Lifestyle - 26 November 2021

5 Jenis Jamur yang Bisa Dikonsumsi dan Baik untuk Kesehatan

Neng Osa Nurohmah - 26 November 2021
5 Jenis Jamur yang Bisa Dikonsumsi dan Baik untuk Kesehatan

Jamur adalah salah satu lauk pendamping nasi yang cukup populer. Ada cukup banyak jenis jamur yang bisa dikonsumsi dan mudah diolah menjadi berbagai sajian menu makanan.

Gak cuma itu, beberapa jenis jamur juga memiliki khasiat yang bagus buat kesehatan tubuh. Jenis jamur apa saja kira-kira yang bisa dikonsumsi dan baik untuk kesehatan? Yuk, simak penjelasannya di bawah ini.

Baca juga: 2 Resep Jamur Tiram untuk Menu Makanan Sehari-hari

Jenis Jamur Konsumsi

Sumber gambar: Katalog iStyle

Jamur Tiram 

Bisa dikatakan Jamur Tiram adalah jamur paling populer dan menjadi favorit banyak masyarakat. Jamur ini cukup mudah ditemukan dan harganya terjangkau. Selain itu, jamur ini juga memiliki sejuta manfaat dengan rasa dan teksturnya juga mirip daging. 

Jamur Enoki

Sumber gambar: Katalog iStyle

Jamur Enoki

Saat ini Jamur Enoki juga menjadi salah satu jamur favorit banyak orang nih. Rasanya yang renyah saat dimakan membuat siapapun yang mencobanya ingin makan lagi dan lagi. Jamur enoki juga memiliki manfaat yang bisa menurunkan kadar kolesterol, hipertensi, dan tekanan darah loh, Teman iStyle.

Enoki adalah jenis fungi pertama yang dipelajari untuk kanker. Seperti banyak yang lainnya, enoki adalah imunomodulator potensial. Artinya, memberikan manfaat dalam hal menurunkan kadar kolesterol  hipertensi, dan tekanan darah.

Baca juga: Macam-macam Tempura Sayur Ala Korea (Yache Twigim)

Jamur Kuping

Sumber gambar: Katalog iStyle

Jamur Kuping

Beberapa dari kalian mungkin jarang atau belum pernah mencobanya, tapi kalian pasti pernah mendengar nama Jamur Kuping. Jamur kuping biasanya berwarna hitam atau hitam kecoklatan dan memiliki tekstur yang sedikit berbeda dibandingkan dengan jamur pada umumnya, kenyal dan sangat renyah. 

Kamu bisa mendapatkan segudang manfaat saat mengonsumsi jamur yang ini. Manfaat jamur kuping bisa menurunkan risiko penggumpalan darah, mengatasi hipertensi, mengobati wasir, dan melancarkan buang air besar. 

Jamur Kancing

Sumber gambar: Katalog iStyle

Jamur Kancing

Jamur Kancing juga termasuk jenis jamur yang cukup mudah ditemukan di pasar. Jamur kancing putih yang terpapar sinar UV bisa menjadi sumber vitamin D yang bagus buat tubuh. Jamur ini juga bisa membantu mencegah pertumbuhan tumor loh, Teman iStyle.

Baca juga: Mudah dan Lezat! Ini Cara Masak Jamur Enoki Ala Korea

Jamur Merang

Sumber gambar: Katalog iStyle

Jamur Merang

Teman iStyle mungkin sedikit merasa asing dengan nama jamur yang satu ini, namun jika melihat bentuknya kemungkinan kalian akan cukup familiar dengan Jamur Merang. Jamur ini mengandung protein yang sangat tinggi daripada jamur lainnya. Selain itu, jamur merang juga memiliki kandungan riboflavin, tiamin, kalsium, dan fosfor. Jamur ini biasanya banyak tumbuh di dataran rendah.

Itulah beberapa jenis jamur yang bisa dikonsumsi dan baik untuk kesehatan. Teman iStyle bisa menemukan jamur-jamur tersebut di iStyle.id

Comments

You must Register or Login to post a comment.