K-Entertainment - 26 January 2024

'12.12: The Day’ Menjadi Salah Satu Film Banyak Ditonton di Box Office Korea

Berlin Belladina - 26 January 2024
'12.12: The Day’ Menjadi Salah Satu Film Banyak Ditonton di Box Office Korea

Per 25 Januari kemarin film ‘12.12: The Day’ mencapai 12,984,746 penonton bioskop dan menjadi film Korea paling banyak ditonton di tahun 2023 lho. Telah mencapai prestasi yang mengesankan, bahkan melampaui popularitas film blockbuster 2012 ‘The Thieves’ di box office Korea Selatan Teman iStyle.

Selain itu film ini menjadi film Korea Selatan keenam yang paling banyak ditonton dalam sejarah perfilman Korea. Gak hanya itu aja, ‘12.12: The Day’ juga telah meraih posisi sebagai film kesembilan termasuk film internasional yang paling banyak ditonton.

Baca Juga:

Sinopsis '12.12: The Day', Film Korea Berdasarkan Sejarah 

Dibintangi oleh Hwang Jung Min, Jung Woo Sung, Park Hae Joon, Lee Sung Min, dan Kim Sung Kyun. ‘12.12: The Day’ berdasarkan kisah nyata yang terjadi tahun 1979 di Seoul, Korea Selatan di mana saat itu, terjadi insiden yang disebut dengan istilah ‘12.12 Military Insurrection’.

Sumber foto: Google

Jika mengamati cerita aslinya, ‘12.12 Military Insurrection’ adalah kejadian saat Jenderal Republik Korea, Chun Doo Hwan, bertindak tanpa perintah dari Choi Kyu Ah yang saat itu menjabat sebagai acting president. Chun Doo Hwan menangkap jenderal Jeong Seung Hwa yang dianggap terlibat dengan penembakan mantan presiden Korea Selatan, Park Chung Hee. 

Baca Juga:

Kurang dari 20 Hari Tayang, Film Korea ‘12.12: The Day’ Tembus 7 Juta Penonton

Sedangkan film ini menampilkan para tokoh bernama Chun Doo Kwang, Lee Tae Shin, Jung Sang Ho, No Tae Gun, dan Kim Joon Yeob. Film ini mengambil latar waktu tahun 1979, saat Seoul dilanda musim dingin.

Setelah insiden penembakan Presiden Park, darurat militer tiba-tiba diberlakukan. Kudeta tersebut diperintahkan oleh Defense Security Commander bernama Chun Doo Kwang. 

Congrats!

Comments

You must Register or Login to post a comment.