Lifestyle - 04 January 2024

5 Makanan Tradisional Korea Selatan Saat Merayakan Tahun Baru Lunar

Stefani Ditamei - 04 January 2024
5 Makanan Tradisional Korea Selatan Saat Merayakan Tahun Baru Lunar

Tahun baru dianggap sebagai momen yang berharga karena dirayakan satu kali di sepanjang pergantian tahun. Hal yang sama juga terjadi di Korea Selatan, perayaan tahun baru Lunar atau biasa disebut Seollal diadakan di antara Januari-Februari. Tahun Baru Lunar adalah hari raya besar di Korea Selatan yang dirayakan secara meriah, salah satunya dengan menggelar acara ‘pulang kampung’. Masyarakat Korea mempersiapkan diri untuk pulang ke kampung halaman demi menghormati keluarga besar maupun leluhur. 

5 Makanan Tradisional Korea Selatan 

Saat perayaan Seollal, banyak banget makanan tradisional yang disediakan, baik untuk tamu maupun untuk penghormatan kepada leluhur. Berikut adalah 5 makanan tradisional Korea Selatan saat merayakan tahun baru Lunar, sudah pernah coba?

makanan tradisional korea

Sumber Foto: Google

Tteokguk

Tteokguk adalah contoh makanan populer saat perayaan tahun baru Lunar dan dinikmati saat musim dingin. Hal ini dikarenakan tteokguk adalah makanan berkuah yang berisi kue beras, telur, dengan irisan topping daging berbumbu. Hidangan tteokguk semakin menggoda dengan adanya potongan telur rebus, rumput laut bakar, daging, dan irisan bawang bombay. Makanan yang satu ini cocok banget dinikmati dengan makanan pendamping kimchi.

Sumber Foto: Google

Nokdujeon

Teman iStyle pasti gak asing dengan makanan tradisional Korea Selatan yang satu ini. Nokdujeon atau mung bean pancakes direkomendasikan sebagai santapan saat perayaan Seollal karena dapat dibuat dalam porsi besar. Bahkan, nokdujeon dapat diawetkan dengan cara disimpan dalam freezer, lho. 

Baca juga: Macam Makanan Korea yang Populer di Indonesia

Kalian hanya perlu reheat sebelum dikonsumsi lagi dan termasuk hemat waktu karena gak ribet untuk memasaknya. Isian nokdujeon pada umumnya adalah kacang merah, potongan daun bawang, dan irisan daging.

makanan tradisional korea

Sumber Foto: Google

Bulgogi

Makanan tradisional Korea Selatan saat perayaan tahun baru yang gak kalah lezat adalah Bulgogi. Bahan utama membuat hidangan ini adalah daging yang sudah dimarinasi dengan bumbu ala BBQ Korea. 

Baca juga: 5 Rekomendasi Jajanan Musim Dingin di Korea Selatan

Irisan daging yang sudah dimarinasi bumbu kemudian dimasak dengan potongan bawang, gula, saus tiram, dan rice wine. Jangan lupa menambahkan potongan daun bawang, sesame oil, dan kecap asin. Bulgogi cocok dihidangkan dengan nasi hangat, wajib dicoba!

Sumber Foto: Google

Kimchi Dumplings

Salah satu jenis dimsum yang populer saat perayaan tahun baru Lunar di Korea Selatan adalah Kimchi Dumplings. Makanan ini berupa dimsum yang dilengkapi dengan isian berupa irisan daging sapi atau babi, potongan daun bawang, irisan tahu, kimchi, kacang merah, telur rebus, dan dicampur dengan irisan bawang putih. Isian tersebut nantinya dicampur secara merata dengan beberapa tetes minyak sesame.

makanan tradisional korea

Sumber Foto: Google

Japchae

Merayakan hari raya Seollal gak lengkap rasanya kalau belum menikmati hidangan japchae, mie jenis bihun (glass noodles) yang dimasak dengan potongan kentang manis, irisan daging, jamur shiitake, bayam, dan sayuran lainnya. Teman iStyle juga bisa menambahkan irisan wortel dan bawang bombay supaya rasanya lebih lezat. Japchae adalah hidangan sehat yang sering dijadikan menu saat merayakan tahun baru Lunar di Korea Selatan.

Baca juga: 4 Makanan Korea dari Kentang yang Lezat dan Menyehatkan

Demikian informasi tentang 5 makanan tradisional di Korea Selatan saat merayakan tahun baru lunar. Penasaran pengen nyobain makanan khas Korea Selatan? Gak perlu jauh-jauh datang ke sana, kalian bisa pilih sendiri di iStyle.id! Ada Masakan & Makanan Kemasan 100% original dari brand populer di Korea. 

Comments

You must Register or Login to post a comment.