Lifestyle - 04 April 2024

Mengenal Hwaseong: Benteng Bersejarah Milik Raja Jeongjo di Suwon, Korea Selatan

Adinda Fitriayu - 04 April 2024
Mengenal Hwaseong: Benteng Bersejarah Milik Raja Jeongjo di Suwon, Korea Selatan

Di tengah gemerlapnya modernitas di Korea Selatan, terdapat sebuah keajaiban arsitektur yang syarat akan sejarah masa lalu. Hwaseong, sebuah karya megah yang dibangun oleh Raja Jeongjo, melambangkan warisan budaya dan sejarah yang kaya.

Terletak di kota Suwon, Hwaseong adalah bukti salah satu bukti akan kekuatan dan keindahan arsitektur pada zaman Joseon. Gak heran kalau Korea Selatan merupakan salah satu negara yang sanagat menghargai sejarahnya.

Baca Juga:

Gamcheon Culture Village: Rekomendasi Wisata Kota Busan yang Mirip dengan Kampung Warna Warni Malang

Benteng Hwaseong Suwon Korea

Sumber foto: Google

Sejarah Singkat Hwaseong

Terletak di Suwon, Provinsi Gyeonggi, Benteng Hwaseong merupakan peninggalan penting dari masa Kerajaan Joseon di abad 18an. Dibangun saat pemerintahan Raja Jeongjo, Raja ke 22 Joseon, Benteng Hwaseong dibangun sebagai salah satu usaha membuat Suwon menjadi pusat kota kedua Joseon.

Mulai dibangun sekitar tahun 1794, benteng yang satu ini selesai dibangun pada tahun 1796 dan mulai digunakan sejak saat itu. Benteng ini dibangun dengan dinding-dinding seluas kurang lebih 5.52 kilometer, an dilengkapi dengan berbagai fasilitas militer yang cukup lengkap.

Pada abad 18 tersebut juga Raja Jeongjo memerintahkan pembangunan Hwaseong sebagai monumen untuk menghormati dan mengenang ayahnya, Raja Sadoseja. Dengan visi yang jelas, Raja Jeongje ingin membangun sebuah kota benteng yang unik dan kuat yang dapat melindungi Seoul, ibu kota Joseon pada masa itu, dari ancaman musuh-musuhnya.

Baca Juga:

Mengenal Kota Osan, Tempat Syuting Drama ‘Arthdal Chronicles’ yang Anti Mainstream!

Benteng Hwaseong Suwon Korea

Sumber foto: Google

Kemegahan dan Fungsi Hwaseong

Salah satu daya tarik utama dari Hwaseong ini adalah keindahan dan kemegahan arsitekturnya. Dibangun dengan gaya arsitektur klasik Korea, struktur-struktur batu megah, gerbang yang mengesankan, dan menara menambah pesona luar biasa kota benteng ini.

Hwaseong juga terkenal karena 'Seonbi Stones', batu-batu besar yang digunakan untuk mengukuhkan dinding-dindingnya. Setiap bagian bangunan menghadirkan kisah-kisah dari masa lalu yang sangat menarik untuk dikulik lebih jauh.

Meskipun Hwaseong awalnya didesain sebagai sistem pertahanan, namun seiring waktu, fungsinya berkembang menjadi lebih dari sekadar struktur pertahanan. Bangunan ini juga menjadi tempat untuk kegiatan budaya dan politik, serta menjadi lokasi penting untuk upacara-upacara resmi yang diadakan oleh pemerintah Joseon.

Karena keindaham  bangunan Hwaseonn yang begitu megah dan juga banyak peninggalan sejarah, Hwaseong telah diakui sebagai Situs Warisan Dunia oleh UNESCO sejak tahun 1997. Pengakuan ini menempatkan Hwaseong di puncak daftar destinasi budaya yang wajib dikunjungi bagi wisatawan yang ingin merasakan kekayaan sejarah Korea Selatan.

Baca Juga:

Berencana Liburan ke Busan? Ini Dia 4 Rekomendasi Destinasi Wisata yang Wajib Kamu Kunjungi!

Nah itu dia sedikit tentang salah satu destinasi wisata di Korea Selatan yaitu benteng Hwaseong yang begitu megah dan indah.  Melalui Hwaseong, kamu dapat merasakan sejarah masa lalu yang tetap hidup dan berkembang dalam gemerlapnya Korea Selatan seperti sekarang.

Saat pergi liburan, wajib banget siapin outfit terbaik kamu. Gak cuma fashionable tapi juga harus bikin nyaman, apalagi kalau kamu suka bawa banyak barang dalam tas. Kamu butuh tas yang keren tapi juga cukup untuk membawa barang-barang esensial kamu.

Cek koleksi Tas dari MARHEN.J deh, brand tas asal Korea Selatan yang lagi hits banget sekarang ini. Kamu bisa beli di MARHEN.J iStyle.id, kerena dijamin original authentic dan lagi banyak promo lho. Buruan check out!

Comments

You must Register or Login to post a comment.