K-Pop Zone - 31 January 2024

KQ Entertainment Diduga Meniru Merchandise Karakter Kartun Stray Kids, Memicu Perdebatan

Berlin Belladina - 31 January 2024
KQ Entertainment Diduga Meniru Merchandise Karakter Kartun Stray Kids, Memicu Perdebatan

Agensi ATEEZ, KQ Entertainment, diduga melakukan plagiarisme terhadap official merchandise milik Stray Kids. Di tahun 2021 setelah ‘GOD’S Menu’ rilis, JYP Entertainment juga merilis video versi karakter hewan kartun yang diberi nama SKZOO sesuai dengan karakter masing-masing para member.

Gak disangka ternyata karakter tersebut menjadi maskot Stray Kids, Teman iStyle, yang akhirnya dijadikan boneka official merchandise bahkan JYP Ent sampai membuat baju untuk boneka nya lho. Nah kemarin melalui akun official X, ATEEZ mengumumkan sebuah teaser berupa karakter hewan disebut ANITEEZ, yang diduga meniru SKZOO.

Sumber foto: Google

Meskipun mendapat antusiasme dan respon positif dari fans, namun beberapa netizen menganggap karakter ANITEEZ terlalu mirip SKZOO, “Ini kelihatan mirip banget sama SKZOO”, “Gak masalah kalau bikin boneka karakter hewan mewakilkan para idol, tapi jangan marah kalau STAYs menegur kemiripannya”, “Bayangin kalau SKZ merilis ini lebih lama, pasti juga disebut-sebut terus”.  

Baca Juga:

Deretan Idol K-Pop Pria Dengan Rambut Gondrong yang Rupawan!

3 Kasus Grup Idol Kpop Bubar Pada Puncak Popularitasnya! Paling Fenomenal!

Sumber foto: X (ATEEZOfficial)

Di sisi lain, banyak juga yang mengatakan kalau karakter hewan kartun Kpop idol bukan sesuatu yang baru dalam industri hiburan Korea Selatan, terutama dalam industri Kpop. Banyak agensi mengadopsi konsep ini untuk memberikan identitas unik pada setiap member.

JYP Entertainment menjadi salah satu agensi yang terkenal dengan menciptakan karakter hewan untuk beberapa grupnya. Salah satu contohnya adalah karakter ‘Tzuyu sebagai macan’ untuk Tzuyu dari TWICE.

Beberapa fans juga memilih menghindari fan-wars, lebih mendukung satu sama lain dan gak sabar menantikan ANITEEZ rilis. Mereka bahkan saling bertukar fan-art lho, gimana menurut Teman iStyle, Mirip gak ANITEEZ dengan SKZOO? Oh iya, kamu bisa beli official merchandise Stray Kids, ATEEZ ataupun Kpop idol lainnya melalui WithMuu di iStyle.id, disc up to 15% dan free delivery lho!

 

Comments

You must Register or Login to post a comment.