K-Pop Zone - 18 October 2023

Akankah Artis K-pop Menembus Tembok Grammy Award?

FX Prasetyo - 18 October 2023
Akankah Artis K-pop Menembus Tembok Grammy Award?

Pemungutan suara untuk nominasi Grammy Awards ke-66 dilaporkan telah dimulai, dan banyak artis K-pop yang angkat topi.

Grammy Awards adalah salah satu penghargaan musik paling bergengsi di Amerika Serikat, bersama American Music Awards dan Billboard Music Awards, menjadikannya satu diantara “tiga besar” penghargaan musik di negara tersebut.

BTS jadi bintang K-pop pertama yang masuk nominasi penghargaan Grammy selama tiga tahun berturut-turut, namun mereka belum pernah memenangkannya. Untuk tahun ini, apakah bintang K-pop bisa meraih Grammy Award 2024? Berikut ulasannya.

Baca juga: Seluruh Member BTS Menyerahkan Lagu Solonya untuk Masuk Nominasi Grammy Awards 2024

artis k-pop

Sumber: Google

Peluang Artis K-pop Menembus Grammy Award

BTS saat ini sedang dalam masa jeda karena wajib militer para anggotanya. Tahun ini, perhatian berfokus pada apakah benteng Grammy yang tangguh bisa ditembus oleh anggota BTS sebagai solois, serta para artis lainnya seperti TXT, Stray Kids, FIFTY FIFTY, TWICE, dan SEVENTEEN.

BTS mungkin sedang hiatus grup, tapi perilisan solo mereka terus berlanjut di level tertinggi penghargaan musik Amerika, Grammy Award. Album solo RM “INDIGO” telah diajukan untuk nominasi dalam kategori Album Vokal Pop, bersama dengan judul lagu “Wild Flower” dalam kategori Pop Duo/Group Performance and Music Video.

Sementara Jin menantang dalam kategori Pop Solo Performance and Music Video dengan lagu “The Astronaut.” Begitu juga dengan Suga yang telah mengirimkan album solonya “D-Day” untuk dipertimbangkan dalam kategori album Rap, dan judul lagu “Haegeum” untuk nominasi Rap Performance and Music Video.

Kemudian J-Hope telah mengikuti perlombaan dengan lagu solonya “On The Street” dalam kategori Pop Duo/Group Performance and Music Video. Album solo V “Layover” masuk dalam kategori Album Vokal Pop dan judul lagu “Slow Dancing” dalam kategori Pertunjukan Solo Pop and Music Video.

Jimin dan Jungkook, yang sebelumnya menduduki puncak tangga lagu Billboard Hot 100 sebagai solois, telah mengirimkan lagu mereka “Like Crazy” dan “Seven” untuk dipertimbangkan dalam kategori utama Grammy, “Record of the Year” dan “Song of the Year.”

Selain itu, Jimin juga telah mengirimkan entri di beberapa kategori lainnya, termasuk Album Vokal Pop, Solo Pop Performance, dan Music Video. Sementara Jungkook telah mengirimkan “Seven” dalam kategori Pop Duo/Group Performance and Music Video.

Meskipun BTS belum membawa pulang Grammy sebagai grup, fakta bahwa Jimin dan Jungkook menduduki peringkat No.1 di Billboard Hot 100 tahun ini dengan lagu solo menunjukkan harapan mereka untuk dinominasikan di final Grammy Awards.

Baca juga: Keren! '5-STAR' Stray Kids Puncaki Billboard 200 Selama 8 Minggu

artis k-pop

Sumber: Google

Bagaimana dengan Grup K-pop Lainnya?

Selain anggota BTS, beberapa artis K-pop yang mencapai kesuksesan luar biasa dalam setahun terakhir juga telah mengirimkan entri untuk Grammy.

FIFTY FIFTY, di tengah perselisihan hukum dengan agensi mereka, mengetuk pintu Grammy untuk pertama kalinya. Hit mereka “Cupid,” yang duduk lama di chart single Billboard di antara girl group K-pop lainnya, telah diajukan untuk dipertimbangkan dalam kategori “Record of the Year” dan “Song of the Year.”

Stray Kids, yang mencapai nomor 1 tiga kali berturut-turut di album Billboard 200, bersaing untuk penghargaan Artis Pendatang Baru Terbaik. Lalu TWICE telah memasukkan “Ready To Be” untuk dipertimbangkan dalam kategori Album of the Year, dan “Set Me Free” dalam kategori “Record of the Year” dan “Song of the Year.”

TXT juga telah mengirimkan lagu mereka “Back For More” dan “Sugar Rush Ride” untuk dipertimbangkan masing-masing dalam kategori Pop Duo/Group Performance dan Music Video.

Grammy Awards mengikuti proses di mana artis mengirimkan musik mereka ke kategori yang mereka inginkan, dan anggota Recording Academy akan memberikan suara untuk memilih nominasi dan pemenang akhir.

Putaran pertama pemungutan suara untuk nominasi berlangsung dari 11 November hingga 20 November. Anggota Recording Academy kemudian memberikan suara rahasia putaran pertama, diikuti dengan pemungutan suara akhir untuk menentukan pemenang.

Baca juga: Wow! Tiket World Tour TWICE di Mexico City Sold Out

Grammy Awards terkenal karena prestise dan pengaruhnya di bidang musik dan dianggap sebagai salah satu penghargaan paling menonjol di samping Academy Awards untuk film, Emmy Awards untuk televisi, dan Tony Awards untuk pertunjukan panggung.

Namun, “Grammy Wall” sangat terkenal di kalangan artis K-pop, dan kritik terhadap konservatisme Grammy terhadap grup tari dan artis non-kulit putih terus berlanjut.

Meskipun mencapai kesuksesan global dengan single berbahasa Inggris seperti “Dynamite” dan “Butter” di Billboard Hot 100 selama 10 minggu yang memecahkan rekor, BTS hanya dinominasikan untuk “Best Pop Duo/Group Performance” di Grammy Awards ke-64, meninggalkan kecewa para penggemar.



Sumber:

Daum

Comments

You must Register or Login to post a comment.