K-Pop Zone - 19 December 2023

Waduh! Konsep MV ‘BORN TO BE’ ITZY Dinilai Plagiat dari ‘Drama’ Milik aespa

Adinda Fitriayu - 19 December 2023
Waduh! Konsep MV ‘BORN TO BE’ ITZY Dinilai Plagiat dari ‘Drama’ Milik aespa

Pada bulan Januari 2024 mendatang, girl grup besutan JYP Entertainment, ITZY bersiap untuk memanaskan pertarungan girl grup tahun 2024 sebagai pelopor dengan album mendatang mereka, ‘BORN TO BE.’ Menjelang perilisan album baru mereka, grup ini terus menerus diserang oleh MY (fandom aespa) karena dinilai plagiat atau menjiplak dari album milik aespa ‘Drama ’ nih Teman iStyle.

Mereka belum mengungkap rilisan baru mereka, namun kwintet tersebut sudah diburu oleh spekulasi plagiarisme oleh MYs, fandom aespa. Pada tanggal 18 Desember KST, ITZY merilis video musik lengkap untuk lagu pembuka album baru mereka, ‘BORN TO BE.’

Pada tanggal 8 Januari 2024 mendatang, girl grup tersebut kecuali Lia, akan memulai tahun ini dengan album berjudul sama yang berisi lagu utama, ‘UNTOUCHABLE.’ Sejak 4 Desember kemarin, JYP Entertainment telah menggemparkan dunia K-Pop, khususnya MIDZY (fandom) dengan jadwal promosi comeback, klip, dan foto.

Baca Juga:

Bold Tapi Imut, Yuk Intip Makeup ITZY di MV ‘Born To Be’

itzy plagiat aespa

Sumber foto: Google

Menurut sang agensi, akan ada delapan konten mendatang, termasuk MV ‘UNTOUCHABLE’ dan ‘BORN TO BE’, serta video lagu solo para anggota. Sementara itu, MV dari lagu pertama ‘BORN TO BE’ yang telah ditunggu-tunggu semua orang telah dirilis pada tanggal 18 Desmber kemarin.

Lagu ini memiliki genre dance elektronik, dan menggabungkan konsep grup ‘Hot & Wild.’ Ini juga mengungkap pesan yang menantang & progresif, memamerkan kepercayaan diri kelompok. Setelah dirilis, ‘BORN TO BE’ ITZY langsung mendapat sambutan hangat dari para penggemar musik, memuji penampilan mereka yang intens dan mendesis yang menonjolkan garis tarian mereka yang mengesankan.

Meski tanpa Lia, vokalis utama mereka, para anggota juga dipuji atas kemampuan menyanyi mereka. Di tengah pujian ini, ITZY gak menghindari beberapa kritik, terutama dari MY, penggemar aespa, yang menuduh mereka meniru konsep grup terakhir untuk rilisan terbaru mereka, ‘DRAMA.’

Baca Juga:

Lirik Lagu Born To Be - ITZY, Pra-rilis Comeback Full Album

MYs menunjukkan bahwa video klip ‘BORN TO BE’ adalah salinan persis dari lagu 'Drama' milik aespa, mulai dari desain dan warna set. Dalam video perbandingan, transisinya pun sama, dan penggemar mengklaim bahwa bahkan non-penggemar pun dapat salah mengira ITZY sebagai aespa karena, selain MV serupa, mereka hanya memiliki empat anggota tanpa Lia.

MYs juga menekankan kesamaan pakaian dan gaya rambut para anggota, belum lagi getaran dan pesan lagu-lagunya juga mengikuti tema ‘kepercayaan diri’ dan bergerak maju sesuai keinginan di dunia yang terlahir bebas.

Ketika ITZY terus diejek oleh pengguna internet karena gak memiliki ‘orisinalitas’ dan menjadi ‘peniru’, MIDZY datang untuk menyelamatkan ITZY dan membantah semua klaim.

Fandom sepakat bahwa meskipun ada detail yang mungkin tumpang tindih, kedua konsep tersebut gak sama sama sekali. Konsep ITZY saat ini terlihat seperti ide yang mereka tunjukkan di rilisan sebelumnya.

Baca Juga:

ITZY Luncurkan Karakter Menggemaskan ‘TWINZY’ Untuk Setiap Anggotanya

Wah gimana nih menurut Teman iStyle dengan perdebatan antara dua fandom ini? Coba komen di bawah ya!

Oh iya kalau MIDZY disini ada yang belum punya lightstick ITZY, kamu bisa beli di iStyle.id karna udah pasti original dan lagi banyak promo lho, buruan check out!

Comments

You must Register or Login to post a comment.