Lifestyle - 04 July 2023

5 Rekomendasi Menu Rice Bowl Korea untuk Diet

Stefani Ditamei - 04 July 2023
5 Rekomendasi Menu Rice Bowl Korea untuk Diet

Lagi diet dan bingung dengan menu makanan sehari-hari? Yuk, cobain rice bowl Korea yang gampang dan lezat untuk dinikmati saat diet! Rice bowl merujuk pada makanan yang dikemas dalam wadah berbentuk mangkok. Ukurannya bermacam-macam, namun rice bowl biasanya dipilih karena ukurannya yang simpel dan meliputi seluruh isi makanan. 

Salah satu yang harus dilakukan saat diet adalah mengatur porsi makanan dan sebisa mungkin menghindari porsi yang terlalu besar. Teman iStyle bisa coba rekomendasi menu rice bowl Korea seperti di bawah ini!

Sumber Foto: Google

1. Rice Bowl Bibimbap Campuran Sayur dan Daging

Bibimbap adalah makanan khas Korea yang terbuat dari nasi, daging, dan campuran sayur serta bumbu gochujang. Makan bibimbap dijamin savory dan gak ngebosenin, ada banyak kombinasi yang bisa dicampurkan, termasuk rasa pedas, manis, dan gurih. 

Baca juga: 7 Kedai Kopi di Seoul yang Wajib Kamu Kunjungi

Bibimbap bisa dibuat dengan campuran nasi, sayur (wortel, salda, jamur, daun bawang, tauge), dan daging. Jika ingin menu bibimbap vegan, Teman iStyle bisa mengganti daging dengan tahu putih.

Sumber Foto: Google

2. Hoedeopbap: Rice Bowl Korea dengan Sashimi

Hoedeopbap adalah rice bowl yang mirip dengan bibimbap pada umumnya, hanya saja dagingnya diganti dengan sashimi. Biasanya sashimi Korea diolah dengan cara marinate atau dinikmati secara mentah. Nasi bisa dikurangi porsinya dan diganti dengan perbanyak sayur-sayuran dan diolah dengan minyak wijen, saus gochujang, dan saus khusus membuat hoedeopbap.

Sumber Foto: Google

3. Kongnamul Bap

Pecinta sayur-sayuran wajib banget nyobain rice bowl Korea jenis kongnamul bap. Makanan yang satu ini didominasi dengan sayur tauge dan dibumbui dengan soy sauce atau potongan daun bawang. 

Baca juga: 5 Rekomendasi Street Food di Jeonju Hanok Village

Kongnamul Bap cocok disantap saat diet, porsinya hanya memanfaatkan campuran nasi, tauge, dan potongan daun bawang yang diolah dengan minyak soy sauce.

Sumber Foto: Google

4. Beoseot: Rice Bowl Korea untuk Pecinta Jamur

Nah, rice bowl yang satu ini gak kalah lezat disantap saat kondisi diet. Teman iStyle hanya perlu mempersiapkan empat jenis jamur yang berbeda, seperti: jamur enoki, jamur shiitake, jamur tiram, atau jamur lainnya. Dengan demikian, menu vegan tetap bervariasi dan jadi solusi buat kalian yang ingin mengurangi konsumsi daging.

Sumber Foto: Google

5. Kimchi Rice Bowl

Rice bowl Korea selanjutnya yang gak kalah mudah untuk dibuat adalah campuran nasi dan kimchi. Side dish-nya bisa menggunakan daging, garlic powder, cabai bubuk, dan sauerkraut, kol asam khas Jerman yang terbuat dari olahan kubis yang sudah difermentasi. Bahan-bahan tersebut dicampurkan dan disajikan dalam wadah rice bowl dengan ukuran yang sudah ditentukan.

Baca juga: 6 Resep Masakan Korea Vegetarian yang Mudah dan Sehat

Gimana, sangat mudah bukan membuat rice bowl Korea untuk diet? Menu di atas juga dapat Teman iStyle manfaatkan untuk bekal ke kantor atau saat piknik dengan keluarga dan teman-teman. Penasaran pengen nyobain makanan khas Korea tapi bingung cara dapetin bumbunya? Teman iStyle bisa kunjungi Makanan Korea di iStyle.id dan dapatkan berbagai masakan, makanan instan, dan bumbu 100% asli Korea!

Comments

You must Register or Login to post a comment.