Fashion - 05 January 2024

4 Bahaya Sinar Ultraviolet, Alasan Utama Idol Kpop Pakai Kacamata Hitam

Stefani Ditamei - 05 January 2024
4 Bahaya Sinar Ultraviolet, Alasan Utama Idol Kpop Pakai Kacamata Hitam

Seberapa sering kalian menjumpai idol KPop menggunakan kacamata hitam?  Biasanya, artis Korea terlihat menggunakan black sunglasses saat perjalanan ke bandara, konser, maupun saat melakukan aktivitas sehari-hari.  

Di samping alasan untuk kebutuhan fashion, ternyata ada alasan khusus mengapa idol KPop menggunakan kacamata hitam. Alasan utama adalah bahaya sinar ultraviolet yang terpancar dari terik matahari.  Berikut adalah penjelasan selengkapnya!

4 Bahaya Sinar Ultraviolet

Sebelum membahas tentang bahaya sinar ultraviolet, seberapa banyak yang kalian tahu tentang sinar UV atau ultraviolet? Sinar ultraviolet adalah gelombang elektromagnetik yang berasal dari energi radiasi matahari. Letak sinar UV ada di sepanjang pita 100-400 meter yang menjangkau permukaan bumi dengan panjang gelombang hingga 1 mm. Lantas, apa saja bahaya sinar ultraviolet?

bahaya sinar ultraviolet

Sumber Gambar: Google

1. Kerusakan Pada Kulit

Selain menggunakan kacamata, idol KPop juga  menutupi wajahnya menggunakan masker. Jika diperhatikan lagi, masker dan kacamata adalah aksesoris yang lekat dengan artis Korea. Hal itu dilakukan untuk mencegah kerusakan pada kulit yang disebabkan oleh sinar UV. 

Baca juga: Yuk, Intip 4 Brand Kacamata yang Sering Dipakai Artis Korea

Jika kulit terkena paparan sinar matahari dan gak dilindungi, maka kulit akan sulit untuk memperbaharui dirinya sendiri. Singkatnya, sunglasses melindungi kulit idol KPop di sekitar mata.

Sumber Gambar: Google

2. Sunburn

Bahaya sinar ultraviolet selanjutnya adalah sunburn atau biasa dikenal dengan istilah kulit terbakar. Apa ciri-ciri kulit yang terbakar karena paparan sinar matahari? Beberapa di antaranya adalah kulit berwarna kemerahan dan perih saat disentuh. 

Sunburn menyebabkan reaksi inflamasi yang berisiko dengan munculnya penuaan dini. Selain menggunakan kacamata hitam, penuaan dini dapat dicegah dengan cara lain. Selengkapnya baca di artikel K-HUB ‘4 Cara Praktis Buat Mencegah Penuaan Dini’.

bahaya sinar ultraviolet

Sumber Gambar: Google

3. Menyebabkan Cedera Mata

Idol KPop memiliki schedule yang padat dan direkomendasikan untuk senantiasa menjaga kesehatan. Salah satunya dengan menghindari cedera pada mata yang disebabkan oleh sinar UV. Paparan sinar matahari yang berlebihan dapat menyebabkan penglihatan menjadi buram. Itulah sebabnya, artis Korea menggunakan kacamata hitam saat siang hari maupun saat beraktivitas. 

Sumber Gambar: Google

4. Perubahan Warna Kulit

Perubahan warna kulit atau tanning pada umumnya disebabkan karena terpapar sinar matahari secara terus-menerus. Namun, ada juga yang berupaya untuk melindungi kulit sekitar wajah dengan cara menggunakan masker dan topi. 

Sedangkan di bagian mata direkomendasikan untuk menggunakan kacamata hitam. Hal tersebut dapat kalian lihat dari aksesoris yang sering dipakai idol KPop untuk melindungi kulit wajah, mulai dari kacamata, topi, hingga masker.

Baca juga: Tampil Stylish dengan Kacamata Cat Eye ala Korea dari CARIN!

Itulah penjelasan tentang bahaya sinar ultraviolet bagi kesehatan kulit dan mata. Yuk, mulai pedulikan kesehatan mata dengan cara mencegah dampak buruk sinar UV dengan kacamata! 

Kalau Teman iStyle suka dengan K-Fashion, K-HUB secara khusus merekomendasikan brand eyewear asal Korea Selatan, CARIN. Bersama dengan NewJeans, CARIN merilis ‘NewJeans Sunglasses Collection’ yang bisa kalian dapatkan di iStyle.id. Nikmati berbagai penawaran menarik untuk member baru di tahun 2024!

Comments

You must Register or Login to post a comment.