Lifestyle - 06 March 2024

5 Idol K-Pop Ini Dikritik Karena Membaca Buku Tentang ‘Feminis’!

Adinda Fitriayu - 06 March 2024
5 Idol K-Pop Ini Dikritik Karena Membaca Buku Tentang ‘Feminis’!

Feminisme adalah topik yang cukup sensitif di Korea Selatan karena negara ini memiliki sistem patriarki dan ideologi yang mengakar dalam mendefinisikan peran gender. Akibatnya, idol K-Pop yang hanya menunjukkan sedikit dukungan terhadap feminisme dikritik, dan terkadang diserang oleh komunitas yang berpusat pada laki-laki.

Oleh karena itu, ketika kelima idol ini ketahuan membaca buku feminis, mereka langsung ‘diserang’ oleh pria Korea, namun mendapat dukungan dari organisasi feminis dan pendukungnya. Siapa aja idol tersebut? Simak di bawah ya!

Baca Juga:

Fans TWICE Mengirim Truk Protes ke Kantor JYP Entertainment, Kenapa?

idol k-pop buku feminis

Sumber foto: Google

1. Sooyoung SNSD

Pada tahun 2018, Sooyoung pertama kali menunjukkan dukungannya terhadap feminis ketika dia berbicara tentang buku ‘Kim Jiyoung, Born 1982’ yang ditulis oleh Cho Namjoo. Di SNS, dia berbicara tentang kejadian di mana dia berpikir itu bukan apa-apa, namun sebenarnya mereka diperlakukan secara gak adil hanya karena menjadi seorang wanita.

Idol K-Pop Buku Feminis

Sumber foto: Google

2. RM BTS

Terlepas dari reaksi negatif tersebut, RM yang sudah menjadi superstar global, pada tahun 2018 menggunakan platformnya untuk membicarakan buku yang sama, ‘Kim Jiyoung, Born 1982’. Dia berkomentar bahwa buku itu adalah salah satu buku yang dia sukai dan menggambarkannya sebagai ‘menggugah pikiran’.

Idol K-Pop Buku Feminis

Sumber foto: Google

3. Irene Red Velvet

Selain Sooyoung dan RM, Irene juga mendapat kecaman keras karena membaca buku yang sama, sampai-sampai seorang penggemar pria menghancurkan barang dagangannya dan memposting reruntuhannya secara online. Beberapa penggemar juga membakar photo card Irene.

Reaksi negatifnya dimulai ketika dia mengaku saat acara fansign bahwa dia membaca ‘Kim Jiyoung, Born 1982’ yang mencerahkan orang-orang tentang kegakadilan yang diderita perempuan di Korea.

Idol K-Pop Buku Feminis

Sumber foto: Google

4. Hyunjin LOONA

Pada tahun 2023, HyunJin mendapat kecaman setelah dia ketahuan membaca dan menyimpan salinan dua buku feminis terkenal di dunia yang berjudul ‘Feminism Is for Everyone’ oleh Bell Hooks dan ‘Men Prepare Things to Me’ oleh Rebecca Solnit.

Idol K-Pop Buku Feminis

5. Huh Yunjin LE SSERAFIM

Tahun ini, idol K-Pop lain ditambahkan ke daftar ini setelah Huh Yunjin menjadi sorotan karena membaca buku feminis. Selama penampilannya di MBC ‘The Manager’ Yunjin sedang merias wajahnya ketika dia terlihat membaca buku berjudul ‘Breasts and Eggs’ oleh Mieko Kawakami.

Dalam program tersebut, orang dapat mengetahui bahwa dia adalah seorang bibliofil yang hebat, karena dia juga membawa berbagai buku seperti ‘All About Love’ karya Bell Hooks, buku karya Friedrich Wilhelm Nietzsche, dan ‘Ways of Looking’ karya John Berger di tasnya.

Namun, yang paling menarik perhatian karena Yunjin membawakan ‘Breasts and Eggs’, sebuah novel feminis progresif.

Baca Juga:

Pantang Menyerah! 4 Idol K-Pop Ini Debut Lebih dari Sekali dalam Karirnya

Profil Member dan Fakta Menarik dari Boyband WEi!

Untungnya, meskipun mereka ditargetkan oleh laki-laki patriarki, para penggemar membela kelima idol ini, menyemangati dan lebih mencintai mereka dengan cara mereka sendiri, menyoroti ketidak adilan dan stereotip yang dihadapi perempuan.

Menurut para penggemar, istilah ‘feminisme’ banyak disalahpahami dan disalahgunakan di Korea, dimana laki-laki berpikir bahwa menjadi ‘feminis’ sama dengan ‘misandry’, yaitu membenci laki-laki.

Gimana menurut kamu soal lima idol yang dikecam karena membaca buku feminis ini? Coba komen di bawah ya!

By the way, buat Teman iStyle yang mau beli buku-buku dari berbagai author terkenal dan juga bermacam-macm genre, kamu bisa belinya di Kinokuniya iStyle.id. Karena koleksi bukunya cukup lengkap dan lagi banyak promo menarik yang bisa kamu dapetin lho. Buruan check out!

Comments

You must Register or Login to post a comment.