K-Entertainment - 14 September 2023

Selain ‘Road to Boston’, Ini Daftar Film Korea Biografi Tokoh

Stefani Ditamei - 14 September 2023
Selain ‘Road to Boston’, Ini Daftar Film Korea Biografi Tokoh

‘Road to Boston’ atau Boston 1947 adalah film Korea terbaru yang dijadwalkan tayang 27 September 2023. Film ini diadaptasi dari kisah nyata atlet Korea Selatan Suh Yun Bok dan pelatihnya, Son Kee Jung.  

Kedua tokoh dalam film ‘Road to Boston’ adalah atlet yang pernah bertanding di Boston Marathon ke-51 mewakili Korea Selatan. Sebelumnya, Son Kee Jung pernah menang medali emas di Berlin Olympics 1936. Sayangnya, saat itu Korea dalam kondisi diinvasi oleh kolonial Jepang dan terpaksa menang sebagai perwakilan Jepang, bukan Korea. 

Selengkapnya, Teman iStyle bisa baca di artikel K-HUB ‘Boston 1947: Film tentang Atlet Korea Bertanding di Kompetisi Maraton Internasional. Selain ‘Road to Boston’, masih banyak film Korea yang diadaptasi dari kisah nyata atau biografi tokoh. Berikut adalah rekomendasinya!

Film Korea Berdasarkan Biografi Tokoh

Biografi adalah tulisan atau cerita yang memuat kisah nyata seseorang dan ditulis atau dibuat oleh orang lain. Biografi pada umumnya berupa buku atau tulisan, tetapi juga bisa dibuat dalam bentuk film. Berikut adalah film Korea tentang biografi tokoh yang recommended banget!

film korea biografi tokoh

Sumber Foto: Google

1. The Last Princess (2016)

Film ini berkisah tentang Putri Terakhir di Kekaisaran Korea. Namanya adalah Princess Deok Hye. Semasa hidupnya ditawan pemerintah Jepang dan berjuang demi kemerdekaan Korea. Saat Princess Deokhye menjadi tawanan di Jepang, Jang Han berjuang untuk kemerdekaan dan misinya adalah membawa kembali Princess Deokhye kembali ke Korea Selatan.

film korea biografi tokoh

Sumber Foto: Google

2. 1987: When the Day Comes (2017)

Film Korea berdasarkan kisah nyata berikutnya adalah ‘1987: When the Day Comes (2017)’. Pada tahun 1987, mahasiswa pergerakan pro demokrasi bernama Park Jong Chul tewas disiksa polisi. Pemerintahan dan kepolisian saat itu berusaha menutupinya. Namun media dan mahasiswa berusaha untuk mengungkap kebenaran.

Sumber Foto: Google

3. Ayla: The Daughter of War (2017)

‘Ayla: The Daughter of War’ adalah film tentang biografi Ayla dan Süleyman  dengan atar waktu saat perang Korea tahun 1950. Süleyman  adalah tentara asal Turki yang menemukan anak perempuan usia 5 tahun. Süleyman  menamainya Ayla tang bermakna ‘bulan’ dalam bahasa Turki. Ini adalah kisah nyata dan keduanya bertemu saat premiere film berlangsung.

film korea biografi tokoh

Sumber Foto: Google

4. Malmoe: The Secret Mission (2019)

Saat Jepang menginvasi Korea, muncul peraturan melarang masyarakat Korea menggunakan bahasa Korea. Mereka dipaksa untuk menggunakan bahasa Jepang. 

Baca juga: Rekomendasi Film Korea dengan Rating Tertinggi di Netflix

Hal ini membuat sekelompok aktivis bahasa khawatir jika suatu saat bahasa Korea akan hilang. Untuk mempertahankan bahasa Korea, mereka membentuk tim untuk menyusun kamus besar Bahasa Korea. 

film korea biografi tokoh

Sumber Foto: Google

5. Taxi Driver (2017)

Film Korea berdasarkan kisah nyata berikutnya adalah ‘Taxi Driver’. Film ini dibintangi oleh Song Kang Ho yang berperan sebagai sopir taxi. Saat pergerakan demokratisasi di Gwangju terjadi (1980), seorang jurnalis asal Jerman bernama Peter melakukan investigasi ke Gwangju. Saat itu, dirinya dibantu oleh seorang sopir taxi. Berkat perjuangan keduanya, kebenaran tentang kejadian di Gwangju dapat terungkap.

Baca juga: 5 Rekomendasi Film Korea Underrated dengan Tema Coming of Age

Demikian informasi tentang film Korea berdasarkan kisah nyata dan biografi tokoh. Yuk, baca artikel lainnya tentang drama dan film Korea di K-HUB iStyle.id! Temukan berbagai artikel menarik untuk menambah referensi film dan drama Korea terbaru.

Comments

You must Register or Login to post a comment.