga mengakibatkan penurunan jumlah penonton.

tvN sepertina membatalkan drama tersebut untuk mencegah penurunan rating akibat ada acara olahraga, meski tidak menayangkan Asian Games. Ada pertandingan tim nasional sepak bola pria Korea Selatan pada periode yang sama, namun keputusan tvN untuk mengubah jadwal secara sepihak, menghilangkan hak pemirsa untuk menonton Arthdal Chronicles: The Sword of Aramun, dipandang negatif.

Baca juga: SBS Tunda Penayangan Episode 8 K-Drama ‘The Killing Vote’, Kenapa?

tvN mengambil keputusan lain untuk menayangkan episode 7 dan 8 berturut-turut pada tanggal 8 Oktober untuk menghindari pertandingan final sepak bola putra Korea Selatan vs Jepang pada tanggal 7 Oktober. Keputusan ini disampaikan setelah tempat Korea Selatan di pertandingan final dipastikan pada 5 Oktober.

Karena Asian Games dan hari libur Chuseok, Arthdal Chronicles: The Sword of Aramun dibatalkan dari 24 September hingga 30 September. Jika ada pembatalan lagi hingga tanggal 7 Oktober, karya tersebut akan mendapat jeda dua minggu, yang selanjutnya dapat memengaruhi rating.

Arthdal Chronicles: The Sword of Aramun awalnya mendapat perhatian dengan penambahan Lee Joon Gi dan Shin Se Kyung ke dalam pemeran dan berada di jalur yang tepat dengan alur cerita yang menyegarkan. Ratingnya stabil, dengan 4 episode pertama secara konsisten mencapai kisaran 5%. 

Baca juga: 3 Alasan Kamu Wajib Nonton ‘A Good Day to Be a Dog’, Drakor Baru Cha Eun Woo dan Park Gyu Young

Namun, pembatalan yang sering terjadi dan penayangan berturut-turut telah mengurangi minat pemirsa. Dengan 6 episode tersisa, akan menjadi tantangan bagi drama ini untuk memulihkan ratingnya.

Di bagian akhir Arthdal Chronicles: The Sword of Aramun, pertarungan antara karakter yang dimainkan oleh Jang Dong-gun dan Lee Joon Gi diperkirakan akan menambah antisipasi terhadap perkembangan acara tersebut. Namun, mengatasi hambatan akibat terganggunya jadwal siaran tidaklah mudah, dan mendapatkan kembali momentum yang hilang merupakan tugas yang menantang.

Comments

You must Register or Login to post a comment.