Lifestyle - 16 April 2018

Tips Jalan-jalan Hemat Anti-Mainstream ke Busan

Admin - 16 April 2018
Tips Jalan-jalan Hemat Anti-Mainstream ke Busan

Bicara tentang tempat ikonik di Korea, pasti banyak yang berkata Jeju, Nami Island dan segudang atraksi di Seoul. Tidak banyak yang tahu bahwa Busan juga merupakan kota yang penuh tempat wisata dan menawarkan segudang makanan enak. Berjarak sekitar 350km dari Seoul, ada banyak cara menuju Busan dari Seoul. Mulai dari bus, kereta cepat (KTX), kereta biasa hingga pesawat. Nah, bagaimana cara yang paling hemat?

Naik Bus

Bus adalah pilihan terbaik untuk budget traveler. Ada banyak kelas bus ke Busan, harga one-way dimulai dari 24 ribu won atau sekitar 300 ribu rupiah. Pemesanan tiket bisa dilakukan di kobus.co.kr atau bustago.co.kr sesuai dengan terminal asal dan tujuan. Rute yang disarankan adalah dari Nambu Terminal atau Gyeongbu Line Seoul (Express Bus Terminal) ke Sasang (Busan). [caption id="attachment_6194" align="aligncenter" width="1107"] Pemesanan Via kobus[/caption] [caption id="attachment_6198" align="aligncenter" width="807"] Macam-macam Kelas Bus[/caption] Perbedaan utama dari excellent dan economy hanyalah tempat duduknya. Excellent lebih besar dan nyaman karena bersetting 2-1 dan dilengkapi plug USB untuk mengisi baterai jika diperlukan. Setelah memesan tiket online, tiket bisa diakses secara elektronik atau dicetak di mesin yang ada di terminal. Kalau belum memesan atau ada kesulitan pembayaran, konter juga melayani penjualan tiket offline. Umumnya masih akan ada sedikit tiket tersedia hingga 1 jam sebelum keberangkatan. Pemesanan awal tentu lebih baik. [caption id="attachment_6197" align="aligncenter" width="678"] Konter tiket di terminal[/caption] Jika ingin menekan budget penginapan, maka pilihlah bus yang berangkat tengah malam dari Seoul. Perjalanan ke Busan akan ditempuh dalam waktu 4.5 jam termasuk istirahat. Sampai di Sasang, kamu bisa menunggu kereta subway pertama di restoran cepat saji sekitar terlebih dahulu.

Spa Cantik di Spa Land

Tempat yang direkomendasikan untuk memulai hari adalah Centum City Spaland.

Tips jalan-jalan Busan

[caption id="attachment_6195" align="aligncenter" width="610"] Kolam Mandi Spa Land[/caption] Buka mulai jam 6 pagi, Spa Land (Centum City Station) adalah sauna super mewah dengan berbagai fasilitas menarik. Pengalaman di Spaland tentu akan menjadi sangat unik karena tidak seperti sauna ala Korea lainnya, Spaland memiliki teknologi canggih dan sangat modern. Setelah membayar biaya masuk untuk 4 jam, pengunjung akan diberikan handuk, baju dan gelang yang juga berfungsi sebagai kunci loker dan alat pembayaran. Jadi semua transaksi di dalam Spa Land tidak menggunakan cash. Kita akan bayar setelah keluar. [caption id="attachment_6200" align="alignnone" width="3264"] Sudut minimalis di Spa Land[/caption] 4 jam di Spa Land akan berlalu sangat cepat. Perjalanan bisa dilanjutkan ke pantai ikonik di Busan: Haeundae. Pantai Haeundae hanya berjarak 3 stasiun dari Centum City. Ada banyak jajanan yang bisa dinikmati di Haeundae terutama Odeng, fish cake Korea yang rasanya lebih mantap di Busan.

Menikmati Yonggungsa

[caption id="attachment_6203" align="alignnone" width="13632"] Panorama Yonggungsa[/caption] Selepas bersantai di Haeundae, coba untuk pergi ke Yonggungsa, kuil di pinggir laut. Yonggungsa letaknya lumayan jauh dan bisa dicapai dengan naik bus 81 dari exit 10 Haeundae Station. Bus tidak akan berhenti di pintu masuk, dan kamu masih harus jalan menanjak untuk mencapai Yonggungsa. Jangan putus asa dahulu, karena pemandangannya sangat cantik dan sayang untuk dilewatkan! [caption id="attachment_6202" align="alignnone" width="3264"] Yonggungsa[/caption]

Indahnya Gwangalli di Malam Hari

Sore menjelang malam, datanglah ke Gwangalli untuk melihat jembatan yang menjadi ikon Busan sambil menikmati hidangan di kafe sekitar. Ada banyak penginapan budget di sekitar Haeundae, atau Wendy's House di Gwangalli yang berjarak hanya 2 menit dari pusat keramaian. [caption id="attachment_6207" align="alignnone" width="1440"] Gwangalli Bridge[/caption] Demikian 1 hari di Busan. Tentu sehari tidak akan cukup. Durasi terbaik untuk menikmati Busan adalah 3 hari 2 malam, disarankan kembali ke Seoul dengan bus pukul 17.00 Estimasi budget 1 hari: Tiket bus pp KRW 50,000 Spaland KRW 13,000 Makan dan jajan KRW 22,000 Transport 1 hari KRW10,000 Penginapan mulai dari KRW 20,000 per orang

Comments

You must Register or Login to post a comment.