Lifestyle - 11 July 2023

Cara Buat Oisobagi, Kimchi Timun Asli Korea 

Stefani Ditamei - 11 July 2023
Cara Buat Oisobagi, Kimchi Timun Asli Korea 

Korea Selatan memperkenalkan kimchi sebagai salah satu makanan khas yang sudah ada sejak lama. Makanya, gak heran kalau beberapa scene drama Korea dan kebiasaan orang Korea yang mengonsumsi kimchi sebagai side dish. Ternyata, kimchi terdiri dari berbagai jenis, lho!

Dalam salah satu artikel K-Hub yang berjudul ‘Wajib Coba! Macam-Macam Kimchi Korea Yang Gak Kalah Enak’, beberapa contoh kimchi yang populer adalah oisobagi, gat, kkakdugi, chonggak, dan buchu. Nah, di artikel ini K-Hub bakal mengulas resep oisobagi, kimchi asal Korea Selatan yang memanfaatkan timun sebagai bahan utamanya. Yuk, simak cara buat oisobagi di bawah ini!

Sumber Foto: Google

Resep Oisobagi Kimchi Timun

Pada umumnya, masyarakat Korea membuat oisobagi saat musim panas karena saat itu timun sedang banyak dipanen. Jenis timun seperti apa yang sering dipakai untuk membuat oisobagi? Kalau di Korea, memang  ada jenis timun yang berasal dari Korea dan bentuknya lebih panjang dan warna kulitnya sangat hijau. Dagingnya tebal, juicy, dan tentunya krispi karena seger banget! Kalau gak ada timun Korea, Teman iStyle bisa bikin oisobagi menggunakan timun yang biasa didapatkan di pasar atau supermarket. Berikut bahan-bahan dan bumbu yang harus disiapkan?

Baca juga: Resep Kkakdugi Kimchi Lobak Korea

Bahan Oisobagi:

  1. 2-3 buah timun, bisa pakai jenis timun apa saja termasuk timun Jepang/kyuri
  2. 1 buah wortel jenis brastagi
  3. 1 sdm garam
  4. 1 daun bawang
  5. Biji wijen secukupnya

Baca juga: 6 Jenis Kimchi Paling Terkenal di Korea Selatan

Bahan bumbu:

  • 3-4 siung bawang putih dan ½ bawang bombay
  • 1 cup gochugaru/cabai bubuk asli Korea
  • 2 sdm gula pasir dan minyak wijen
  • 1 sdm masing-masing untuk jahe bubuk, kecap asin
  • Air putih secukupnya

oisobagi kimchi timun

Sumber Foto: Google

Cara Buat Oisobagi Kimchi Timun

Timun yang sudah dicuci bersih kemudian potong seukuran jari, sisihkan.  Kemudian cuci dan kupas wortel dan potong dengan bentuk julienne cut. Timun dan wortel yang sudah dipotong kemudian dicampurkan,  tambahkan garam, dan diaduk rata. Diamkan beberapa saat dan mulai siapkan bumbu. Seluruh bahan-bahan bumbu diblender sampai bentuknya mirip pasta

. Setelah selesai, segera campurkan ke wadah yang berisi wortel dan timun, aduk rata. Tambahkan biji wijen dan irisan daun bawang. Jangan lupa pindahkan ke wadah tertutup, diamkan selama kurang lebih empat jam. Jika rasanya sudah asam, Teman iStyle bisa simpan oisobagi di kulkas.

Nah, itulah cara untuk buat oisobagi, kimchi timun asal Korea yang lezat untuk jadi makanan pendamping. Pengen buat kimchi tapi bingung cara dapetin bahan atau bumbunya? Teman iStyle bisa dapatkan makanan dan bumbu asli Korea di iStyle.id. Selamat mencoba!

Comments

You must Register or Login to post a comment.